Perawatan Rambut Rontok Secara Alami

rambut rontok
rambut rontok

Kerontokan rambut terjadi adanya ketidaksehatan pada kulit kepala, kerapuhan pada akar rambut dan berbagai faktor lainnya. Dampak terburuk dari kerontokan rambut adalah kebotakan, bila rambut rontok 100 helai perhari kemungkinan dalam beberapa bulan rambut akan mengalami kebotakan, tidak hanya terjadi pada wanita, kepada pria juga akan mengalami kebotakan jika tidak dapat merawat kulit kepala.

Di sini akan di ulas beberapa tips merawat rambut rontok, walau perawatan rambut tidak akan mengalami hasil sebentar, tetapi dengan rajin dan rutin melakukan perawatan rambut akan berangsur membaik.

Beberapa tips merawat rambut rontok secara alami, di antaranya :

daun lidah buaya

daun lidah buaya

1. Menggunakan Lidah Buaya

Lidah buaya atau sering di kenal dengan sebutan Aloevera mengandung banyak mineral dan vitamin untuk kesehatan rambut, kandungan ini berguna untuk menebalkan dan menyuburkan rambut.

Cara pemakaiannya cukup mudah, sediakan beberapa helai daun lidah buaya, belah daun tersebut hingga menjadi 2, dan usapkan lendir dalam daun lidah buaya pada rambut dari kulit kepala hingga ujung rambut, diamkan 20-30 menit agar menyerap dan bilas hingga bersih lalu keramas seperti biasa. Lakukan hal ini secara rutin 1×1 minggu untuk merasakan hasil yang optimal

 

daun seledri

daun seledri

2. Menggunakan Daun Seledri

Selain untuk bahan makanan, ternyata daun ini mengandung kalsium, natrium, zat besi, dan vitamin A dan B. Kandungan yang mampu membantu menyehatkan, memberi kilauan pada rambut.

Cara menggunakan daun seledri adalah ambil beberapa daun seledri, lalu siapkan kuning telur lalu masukan bahan-bahan ke dalam blender, lalu blender hingga halus. Setelahnya oleskan pada kulit kepala hingga ujung rambut lalu pijat pelan-pelan selama 5 menit dan diamkan 15-20menit. Lalu bilas hingga bersih.

 

teh hijau

teh hijau

3. Menggunakan Teh hijau

Teh hijau mengandung antioksidan yang bermanfaat meningkatkan pertumbuhan rambut. Caranya, buat teh hijau dan diamkan semalam hingga basi, esoknya basahi rambut dengan air teh hijau dan diamkan 20-30 menit, lalu keramas hingga bersih. Teh hijau juga mengurangi kerontokan rambut jadi sangat baik untuk perawatan rambut rontok.

 

 

masker rambut alpukat

masker rambut alpukat

4. Menggunakan Alpukat

Kandungan pada buah Alpuket adalah nutrisi dan asam lemak, sangat baik untuk perawatan rambut rontok.

Cara membuatnya, hancurkan alpukat aduk/blender sehingga menjadi pasta yang kental, lalu oleskan pada rambut dan diamkan hingga 20 menit lalu bilas dan keramas seperti biasa.

5. Menggunakan Minyak Kemiri

Selain untuk bumbu dapur, kemiri berguna untuk memperkuat dan memperbaiki rambut.

Cara membuat kemiri, tumbuk kasar lalu di sangrai, angkat dan tumbuk halus sampai mengeluarkan minyak, gunakan minyak tersebut pada akar rambut, hal ini berguna memperkuat akar rambut sehingga menjadi kuat dan tidak mudah patah/rapuh.

bawang merah

bawang merah

6. Menggunakan Bawang Merah

Bawang merah berguna untuk mencegah kerontokan pada rambut, dengan mengkonsumsi bawang merah di tengah makanan yang telah di saji, bisa juga bawang merah di masker pada rambut.

Caranya tumbuk bawang merah hingga halus, dan oleskan kepada kulit kepala, diamkan beberapa menit atau bisa di tinggal tidur, bilas esok harinya dan keramas seperti biasa.

7. Pijat Kulit Kepala Secara Rutin

Hal ini melancarkan sirkulasi darah di kepala sehingga bisa meminimalisir kerontokan rambut, lakukan pijatan lembut pada kulit kepala rutin setiap hari minimal 1×2 hari selama 5-20 menit. Bisa juga rutin ke saloon untuk creambath agar memperbanyak pijatan pada kepala 1×4-6 mnggu.

Semoga beberapa tips ini bisa menanggulangi kerontokan rambut secara cepat. Artikel tentang merawat rambut sehat juga dapat di baca pada 9 Cara Merawat Rambut Tetap Sehat

 

Comments

comments

Be the first to comment on "Perawatan Rambut Rontok Secara Alami"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Share Ilmu Ke Teman-teman Yuk
Di Like Yaaa...
Social PopUP by SumoMe