Penyebab Kulit Menjadi Kering dan Cara Mengatasinya

kulit keringkulit kering
Share Ilmu Ke Teman-teman Yuk...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on PinterestShare on StumbleUponShare on TumblrDigg thisShare on LinkedIn

Kulit kering pada wajah bukan terjadi begitu saja tanpa sebab. Diluar dari faktor keturunan dan usia ternyata terjadinya kulit kering dikarenakan faktor beberapa hal, salah satunya karena cuaca, pola hidup tidak sehat dan nutrisi yang kurang terjaga. Kulit keringpun terjadi pada bagian-bagian tertentu dan sangat rawan akan tumbuhnya jerawat. Kulit kering terlihat pecah-pecah, fleksibelitasnya berkurang sehingga pori-pori nampak besar. Mencangkup dengan kulit kering, kita sering tidak menyadari jika kondisi kulit wajah kering sehingga memakai make up pun semena-mena. Pola hidup yang kurang diatur juga berdampak pada kulit.

Simak Beberapa Penyebab Kulit Kering Berikut Ini :

1. Penggunaan Make yang Tebal

make up tebal

make up tebal

Dengan zaman modern ini terlahir make up khusus untuk kulit kering dengan harga yang beraneka ragam. Namun secara keseluruhan make up adalah bahan untuk melapisi kulit agar terhindar dari sinar UV, adapun make up yang berguna untuk memutihkan kulit. Jika anda memakai make up berlebih, apa penyebabnya? Lapisan kulit mati akan terjebak dibawah lapisan make up yang anda pakai, seiring dengan waktu cepat lambat dampaknya muka akan terlihat kusam dan timbul noda hitam yang biasa disebut flek hitam terlebih jika anda termasuk jarang cuci muka sebelum tidur. Langkah baiknya adalah kurangi penggunaan krim untuk wajah dan ganti dengan pelembab berbahan gel agar pelembab menyerap sempurna pada kulit.

2. Sunscreen/sunblock

sunscreen

sunscreen

Dari manfaat suncreen adalah untuk melindungi kulit wajah dari cahaya matahari. Namun pada umumnya sunscreen dibuat hanya untuk kulit berminyak dan normal. Tetapi zaman sekarang sudah memproduksi sunblock khusus untuk kulit kering dimana biasanya berbahan dasar gel. Mengetahui alasannya mengapa harus menggunakan sunscreen, karena sinar UV secara perlahan akan mengikis kelembaban dan elastisitas pada kulit wajah, selain itu dapat membuat kulit wajah kasar. Secara perlahan tanpa penggunaan sunblock kulit wajah akan menimbulkan flek hitam dan kulit akan terlihat sangat tua.

3. Terlalu Sering Cuci Muka

sering mencuci muka

sering mencuci muka

Kandungan sabun membuat kulit kehilangan kelemababannya namun bukan berarti tidak mencuci muka. Normalnya wajah harus dicuci sebanyak 2x dalam sehari yaitu pada pagi hari dan malam hari. Kulit wajah mengandung minyak yang berguna menjaga kelembaban kulit dan menjaga elastisitas kulit, karena pencucian yang sering perlahan akan mengupas minyak-minyak yang melindungi kulit wajah, jika ingin tampak fresh atau segar, anda cukup mencuci muka dengan air saja. Namun untuk kulit kering, hindari membasuh muka dengan air hangat karena akan membuat kulit lebih kering.

 

4. Penggunaan Peeling atau Srubbing

peeling scrubbing

peeling scrubbing

Penggunaan peeling atau srubbing sangat membantu mengangkat sel kulit yang sudah mati pada lapisan epidermins, terhubung dengan pengelupasan kulit wajah sangat beraneka ragam jarak waktunya untuk kulit berminyak pengelupasan terjadi antara 3 – 5 hari, untuk kulit normal 5 hari, dan untuk kulit kering 7 – 14 hari. Peeling atau srubbing membantu penyerapan pelembab pada kulit selain itu membantu menipiskan noda hitam bekas jerawat atau luka. Untuk kulit kering dapat menggunakan peeling 1x dalam sebulan agar pelembab atau sunblock dapat meresap pada kulit untuk membantu menjaga kelembaban kulit.

 

 

5. Faktor Umur

faktor umur

faktor umur

Seiring dengan umur elastisitas pada kulit berkurang, dampak sering dehidrasi, pola hidup tidak sehat, kurangnya pasokan air minum, kurangnya nutrisi, gizi dan vitamin dapat membuat kulit ikut kekurangan nutrisi akibatnya makin tua kulit wajah akan terlihat kering, kusam, banyak flek hitam dan lain sebagainya.

 

 

Berikut Masker Alami Khusus Untuk Kulit Kering :

1. Minyak Zaitun

Minyak zaitun bermanfaat membantu melembabkan kulit wajah tanpa harus menyumbat pori-pori wajah. Cara membuatnya sediakan minyak zaitun secukupnya, lalu campurkan 1 kuning telur dan beberapa tetesan air jeruk lemon. Lalu campurkan, bersihkan kulit wajah lalu oleskan masker minyak zaitun tersebut hingga mengering lalu bersihkan dengan air dingin.

2. Minyak Mawar

Minyak mawar sangat cocok untuk kulit kering. Saat ramuan minyak mawar menempel sebagai masker, menyerap pada kulit dan terbawa dengan aliran darah pada saat itu juga minyak mayar yang terkenal sebagai emolien akan terasa khasiatnya. Minyak cendana akan membantu kelembaban pori-pori wajah yang dikenal sebagai wonderful balancing oil. Caranya campurkan 20 tetes minyak cendana dan 2 tetes minyak mawar pada bahan emolien natural ke dalam lotion yang telah disterilkan, lalu gunakan lotion ini 2x dalam sehari.

3. Buah Pir

Buah pir sangat bagus untuk menyegarkan wajah, caranya pun sangat gampang hanya sediakan 1/4 buah pir lalu campur dengan 1 butir putih telur dan aduk hingga halus. Oleskan masker buah pir tersebut pada wajah kurang lebih 15-30 menit lalu bilas menggunakan air dingin.

4. Buah Alpukat

Buah ini sudah tidak asing dikalangan kecantikan wanita, karena berjuta manfaatnya dari masker rambut, diet hingga kulit wajah. Jadi tidak aneh kandungan alpukat ini sangat cocok untuk kulit kering, caranya pun sudah sangat biasa yaitu hancurkan daging alpukat hingga halus, lalu oleskan pada kulit wajah hingga kering atau tinggalkan tidur, setelahnya bersihkan wajah dengan air sedikit hangat, lalu keringkan kulit wajah dengan handuk dan anda dapat mengoleskan es pada wajah untuk menutupi pori-pori kulit.

 5. Buah Strawberry

Buah strawberry ternyata kecil-kecil banyak manfaatnya dan dapat menjadi salah satu bahan masker alami kulit kering, buah ini pun didalamnya terdapat biji-biji kecil seperti scrubb yang terasa sangat segar. Untuk kulit wajah, anda dapat mengapresiasikan buah strawberry dengan 1 sdm havermut lalu blender hingga halus. Masker strawberry pun siap di oleskan. Tunggu hingga 15-30 menit dan bilas dengan air dingin.

Share Ilmu Ke Teman-teman Yuk...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on PinterestShare on StumbleUponShare on TumblrDigg thisShare on LinkedIn

Comments

comments

1 Comment on "Penyebab Kulit Menjadi Kering dan Cara Mengatasinya"

  1. Thanks. 🙂

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Share Ilmu Ke Teman-teman Yuk
Di Like Yaaa...
Social PopUP by SumoMe