Penyebab Mimisan Dan Cara Mengatasinya

cara mengatasi mimisan
cara mengatasi mimisan

Mimisan atau dalam dunia medis disebut dengan epistaksisi adalah kondisi dimana hidung mengeluarkan darah, penyebabnya tidak begitu serius namun dampak keluarnya darah membuat orang yang melihatnya berfikir kritis. Mimisan biasanya terjadi pada salah satu hidung dikarenakan pecahnya membran tipis pada bagian lubang hidung, dan biasanya akan berhenti setelah darah menggumpal. Namun ada pula yang mimisan tanpa henti hal ini lebih baik langsung diperiksa ke dokter terdekat.

Mimisan sangat kental dengan penyebab perubahan cuaca, gangguan perdarahan, dan asupan pengencer darah. Mimisan sering terjadi pada anak-anak, untuk orang dewasa juga dapat terkena mimisan di rentan usia 50-60 tahun. Faktor eksternal tidak memandang usia berapapun akan mengalami mimisan.

 

 

Penyebab Mimisan Antara Lain :

penyebab mimisan

penyebab mimisan

1. Trauma

Trauma yang diderita oleh orang yang pernah mimisan adalah mengorek hidung, terjadinya benturan pada hidung, mengeluarkan kotoran hidung terlalu keras, atau bahkan trauma hebat contohnya jatuh, atau pernah mengalami kecelakaan yang membentur hidungnya, terkena pukulan pada hidung dan lain-lain. Selain itu faktor lain pernah mengalami pembedaan pada hidung. Sering kali dikarenakan adanya spina septum yang sangat tajam sehingga menyebabkan pendarahan.

2. Alergi

Pada kondisi tertentu kasus mimisan terjadi karena reaksi alergi terhadap sesuatu contohnya alergi terhadap makanan ataupun benda. Pada saat inilah pembuluh darah kapiler akan terbuka dan menyemprotkan darah kedalam tubuh hingga akhirnya keluar melalui hidung.

3. Perubahan Cuaca

Seseorang yang tidak kuat dengan perubahan cuaca yang sangat ekstrim akan membuat bagian hidung dalam menjadi kering hingga mengalami iritasi, akibatnya sehingga pembuluh darah kecil pada hidung akan mengeluarkan lendir dengan keras sehingga hidungpun berdarah.

4. Obat-obatan

Seseorang yang mengkonsumsi obat pengencer darah adalah salah satu pemicu mimisan. Obat-obatan pengencer darah pada dasarnya dibuat untuk mencegah darah beku namun obat-obatan ini akan memecahkan bekuan darah yang berbahaya dan akan membatasi darah sampai ke jantung. Sehingga kemampuan obat ini dapat memicu mimisan pada hidung.

5. Infeksi

mimisan

mimisan

Infeksi sinus ataupun masalah gangguan pernafasan seperti flu dan pilek biasanya membuat hidung tersumbat dan berinfeksi sehingga akan mengiritasi pada selaput hidung dan menyebabkan hidung mimisan. Untuk mengurangi kemungkinan mimisan, tidak mengeluarkan kotoran hidung dengan keras atau mengkorek-korek lubang hidung hingga dalam hal ini akan menyebabkan luka pada hidung dalam.

6. Tumor

Mimisan dapat terjadi bagi penderita tumor di rongga hidung yang disebut angiofibroma. Tumor yang sebesar biji nangka ini berwarna merah keputihan di hidungnya. Mimisan juga timbul karena benturan hebat pada hidung, sehingga hidung terluka dan berdarah.

Tips Pengobatannya :

cara mengatasi mimisan

cara mengatasi mimisan

1. Duduk atau berdiri dan biarkan hidung dalam posisi lebih tinggi dibanding dengan jantung, tidak boleh terlentang ketika mimisan karena hal ini akan membuat aliran darah lebih banyak dan tertelan.

2. Bungkukan badan ke depan, lalu mulai bernafas dari mulut

3. Sambil tekan cuping hidung selama 5 menit

4. Berikan kompres dingin disekitar hidung agar memperlambar alirah darah ke hidung

5. Jika 5 menit lewat mimisan belum berhenti juga, tetap jepit hidung hingga 10 menit

6. Dan jika masih belum berhenti, anda dapat pergi ke rumah sakit terdekat.

7. Cara paling simpel adalah dengan cara menutup lubang hidung dengan tissue hingga mimisan berhenti

 

Comments

comments

Be the first to comment on "Penyebab Mimisan Dan Cara Mengatasinya"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Share Ilmu Ke Teman-teman Yuk
Di Like Yaaa...
Social PopUP by SumoMe