Penyebab Dan Cara Mengatasi Depresi

stressstress

Depresi adalah suatu keadaan yang sangat sulit bagi seseorang hingga melibatkan beberapa unsur perasaan sedih, murung, menderita, kesulitan yang teramat sangat hingga menyebabkan seseorang mengalami kondisi yang sangat buruk, sebagian besar mereka yang mengalami depresi tidak menyadari keadaan psikologis mereka hingga terjadi tanda-tanda depresi seperti rambut rontok, kurang nafsu makan, sering melamun. Hal ini akan terus terjadi bila tidak segera diobati.

Depresi itu sendiri dibagi menjadi 2, yaitu depresi ringan dan berat. Gejala depresi ringan ditandai perasaan sedih yang datang dan pergi begitu saja dengan waktu yang singkat. Adapun depresi berat yang menimbulkan gejala murung, menyendiri, perasaan bersalah, menyesal, melakukan aktivitas terbatas, dan terkadang melakukan hal-hal yang menyakiti diri sendiri bahkan dapat menyebabkan penderita depresi merasakan hopeless yang mengakhiri hidupnya dengan bunuh diri.

depresi

depresi

Hal-hal Yang Memicu Timbulnya Depresi Dikehidupan Sehari-hari :

  • Tuntutan kehidupan

Contoh hal ini adalah tuntutan sekolah dibidang yang tidak diinginkan, atau dituntut untuk kerja disaat yang tidak tepat. Hal ini sering terjadi kepada setiap orang disekitar kita.

  • Masalah Keluarga

Tidak sedikit orang tua stress dengan anaknya yang bandel, sangat sulit diatur, atau sering keluar malam. Hal ini membuat orang tua selalu berfikiran negatif, dan mencoba memasuki dunia kehidupan anaknya, tetapi terkadang orang tua pun terlalu sibuk dengan urusan pekerjaannya, hingga anak terbengkalai dan merasa kurang perhatian.

  • Pelecehan Seksual

Pelecehan seksual bagi seseorang yang mengalami pemerkosaan tentu saja meninggalkan jejak trauma dan ketakutan tertentu pada masa depannya, hal ini yang memicu rasa simpatik orang tua hingga terbentuk ikatan perlindungan anak. Hal ini untuk meminimalisir pelecehan seksual diluaran sana, dan mengundang para orang tua untuk lebih dapat mengajarkan anaknya tentang orang intim.

  • Keuangan

Hal ini sering dialami pada setiap orang, merasa tidak memiliki uang atau mungkin ingin ikut teman jalan-jalan k dufan tetapi tidak memiliki sedikitpun uang didompet, bahkan lebih parahnya bisa saja tidak punya uang hingga tidak makan berhari-hari.  Depresi dalam hal ini, langkah awal untuk belajar bersyukur dengan apa yang dimiliki, melatih diri untuk lebih kreatif dan melakukan hal-hal berguna hingga menghasilkan uang. Jangan berfikir pendek, contoh orang melakukan penodongan demi uang. Itu bukanlah cara yang baik untuk keluar dari masalah ekonomi yang kritis.

  • Cara Berfikir

Cara berfikir yang salah akan memicu tingkat depresi lebih tinggi, berfikir negatif, kecemasan yang teramat sangat hanya membuat konyol saja. Cara yang terbaik pastikan saja dengan apa yang difikirin benar apa salah. Think positive akan menghasilkan hasil yang positive juga.

  • Penyimpangan Sosial

Penyimpangan sosial dapat diambil contoh dari rasa minder yang merasa diri serba kurang, padahal kenyataan tidak seperti yang dibayangkan.

Faktor Biologi Terhadap Depresi :

Para penilitan telah mencatat bahwa otak kecil yang disebut hippocampus atau memori otak kecil pada penderita depresi memiliki ukuran lebih kecil dibanding yang tidak mengalami depresi. Hormon stress kortisol juga akan mengalami produksi berlebihan jika seseorang mengalami stress. Hormon stress kortisol juga dapat menyebabkan hal buruk bagi hippocampus. Sebagian penelitian mengatakan bagi penderita depresi lahir dengan ukuran hippocampus lebih kecil maka resiko untuk mengalami depresi sangat besar dibanding yang tidak mengalami depresi.

5 Cara Mengatasi Depresi :

1. Bercerita Kepada Teman

curhat

curhat

Bila anda sedang mengalami depresi, anda dapat menceritakannya kepada teman, saudara, keluarga atau bisa juga kepada seseorang yang memiliki dasar agama yang kuat. Dengan bercerita anda mengeluarkan aura negatif yang bersarang ditubuh anda, tetapi berceritalah kepada seseorang yang tepat, dengan kata lain seseorang yang mendengarkan keluh kesal anda dapat dengan sabar mendengarkan curhatan anda, dan tidak cerewet. Karena bukan suatu penyelesaian jika anda curhat dengan seseorang yang memiliki bibir bocor alias tukang gosip. Bila anda takut atau malu untuk curhat kepada seseorang, pastikan anda bisa mencurahkannya melalui tulisan atau  diary, dengan menulis segala curhatan hati kepada selembar kertas secara tidak langsung anda mengeluarkan energy negatif dalam tubuh dan membuang secara sedikit demi sedikit hingga akhirnya sembuh dari depresi.

2. Belajar Menerima

self acceptance

self acceptance

Belajar menerima kekurang pada diri anda sendiri (self acceptance), anda tidak perlu mengubah hal dari diri anda menjadi orang lain mau, karena itu hanya membuat beban dan bertambahnya faktor depresi. Fokuslah untuk memperbaiki diri secara perlahan atas  keinginan sendiri, dan berkonsentrasi dengan hal-hal positif yang dapat anda lakukan. Keadaan yang tidak nyaman dalam hidup anda akan menjadi sebuah sahabat yang selalu menemani sampai anda tua. Tetapi tidak usah ragu ataupun pesimis, mencoba bersahabat dengan ketidaknyamanan itu akan menjadi pembelajaran dan pengalaman yang sangat indah.

 

3. Beramal

kasih sayang

kasih sayang

Dalam hal ini bukan berarti meramal, tetapi anda beramal atau memberikan sesuatu yang terbaik untuk orang-orang disekitar anda tidak dalam hal materi saja. Hal ini sangat berguna bagi penderita Psikosomatis atau penderita gangguan emosional. Jika anda ingin dapat sesuatu dari orang yang tulus, secara alam bawah sadar anda memberikan sesuatu itu kepada orang lain secara tulus. Pada saat itu otak berkonsentrasi untuk memberikan kebaikan untuk orang lain. Artinya, selama ada niat untuk memberi kepada orang lain, anda menciptakan energi positif yang dilemparkan kepada orang lain, dan itu artinya anda akan menerima energi positif berpuluh-puluh kali lipat dari orang lain. Dengan satu syarat, anda memberi tidak karena faktor kasihan, tetapi berbagi kebahagiaan. Dan menurut pengalaman pribadi saya, hal ini worthed untuk dilakukan.

4. Berdo’a

berdoa

berdoa

Mendekatkan diri pada Agama adalah salah satu cara yang tepat di balik memperbaiki diri. Selalu berdoa menurut agama masing-masing membuat dampak positif bagi tubuh dan fikiran. Karena penyakit depresi itu sendiri datang dari fikiran, dan mengundang kebaikan dengan cara Ikhlas. Ikhlas pun timbul dengan dorongan diri sendiri dan kontak dengan kegiatan kerohanian. Proses berdo’a pun memiliki beberapa unsur yaitu meminta, yakin, dan menerima. Ketiga proses ini bukanlah kegiatan yang terpisah, tetapi 3 unsur dalam 1 tujuan. Menurut teori,  jika seseorang berdo’a dengan sungguh-sungguh, otak merangsang hormon serotonin dan endorfin yang menyebabkan seseorang merasa diposisi kenyamanan, ketenangan dan secara tidak langsung menimbulkan perasaan bahagia. Dampak pada tubuh adalah sistem imun meningkat, pembuluh darah terbuka, detak jantung menjadi stabil, sehingga dampak dari luar membuat emosi menjadi stabil.

5. Sibukan Diri

sibukan diri

sibukan diri

Depresi merupakan penyakit yang timbul dari diri anda yang harus ditemukan solusinya. Karena depresi bukan hanya penyakit dari otak, melainkan pola pikir. Menyibukan diri adalah salah satu cara untuk mengatasi depresi, terutama untuk memberikan kebahagiaan-kebahagiaan bagi orang-orang disekitar anda. Depresi tidak hanya dialami seseorang dimasa tua, tetapi untuk remaja pun terkadang mengalami tingkat depresi yang lumayan berat, tetapi hal itu adalah sebuah jalan seseorang untuk menjadi lebih baik. Membuka diri dan menerima pendapat baik dari semua orang dapat memperbaiki hidup anda. Bentuk suatu kepribadian yang lebih positif disetiap masalah akan menjadi solusi agar masalah yang sama tidak kembali mendatangi anda.

Comments

comments

Be the first to comment on "Penyebab Dan Cara Mengatasi Depresi"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Share Ilmu Ke Teman-teman Yuk
Di Like Yaaa...
Social PopUP by SumoMe