Tips Menghilangkan Jerawat

jerawat
jerawat

Jerawat adalah salah satu penyakit kulit yang kerap kali timbul pada manusia dengan jumlah penderita yang cukup banyak. Penyebabnya pori – pori kulit yang tersumbat sehingga terjadi nanah atau pembengkakan pada kulit. Faktor utama yang memicu terjadinya pertumbuhan jerawat adalah hormonal.

Beberapa Penyebab Timbulnya Jerawat :

  1. Produksi minyak berlebih. Ternyata jerawat tidak hanya faktor dimana kulit kotor, tetapi jerawat timbul karena produksi minyak berlebih dalam tubuh. Penyebab minyak berlebih ini adalah faktor makanan yang memiliki lemak berlebih salah satu faktor wajah berminyak. Dan juga pergantian hormon, saat menginjak remaja biasanya terjadi perbedaan hormon yang signifikan.
  2. Sel-sel kulit mati. Ketika produksi minyak berlebih ini bercampur dengan sel -sel kulit mati, akan terjadi penumpukan kotoran, sehingga pori – pori kulit sulit bernafas hingga terjadilah peradangan dan timbulnya nanah. Hal ini, tidak hanya dapat terjadi pada wajah, tetapi pada punggung, kaki, perut, bisa terjadi jerawat bila tidak sering d bersihkan.

    jerawat

    jerawat

  3. Bakteri. Bakteri jerawat atau bisa di sebut acne, yang biasa berkembang biak dalam kelenjar yang tersumbat.  Salah satu contoh jerawat yang terjadi adalah karena bakteri, terutama saat memecahkan jerawat, bakteri itu akan menempel pada kulit sekitar jerawat.
  4. Kosmetik. Kosmetik adalah alasan kuat sering terjadinya jerawat pada wanita, selain hormon yang berlebihan komposisi bedak juga akan menghambat pori – pori. Perpaduan bedak dan poundation menyebabkan bubuk – bubuk bedak menempel menyumbat ke dalam pori – pori.
  5. Telepon genggam. Pada telepon genggam tumbuh berbagai bakteri, di sebabkan jarang di bersihkan. Saat menelepon, usahakan untuk tidak menempelkan pipi pada permukaan telepon. Untuk pencegahan, HP atau telepon rumah bisa di bersihkan dengan menggunakan alkohol setiap 1×3 bulan.
  6. Stress. Stress tidak menyebabkan timbulnya jerawat secara langsung, tetapi stress akan menimbulkan hormon – hormon tertentu yang akan menyebabkan penderita stress itu lebih memperbanyak mengkonsumsi makanan manis atau berlemak.
komedo

komedo

Beberapa Jenis Jerawat :

  1. Komedo
  2. Jerawat Batu
  3. Jerawat Biasa

 

 

 

 

jerawat biasa

jerawat biasa

Cara Mengatasi Timbulnya Jerawat :

  1. Tidak menggunakan kosmetik pada saat tidur
  2. Sering mencuci wajah pada sore dan malam hari
  3. Di usahakan agar kulit wajah tidak kotor walau berada di dalam rumah
  4. Beli pembersih kulit yang sesuai dengan kulitnya

 

 

Beberapa Tips Mencegah Timbulnya Jerawat Tanpa Menggunakan Bahan Kimia :

  1. Perbanyak minum air putih
  2. Menjauhi stress dengan mereleksasikan fikiran, kurangi beban otak dengan mengurangi hal – hal yang tidak penting
  3. Makan buah – buahan dan sayuran setiap hari
  4. Mencuci muka dengan air mineral, bila air ledeng kotor atau memiliki kadar zat besi yang tinggi itu bisa memicu timbulnya jerawat
  5. Rajin mencuci barang – barang yang biasa melakukan kontak langsung pada kulit kepala, contohnya : helm, bantal, sprei kasur, handuk
  6. Tidak di anjurkan untuk memencet – mencet jerawat
  7. Cuci muka 2x sehari dengan scrub
  8. Rajin berolahraga, setelah olahraga usahakan istirahat 30-40 menit dan mandi agar tidak ada kotoran yang menempel
  9. Facial rutin akan mempercepat timbulnya jerawat, karena mengandung bahan kimia, lakukan facial 1×2 minggu yang aman bagi kulit wajah

Cara Alami Menyembuhkan Jerawat dan Bekas Luka :

  • Dengan bawang putih. Tumbuk hingga halus dan oleskan kepada kulit, diamkan 10 menit.
  • Dengan putih telur. Pisahkan putih telur dengan kuning telur, gunakan putih telurnya lalu oleskan kepada wajah yang berjerawat, diamkan 15 menit. Dan bilas.
  • Dengan pasta gigi. Hanya oleskan pasta gigi di kulit bekas jerawat dan diamkan hingga pagi, sebelumnya cuci terlebih dahulu wajah agar tidak ada kotoran yang menempel.
  • Dengan tomat. Iris 1 buah tomat, lalu tempelkan pada bekas jerawat. Diamkan 15-20 menit, untuk hasil yang maksimal lakukan selama 2×1 minggu.
masker tomat

masker tomat

 

 

 

Comments

comments

4 Comments on "Tips Menghilangkan Jerawat"

  1. terimakasih telah sharing tipsnya….
    bisa langsung di coba nih.. )

  2. Amrullah Hasan | March 3, 2016 at 22:12 | Reply

    Keren artikelnya, sangat bermanfaat. ijin share ya mas bro….

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Share Ilmu Ke Teman-teman Yuk
Di Like Yaaa...
Social PopUP by SumoMe