Penyebab Insomnia dan Cara Mengatasinya

insomnia
insomnia

Insomnia adalah kesukaran untuk tidur, insomnia terjadi karena kehidupan yang kurang sehat, atau bisa dikarenakan pola tidur yang tidak baik dan kurang teratur. Keseringan bergadang dan mengkonsumi kopi dan rokok itu pun salah satu pemicu terjadinya insomnia.

Insomnia terjadi karena faktor emosional yang belum terselesaikan contoh seperti stress, depresi, sedih, sakit hati, dan sebagainya. Angka insomnia akan meningkat seiring umur yang semakin tua, hal ini karena makin bertambahnya umur, makin banyak hal yang di fikirkan. Tetapi jangan jadikan pemicu umur untuk memperbaiki pola tidur.

kantung mata berwarna hitam

kantung mata berwarna hitam

Pengidap Insomnia biasanya memiliki ciri-ciri sebagai berikut :

  • Selalu merasa lelah ketika bangun tidur dan badan yang kurang segar
  • Kesulitan tidur atau dimana sudah tidur tidak pernah nyenyak atau selalu bangun
  • Sulit berkonsentrasi, hal ini karena kurangnya otak untuk beristirahat pada malam hari
  • Kesehatan fisik terganggu, contoh : migrain, kulit di bawah mata berwarna kegelapan
  • Ketergantungan pada obat yang bersifat membuat kantuk contohnya : obat tidur dan obat penenang

Perlu diketahui bahwa mengkonsumsi obat tidur secara jangka panjang dan berdosis tinggi akan mengakibatkan dampak negatif. Bila mengkonsumsi obat dengan dosis yang sama dan tertidur lelap, dan ketika suatu saat meminum obat dengan dosis sama tetapi tidak terasa khasiatnya itu artinya butuh dosis yang lebih tingga dari sebelumnya. Dan bila menghentikan obat tidur, maka Insomnia akan lebih parah. Dan begitu pula bila mengkonsumsi obat penenang, meminum obat penenang dengan jangka panjang dan berdosis tinggi bisa mengakibatkan kerusakan memori otak.

tidur normal

tidur normal

Berikut tips mengobati insomnia :

  • Olah raga ringan dan teratur. Sesuai penelitian dengan olahraga akan mengurangi rasa stress, karena kinerja tubuh akan maksimal. Lebih baik lakukan olah raga pada pagi hari selama 30 menit, atau lakukan sebelum tidur.
  • Jangan meminum yang mengandung kafein. Kandungan kafein pada kopi sekitar 85 mg, tubuh akan menerima kandungan kafein antara 100-150 mg, dengan batas ini kafein membuat tubuh terjaga. Dan untuk penderita Insomnia, tentu berdampak jelek jika mengkonsumsi kafein pada malam hari, dan lamanya dampak kafein tersebut sekitar 6 jam dalam tubuh. Kafein tidak hanya terdapat pada kopi, tetapi juga teh dan coklat.
  • Jangan makan dan minum sebelum tidur. Hal ini menghindari ketidaknyamanan pada perut. Jika perut terasa kekenyangan, maka posisi tidur pun akan sulit, begitu pula jika perut kosong, kemungkinan tidak bisa tidur karena perut lapar. Minumlah secukupnya, atau 1 jam sebelum tidur, hal ini agak tubuh kita tidak terbangun di tengah tidur karena ingin buang air kecil.
  • Mandi dengan air hangat selama 30 menit, lakukan 1 jam sebelum tidur. Fungsinya adalah air hangat berguna melenturkan otot-otot badan yang tegang, sehingga menambah rileks dan akan mendapatkan tidur yang cukup nyenyak di malam hari.
  • Bentuk suasana kamar senyaman mungkin. Contoh, pasang wewangian seperti bunga lavender, atur suhu kamar sesuai kenyamanan masing-masing, bersihkan kamar dari debu atau hal-hal yang membuat kurang nyaman, matikan lampu dan tenangkan fikiran lalu cobalan untuk pejamkan mata.
  • Jauhi aktivitas di saat mau tidur. Tempat tidur adalah salah satu tempat untuk menutup mata dan beristirahat, jika kita memiliki kebiasaan melakukan sesuatu hal di atas tempat tidur, maka setiap malam pun otak bawah sadar kita mengontrol agar melakukan hal-hal atau kebiasaan yang di lakukan. Maka diusahakan mungkin, ketika berada di atas tempat tidur, badan harus lebih relax, tidak memegang benda atau apapun itu, hanya pejamkan mata sampai tertidur.
  • Membaca buku. Dalam kata lain, membaca buku slain untuk para kutu buku. Untuk sebagian orang yang sudah jarang membaca, mungkin dengan membaca buku, hal itu bisa membuat bosan, lelah maka bisa tertidur.
  • Menjernihkan fikiran. Seperti pemicu insomnia adalah stress, depresi atau gangguan-gangguan emosional lainnya, maka di saat mau tertidur, bersihkan fikiran dari fikiran-fikiran negatif, buat fikiran lebih tenang dan rileks, akan lebih memicu rasa kantuk datang.
  • Tentukan waktu tidur. Lakukan rutinitas tidur pada jam yang sama, dan bangun pada jam yang di tentukan. Termasuk weekend. Lakukan hal ini secara terus menerus pada jam yang sama dan bangun di jam yang selalu sama, maka lama-lama hal ini akan menjadi suatu kebiasaan.
susu membuat cepat tidur

susu membuat cepat tidur

Sedikitnya cara mengatasi insomnia adalah dengan mengkonsumsi makanan yang berprotein tinggi seperti keju dan susu. Susu hangat mengandung hormon triptofan yang dapat membuat ngantuk dan membuat tidur lebih nyenyak. Dan cara cepat mengatasi insomnia adalah mengetahui dulu penyebabnya, jika telah terjawab hindari penyebab insomnia tersebut. Karena insomnia sendiri terjadi karena gangguan faktor-faktor psikologis. Moga beberapa tips ini berguna bagi para pembaca.

Comments

comments

1 Comment on "Penyebab Insomnia dan Cara Mengatasinya"

  1. Paling ngeganggu emang klo dah insomnia……makasih buat tipsnya……..

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Share Ilmu Ke Teman-teman Yuk
Di Like Yaaa...
Social PopUP by SumoMe