9 Cara Merawat Rambut Agar Tetap Sehat

rambut sehat
rambut sehat

Rambut adalah mahkota wanita, tidak sedikit wanita yang ingin mempercantik penampilan termasuk gaya rambutnya. Kalau rambut tampak kering dan kusam, di liatpun kurang enak. Sebagian wanita menggunakan solusi ikat rambut agar rambut kering terlihat rapi. Tetapi bukan itu solusi yang terbaik.

Mari ulas beberapa tips agar memiliki rambut yang sehat.

Beberapa Cara Merawat Rambut :

1. Membersihkan sampo. Keramas 1×2 hari untuk membersihkan rambut dan kulit kepala dari kotoran.

rambut sehat

rambut sehat

2. Gunakan conditioner. Conditioner membantu memberikan nutrisi pada rambut, pastikan untuk tidak mengenai akar rambut karena hal ini akan membuat rambut lepek dan berminyak. Lalu bersihkan dengan bersih jangan ada sisa conditioner yang menempel pada rambut untuk menghindari kerusakan rambut juga ketombe.

3. Tidak menggunakan hair dryer. Untuk rambut lebih lembab dan tidak mudah kering dan patah. hindari penggunaan hair dryer secara rutin. Pengeringan rambut secara natural akan menjaga kandungan rambut agar tidak cepat kering dan patah-patah. Bila selesai keramas, keringkan rambut dengan anduk kering bungkus rambut dan tepuk-tepuk lembut lalu biarkan rambut mengering dengan sendirinya.

 

memotong ujung rambut

memotong ujung rambut

4. Rutin memotong rambut. Potong rambut secara rutin 1×3-5bulan, hal ini menghindari rambut bercabang dan pecah-pecah. Potong pada ujungnya saja sepanjang 1cm.

5. Mengkonsumsi vitamin B. Ternyata tidak cuman faktor eksternal yang membuat rambut tidak sehat, tetapi faktor internal juga. Banyak konsumsi makanan yang mengandung vitamin B kompleks sangat membantu kesuburan rambut dari dalam, contoh kacang-kacangan, telur, pisang, dan sebagainya.

6. Minimalkan penggunakan gel, mousse. Karena hal ini berdampak akan memudarkan kilau pada rambut

7. Hindari rambut dari zat kaporit. Contoh air renang, bila mau berenang, lebih baik membasai rambut dengan air biasa dulu, lalu mulai berenang. Seberes berenang, bersihkan rambut dengan sampo tanpa meninggalkan kotoran dari air kolam.

perawatan rambut

perawatan rambut

8. Memakai sisir yang tidak terlalu rapat dan tajam ujungnya. Banyak yang mengira dengan menggunakan sisir yang rapat akan membuat rambut lebih rapi dari setiap helainya. Tetapi hal ini hanya membuat rambut lebih cepat rontok terutama jika menyisir dalam keadaan rambut yang basah.

Jangan memakai sisir yang tajam ujungnya hal ini hanya membuat kulit kepala sakit, carilah sisir yang berujung tumpul.

9. Tidak mengikat rambut. Bila rambut basah karena berkeringat, tidak di anjurkan untuk memakai ikat rambut hal ini untuk menghindari bau pada rambut, dan ketika mau tidur pun, biarkan rambut bernafas dengan mengurai rambut.

 

Selain tips cara merawat rambut sehat juga bisa di baca artikel merawat rambut rontok pada Perawatan Rambut Rontok Secara Alami

 

Comments

comments

Be the first to comment on "9 Cara Merawat Rambut Agar Tetap Sehat"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Share Ilmu Ke Teman-teman Yuk
Di Like Yaaa...
Social PopUP by SumoMe