Penyakit Jantung Dan Gejalanya

penyakit jantung
penyakit jantung

Penyakit jantung adalah penyakit yang paling mematikan di Indonesia, termasuk di dunia. Penyakit ini kerap kali merenggut banyak nyawa penderitanya karena tidak sedikit orang yang mengabaikan gejala tahap awal penyakit ini.

Penyakit jantung terjadi karena kapasitas pemompaan pada jantung tidak wajar, dan terjadi penggumpalan darah di bilik jantung sebelah kiri. Akibatnya, tubuh cepat lelah. Pada kasus ini tidak hanya pada waktu melakukan aktifitas berat, tetapi terkadang pada saat istirahat tubuh tiba-tiba lelah, dan jika itu terjadi jangan dibiarkan, itu menandakan kurangnya oksigen pada jantung. Minimnya penanggulangan pada gejala awal membuat penderita mengalami penyakit jantung pada tahap selanjutnya, mari kita ulas beberapa gejala penyakit jantung dan ciri-ciri penderitanya, guna untuk mengetahui lebih dini tentang penyakit jantung.

pusing

pusing

Berikut ini Gejala-gejala Penyakit Jantung :

  1. Sering Lelah. Merasa lelah di pagi hari pada saat bangun tidur, ini ada indikasi gejala penyakit jantung, bila sering terjadi kelelahan yang tidak d wajarkan, segeralah menghubungi dokter spesialis.
  2. Nyeri pada jantung. Keadaan ketika otot tidak mendapatkan cukup darah maka tidak mendapat cukup oksigen dan hasil metabolisme yang berlebihan akan menyebabkan kejang-kejang atau kram. Akibatnya penderita akan merasakan dada diremas-remas, karena otot jantung tidak mendapatkan darah yang cukup. Bagi penderita masing-masing orang akan berbeda-beda dampaknya, ada juga yang tidak merasakan nyeri walaupun jantungnya mengalami kekurangan darah.
  3. Sering Pusing dan Pingsan. Hal ini disebabkan karena penerimaan darah yang kurang, dan denyut jantung yang abnormal juga pemompaan yang buruk, membuat tubuh lemah akibatnya sering pusing dan pingsan.
  4. Merasa sering sesak pada bagian dada. Karena terjadinya penebalan pembuluh darah, sehingga menghambat pasokan darah ke bagian tubuh yang lain, hal ini akan membuat tubuh sesak, dan berbagai nyeri lainnya.
  5. Sering merasa Mual. Ciri awal gejala penyakit jantung ini secara fisik, adalah terjadi pembengkakan pada perut, hal ini menyebabkan penderita kurang nafsu makan, dan akan lebih sering merasa mual.
  6. Terjadi pembengkakan pada pergelangan kaki dan perut. Dari ciri-ciri gejala awal bahwa terjadi kelainan pada jantung, contoh katup jantung yang tidak normal.
merokok

merokok

Berikut ini Penyebab Penyakit Jantung :

  1. Merokok
  2. Penderita Diabetes
  3. Meminum minuman beralkohol
  4. Kandungan lemak dan memiliki kolestrol tinggi
  5. Metabolik
  6. Penyakit Darah Tinggi atau kadang di sebut Hipertensi
  7. Penyakit Ginjal Akut
  8. Gangguan Tidur disertai dengan Sulit bernafas (sleep apnea)
  9. Gaya Hidup Buruk
  10. Stress

gaya hidup sehat

gaya hidup sehat

Berikut ini Beberapa Tips untuk Pencegahan Penyakit Jantung :

  1. Banyak konsumsi makanan Omega 3
  2. Konsumi banyak sayur dan buah
  3. Kurangi garam
  4. Olahraga secara rutin
  5. Atur berat badan
  6. Selalu awasi tekanan darah dan kolesterol
  7. Jangan stress berlebihan
  8. Tidak merokok dan minum kopi berlebihan
  9. Segera hubungi dokter spesialis bila terjadi gejala-gejala awal, dan jangan biasakan spelekan segala penyakit

Pencegahan bagus di lakukan lebih dini, dengan adanya penyakit yang sering merenggut nyawa seseorang, mari pedulikan kesehatan, dengan hidup sehat, olah raga, dan memilih makanan yang lebih banyak protein dan kandungan gizi, kesehatan adalah hal yang sangat berarti tanpa kita sadari. Segeralah periksa kesehatan bila terjadi gejala-gejala yang d contohkan pada penyakit jantung, gejala awal mungkin dokter akan memberikan obat anti-biotik, dan pengenceran darah agar tidak terjadi penggumpalan atau pembekuan darah, dan membuka penyumbatan areteri. Jika hal ini tidak bisa menanggulangi penyakit jantung, biasanya proses pembedahan untuk penanganan lebih lanjut.

 

stop yang tidak rasional

stop yang tidak rasional

Stop berprediksi bahwa penyakit jantung hanya di derita oleh orang gemuk, dan walau wanita memiliki sedikit kemungkinan terkena penyakit jantung, bukan berarti wanita tidak bisa terkena penyakit ini. Berhentilah berfikir bahwa anak-anak tidak bisa terkena penyakit jantung, penyakit jantung bukan penyakit keturunan tapi karena faktor gaya hidup yang kurang sehat. Berhentilah beranggapan yang tidak rasional tentang penyakit ini, dan segera ubah dan atur untuk memiliki gaya hidup sehat.

 

Comments

comments

Be the first to comment on "Penyakit Jantung Dan Gejalanya"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Share Ilmu Ke Teman-teman Yuk
Di Like Yaaa...
Social PopUP by SumoMe