Rasakan Manfaat Kunyit Mulai Dari Kepala Hingga Ujung Kaki

masker kunyitmasker kunyit
Share Ilmu Ke Teman-teman Yuk...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on PinterestShare on StumbleUponShare on TumblrDigg thisShare on LinkedIn

Tahukan anda kunyit yang berwarna kuning ini ternyata memiliki banyak manfaat untuk kecantikan? Kunyit mulai digunakan wanita bangsawan sejak zaman dulu untuk menjaga kesehatan dan kecantikan tubuhnya.

Curcuma domestica atau kunyit memiliki kandungan berupa protein, kalium, fosfor, zat besi, vitamin C, minyak atsiri, dan zat berwarna kuning yang disebut kurkuminoid. Kandungan tersebut membuat rempah-rempah ini digunakan sebagai obat-obatan di wilayah Asia, seperti Cina dan India. Kunyit sendiri sudah terbukti berkhasiat untuk meredakan sakit perut, mengurangi nyeri sendi, mencegah serangan jantung, mencegah diabetes, dan melindungi fungsi otak. Selain berkhasiat sebagai obat, kunyit juga bermanfaat bagian lain.

Lalu apa saja manfaatnya untuk kecantikan ?

1. Manfaat Untuk Rambut

mengatasi rambut berketombe

mengatasi rambut berketombe

Seiring dengan usia masalah rambut datang secara terus menerus. Mulai dari masalah ketombe, entah dikarenakan jarang mencuci rambut atau terlalu sering berada dibawah terik matahari. Beberapa penelitian mengatakan bahwa kunyit dapat membantu mengatasi masalah rambut berketombe dan rontok. Karena kunyit memiliki nutrisi yang membantu meningkatkan pertumbuhan rambut hingga ke akarnya dan juga bisa memperbaiki keadaaan folikel rambut.  Cara membuat masker untuk rambut berketombe, siapkan kunyit dan minyak zaitun, lalu campurkan. Aplikasikan pada kulit kepala sambil pijat perlahan dan diamkan selama 30 menit kemudian bilas hingga bersih. Adapun masalah rambut rontok, dapat anda campurkan kunyit dengan akar manis dan susu, aplikasikan pada kulit kepala lalu diamkan 30 menit lalu bilas.

2. Mengatasi Mata Panda

mengatasi mata panda

mengatasi mata panda

Lingkaran mata yang biasa disebut dengan mata panda timbul karena penyebab kurang tidur atau faktor genetik. Tentu hal ini dapat merusak penampilan anda, dan sudah waktunya anda mengatasinya dengan bahan alami ini. Caranya, siapkan kunyit yang sudah direndam semalaman, besoknya campurkan kunyit dengan minyak kelapa. Oleskan pada kantung mata dengan pijatan lembut.

3. Mengatasi Gigi kuning

mengatasi gigi kuning

mengatasi gigi kuning

Tidak hanya rambut yang bermasalah, semakin dewasa seseorang akan kehilangan warna alami giginya karena kandungan dari makanan dan minuman yang dikonsumsi. Jika gigi anda masih putih cukup menjaga minuman dari kafein dan soda. Namun bila sudah terlanjur kuning, anda dapat menggunakan kunyit untuk menghilangkan noda kuning pada gigi. Caranya siapkan kunyit dan minyak kelapa kemudian campurkan. Aplikasikan sebagai pasta gigi. Lakukan setiap hari dan tunggu hasilnya.

4. Perawatan Kulit Wajah

Kandungan kunyit pun bisa dimanfaatkan untuk beberapa masalah kulit wajah anda. Luar biasa kan? Mari ketahui satu persatu :

  • Mengatasi Kulit Terbakar
untuk perawatan wajah

untuk perawatan wajah

Kandungan kunyit yang kaya akan vitamin C dapat membantu kulit lebih cerah berseri serta mendinginkan kulit akibat dari paparan sinar matahari. Anda dapat mencoba membuat masker untuk kulit yang terbakar sinar matahari. Caranya siapkan kunyit dan sari mentimun atau air jeruk nipis kemudian campurkan semua bahan. Lalu aplikasikan pada kulit wajah yang terbakar sinar matahari, kemudian pijat lembut dan biarkan selama 30 menit lalu bilas.

  • Mengatasi Kulit Berjerawat

Kunyit yang bersifat antibakteri dan antiseptik ternyata dapat anda gunakan untuk melawan jerawat karena dapat membantu mengontrol minyak berlebih. Selain itu, kunyit yang bersifat anti-inflamasi dapat membantu mengurangi kemerahan dan bengkak akibat jerawat. Caranya siapkan kunyit, bubuk cendana, dan perasan lemon  lalu campurkan semua bahan. Oleskan pada wajah, dan diamkan selama 10 menit kemudian cuci wajah.

Siapkan kunyit, dan air lalu campurkan. Oleskan pada wajah, dan diamkan selama 15 menit kemudian cuci wajah.

  • Pigmentasi Kulit

Ternyata selain dapat mencerahkan kulit wajah, ternyata kunyit juga dapat merangsang peremajaan kulit. Anda dapat menggunakan masker untuk mengurangi  pigmentasi kulit, yaitu siapkan 1 sdt kunyit bubuk dan perasana air lemon. Lalu campur semua bahan, dan oleskan pada wajah.

  • Mencegah Penuaan Dini

Siapkan bubuk kunyit dan susu atau yoghurt lalu campurkan. Aplikasikan pada wajah lalu lakukan gerakan memutar kemudian diamkan masker hingga kering, dan cuci wajah.

  • Mengurangi Keriput Dan Garis Halus

Siapkan bubuk kunyit, susu, tepung beras, dan jus tomat lalu campurkan semua bahan. Aplikasikan pada wajah, dan diamkan dulu selama 30 menit sebelum mencuci wajah.

5. Perawatan Tubuh

perawatan tubuh

perawatan tubuh

Wow, selain membuat rambut indah dan kulit wajah berseri. Ternyata kunyit juga dapat dimanfaatkan untuk anda yang ingin mendapatkan perawatan tubuh tanpa mengeluarkan biaya mahal. Apa saja itu?

  • Menurunkan Berat Badan

Kunyit dapat mengatasi masalah pencernaan, sehingga berat badan bisa turun lebih efektif. Hal ini karena zat curcumin yang terkandung dalam kunyit bisa menjaga jaringan lemak agar berjumlah minimum. Untuk menurunkan berat badan, anda tidak perlu memakan kunyit mentah-mentah, tetapi masukan kunyit pada menu masakan atau campurkan pada minuman.

  • Mengobati Bekas Luka

Kunyit yang bersifat antiseptik bisa menyembuhkan luka dan tidak meninggalkan noda kuning pada kulit. Anda bisa menghilangkan bekas luka dengan membuat pasta  dari 30 gr kunyit yang sudah direbus. Kemudian aplikasikan pada bekas luka yang ingin dihilangkan.

  • Mengatasi Warna Kulit Tidak Rata

Nah, ini nih yang sering dialami oleh orang yang berkerudung. Tidak usah kuatir, walau hal ini akan menganggu penampilan anda. Hal ini dapat diatasi dengan bumbu masakan ini, caranya siapkan kunyit, susu dan bubuk cendana lalu campurkan semua bahan. Lalu oleskan pada bagian tubuh yang warnanya tidak rata.

6. Kulit Kaki

tumit kaki

tumit kaki

Meski bagian kaki adalah area yang jarang diperhatikan orang lain, tetapi memiliki tumit yang lembut dan halus adalah idaman setiap orang. Bagi anda yang mengalami masalah tumit  pecah-pecah, anda bisa menyiapkan kunyit dan minyak kelapa lalu campurkan semua bahan. Oleskan pada tumit kaki yang pecah-pecah dan kenakan kaus kaki agar kandungan pastanya bisa terserap maksimal ke kulit.

Share Ilmu Ke Teman-teman Yuk...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on PinterestShare on StumbleUponShare on TumblrDigg thisShare on LinkedIn

Comments

comments

Be the first to comment on "Rasakan Manfaat Kunyit Mulai Dari Kepala Hingga Ujung Kaki"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Share Ilmu Ke Teman-teman Yuk
Di Like Yaaa...
Social PopUP by SumoMe