Perawatan Alami Untuk Segala Jenis Kulit Wajah

kulit cantik
kulit cantik

Wanita memang ingin selalu tampil cantik alami, namun tidak seharusnya anda mencoba sembarang produk yang dijualan dipasaran. Seiring dengan waktu, kulit mengalami penuaan, kolagen dalam tubuh anda pun berkurang setiap tahunnya. Tidak heran jika kerutan pada wajah adalah suatu hal yang menakutkan dikalangan wanita. Setiap hari anda temui berbagai jenis kulit wajah, ada kulit yang sensitif, normal, berminyak dan kering. Adapun masalah kulit kusam, tidak bercahaya, bahkan terdapat banyak jerawat.

 

kecantikan

kecantikan

Kita akan rangkum beberapa tips perawatan alami segala jenis kulit untuk anda. Perawatan kulit dari sejak dini tentu sangat diperlukan untuk setiap wanita, tanpa peduli status kerjaan sehari-harinya. Menjauhi hal-hal yang merugikan dimasa yang akan datang lebih baik, dibandingkan menyembuhkan. Sebelum lebih lanjut dengan beberapa tips perawatan, anda harus mengetahui terlebih dahulu jenis kulit wajah anda.

 

 

Adapun Ciri-ciri Dari Berbagai Jenis Kulit :

1. Kulit Kering

Kulit-Kering

Kulit-Kering

Kulit kering cenderung sering berjerawat, jika disentuh dengan jari jemari terasa seperti bersisik, keset. Pencegahannya usahakan terjauhi kontak langsung dengan sinar UV, menggunakan pelembab khusus untuk kulit kering. Jenis kulit ini, sangat rentan dengan keriput. Ada baiknya anda yang memiliki jenis kulit ini, memperbanyak mengkonsumsi buah-buahan yang mengandung vitamin C dan minum air putih secukupnya.

2. Kulit Normal

kulit normal

kulit normal

Kulit jenis ini adalah kulit yang aman, produksi minyak tidak terlalu berlebih dan cukup melindungi lapisan kulit. Jenis kulit ini tidak terlalu sensitif, dan biasanya bersahabat dengan berbagai jenis kosmetik merk apapun. Pencegahannya, walau terbilang aman, anda tidak harus berleha-leha dalam perawatannya karena berbagai alasan termasuk kondisi cuacapun sangat mempengaruhi kulit anda.

 

3. Kulit Berminyak

kulit berminyak

kulit berminyak

Kulit berminyak disebabkan karena produktifitas minyak pada wajah yang berlebih. Minyak pada wajah berfungsi untuk mencegah polusi udara dan debu masuk pada pori-pori kulit. Namun bila produksi minyak berlebih, yang terjadi adalah debu menempel pada wajah, lalu mengendap dan menyebabkan timbulnya jerawat. Kulit berminyak menyebabkan seseorang mengalami kurang percaya diri karena kulitnya yang terlihat mengkilap. Pencegahannya dengan mencuci muka 2x dalam sehari, atur pola makan, hindari makanan-makanan yang berminyak.

 

 

Tips Merawat Kulit Wajah Secara Alami :

1. Beras

masker air beras

masker air beras

Beras putih bermanfaat mencerahkan kulit wajah, masker ini dapat anda kombinasikan dengan madu asli, minyak zaitun atau olive oil. Caranya sedikit ribet, namun khasiatnya dapat anda rasakan bila dilakukan secara rutin. Anda dapat rendam beras putih semalaman, keesokan harinya, anda tumbuk hingga halus lalu jemur hingga kering. Setelah mengering, ambil 2 sdm tepung beras, lalu campurkan dengan 2sdm madu asli. Masker beraspun siap digunakan, maskerkan selama 25 menit. Tipsnya, pilih beras yang bagus tanpa bahan pengawet, madunya pun yang asli agar hasilnya dapat langsung dirasakan. Setelah 25 menit, bilas dengan air dingin, anda dapat lakukan rutinitas ini minimal 1x1minggu.

2. Kentang

masker kentang

masker kentang

Kandungan pada kentang sangat baik untuk kulit wajah, karena kentang mengandung vitamin C sebagai kolagen pada kulit wajah. Manfaatnya untuk mengencangkan kulit, menyamarkan noda bekas jerawat, membunuh racun / bakteri di kulit, mencerahkan karena kentang memperbaiki sel kulit yang rusak akibat paparan sinar matahari. Masker kentang dapat anda kombinasikan dengan madu, wortel, minyak zaitun, putih telur dan susu. Caranya anda dapat blender kentang hingga halus atau dengan cara parut lalu campurkan dengan bahan lain. Jika tidak tersedia bahan lainpun, tidak masalah. Anda dapat langsung menggunakan masker kentang pada wajah anda dan diamkan selama 30 menit. Untuk anda yang memiliki kantung mata, anda dapat potong kentang dengan potongan pas untuk kantung mata anda lalu tempelkan dibagian kantung mata selama 15 menit, lakukan rutinitas ini 2x1minggu.

3. Pepaya

masker pepaya

masker pepaya

Buah pepaya mengandung banyak nutrisi antara lain vitamin A, B, C, kalsium, lemak, kalori, protein dan lain-lain. Manfaat buah pepaya macam-macam. jika dikonsumsi dapat melancarkan pencernaan, mencegah penuaan sejak dini, mencegah flu, menambah antibody agar terlindung dari berbagai penyakit. Jika pepaya dijadikan masker, manfaat untuk meremajakan kulit wajah, karena kandungan dalam buah pepaya dapat mengangkat sel kulit mati dan mencegah kerutan di area T. Cara membuat masker pepaya cukup mudah, aduk/blender hingga halus dan anda dapat mengkombinasikan dengan madu atau tanpa madu. Lalu oleskan merata pada wajah hingga 20 menit.

4. Jeruk Nipis

masker jeruk nipis

masker jeruk nipis

Kandungan pada jeruk sangat bermanfaat untuk mengangkat sel kulit mati pada kulit, mencerahkan kulit, air perasan jeruk nipis juga dapat digunakan sebagai toner karena dapat membersihkan kotoran pada wajah. Cara membuat masker jeruk nipis hanya cukup di peras hingga 1sdt lalu oleskan pada wajah, hindari daerah mata lalu diamkan kurang lebih 10 menit.

5. Melon

masker melon

masker melon

Melon memiliki kandungan zat astrigent yang berguna untuk mendinginkan kulit. Dapat digunakan sebagai masker wajah untuk kulit yang sering terkena sinar UV. Dapat mencerahkan kulit wajah yang kusam. Sangat cocok untuk anda yang sering bepergian dibawah terik matahari. Cara membuatnya sangat gampang, hanya dengan iris tipis buah melon atau dengan blender hingga halus lalu maskerkan pada wajah. Lakukan selama 20 menit dan bersihkan dengan air dingin.

 

 

 

6. Tomat

masker tomat

masker tomat

Tomat mengandung kaya akan vitamin C, selain dapat dikonsumsi, tomat juga dapat digunakan sebagai masker wajah untuk mendapatkan kulit yang segar dan bercahaya. Perawatan alami ini tidak mengandung efek samping apapun, sangat cocok untuk segala jenis kulit, anda dapat kombinasikan dengan 2-3 tetes air lemon dan aduk merata. Lalu oleskan pada wajah kira-kira selama 15 menit. Lakukan 1×1 minggu.

Comments

comments

Be the first to comment on "Perawatan Alami Untuk Segala Jenis Kulit Wajah"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Share Ilmu Ke Teman-teman Yuk
Di Like Yaaa...
Social PopUP by SumoMe