Penyebab Dan Cara Alami Menghilangkan Kantung Mata

mata sehat
mata sehat

Mata panda adalah penyakit mata yang terjadi karena kurangnya waktu tidur, lingkaran pada mata atau yang biasa disebut kantung mata, sangat mengganggu penampilan karena memberi kesan lelah dan kusam. Aktifitas seharian dan paparan sinar matahari juga menjadi salah satu penyebab terjadinya mata panda, hal ini tentu bukan hal yang patut didiamkan terutama untuk kaum wanita, karena semakin lama kantung mata akan menebal dan merusak penampilan pada wajah.

Ketahui Beberapa Penyebab Mata Panda :

1. Penyakit

Penyakit anemia dan ginjal adalah salah satu yang menyebabkan terjadinya mata panda, bila terjadi mata panda tanpa ada sebab walau sudah melakukan perawatan kulit wajah, lebih baik segera check dokter kesehatan, bisa saja anda mengalami salah satu penyakit antara anemia dan ginjal.

2. Kurang Tidur

Kurang tidur adalah faktor utama gejala mata panda, durasi tidur bagi semua orang adalah 7 – 8 jam perhari, namun dengan seiring usia, lebih banyak keperluan yang mengharuskan berkurangnya tidur, lambat laun bila anda mengurangi porsi tidur anda kurang dari waktu yang ditentukan kantung mata anda kian menebal. Maka sangat dianjurkan untuk mengistirahatkan tubuh selama 8 jam sehari selain untuk melancarkan metabolisme tubuh terlebih untuk kesehatan mata juga.

3. Paparan Sinar Matarahi

mengatasi kantung mata

mengatasi kantung mata

Paparan sinar matahari yang menyengat terlebih ketika jam 12 siang, akan memicu terjadinya mata panda, hal ini karena sinar matahari mengandung sinar ultraviolet yang dapat merusakan kulit, bila wajah tidak memakai pelembab, secara langsung sinar UV dapat menyerap pada lapisan kulit terdalam dan berdampak kerusakan dan menggelapkan kulit termasuk kulit sekitar mata.

4. Make Up

Apakah kantung mata anda sering terkena make up atau bahan kimia? jika iya, segera cuci muka menjelang tidur, siapkan face cleanser atau pembersih muka tanpa air jika anda termasuk orang yang tidak mau ribet. Pembersihan muka sebelum tidur berguna agar pori-pori pada wajah dapat bernafas saat anda tidur, sehingga mengurangi kemungkinan kerusakan kulit. Selain membersihkan kotoran pada wajah, cuci muka sebelum tidur dapat mengurangi kemungkinan terkena jerawat.

5. Keturunan

Bila salah satu orang tua memiliki mata panda, kemungkinan anaknya juga memiliki riwayat mata panda. Tetapi hal ini bisa dicegah dengan perawatan alami.

Masker Untuk Mengobati Mata Panda :

1. Teh Celup

teh celup

teh celup

Teh hitam atau teh hijau mengandung zat tannin yang berfungsi mengencangkan kulit dan menyempitkan pembuluh darah pada kantung mata. Caranya kantung teh celup bekas didiamkan sehari didalam kulkas atau simpan pada air dingin setelah itu, teh dapat ditempel pada kantung mata dan diamkan 10-15 menit. Dapat digunakan menjelang tidur atau pada pagi hari, agar mendapatkan hasil maksimal.

 

 

2. Es batu

es batu

es batu

Anda ingat bila anda menonton pertandingan tinju,salah satu wajah bengkak selalu dikompres oleh es batu. Hal ini juga dapat digunakan untuk mengurangi kantung mata, walau hal ini bersifat sementara tetapi es batu dapat membuat kulit kantung mata lebih rileks dan segar. Es batu hanya bersifat membantu mengurangi kantung mata yang ringan. Langkahnya pun cukup mudah, mengompres pada kantung mata selama 10-15 menit menjelang tidur, dapat juga digunakan pada siang hari jika anda merasa mata anda lelah.

3. Bengkoang

bengkoang

bengkoang

Buah yang satu ini sangat kaya manfaatnya, selain untuk memutihkan kulit ternyata dapat membantu menghilangkan kantung mata secara perlahan. Bengkoang mengandung banyak air, vitamin B1 dan vitamin C yang bagus untuk kulit, cara membuatnya dapat langsung iris tipis daging bengkoang pada kantung mata, atau parut hingga halus dan tempelkan pada mata, diamkan 10-15 menit.

 

4. Mentimun

mentimun

mentimun

Potongan mentimun sangat dingin dan bila ditempelkan pada kantung mata akan terasa sejuk sehingga melancarkan peredarah darah disekitar kantung mata. Sebenarnya kandungan dingin dalam mentimun yang dapat melancarkan peredaran darah, caranya sangat mudah hanya iris tipis mentimun dan karena bentuknya yang pas dengan ukuran O pada daerah mata, dapat ditempelkan langsung dengan posisi mata terpejam, diamkan 15-20menit.

 

5. Tidur Cukup

tidur cukup

tidur cukup

Satu contoh ini memang bukan masker, tapi tidur hal yang sangat penting mencangkup kesehatan secara keseluruhan. Dengan durasi tidur 7-8 jam perhari dapat mencegah timbulnya kantung mata, karena bergadang adalah faktor utama timbulnya kantung mata atau lingkaran hitam. Lebih sehat lagi bila tidur tepat waktu, dalam durasi 8 jam. Bila anda bekerja dengan shift malam dan pulang subuh, kemungkinan terjadi kelelahan mata dan perlahan membuat kantung mata kian menghitam. Untuk perawatannya dapat menggunakan masker mata alami.

Comments

comments

2 Comments on "Penyebab Dan Cara Alami Menghilangkan Kantung Mata"

  1. saya belum pernah praktekkan gan,, tapi bagus tips nya untuk menghilangkan kantung mata,, ini biasanya yg sering digunakan perawatan oleh wanita 🙂

    • saya sudah praktekan. memang patut dicoba terutama yang bermata panda. tidak khusus wanita saja, laki-laki juga bisa.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Share Ilmu Ke Teman-teman Yuk
Di Like Yaaa...
Social PopUP by SumoMe