Penyebab Gusi Bengkak Dan Cara Mengobatinya

gigi sehat
gigi sehat

Tidak sedikit orang yang mengalami sakit gusi, atau gusi bengkak. Hal ini dikarenakan beberapa faktor, rasa sakit yang diderita ketika terjadi pembengkakan gusi terasa ngenyut hingga ke ubun-ubun kepala. Sebelum mengetahui cara mengobati gusi bengkak, mari kita ketahui penyebab gusi bengkak.

Gusi adalah jaringan kokoh yang berada di akar gigi, warnanya pink karena terdiri dari pembuluh darah yang sangat padat. Gusi sebagai penopang gigi, maka apa yang terjadi pada gigi terutama bila kebersihan gigi tidak maximal akan berpengaruh juga ke gusi hingga mengalami nyeri pada kepala.

Gusi bengkak dikarenakan terjadi peradangan atau infeksi. Kadang menonjol berwarna kekuningan, atau gusi lebih terlihat merah. Tidak jarang juga gusi berdarah ketika sedang menyikat gigi. Mengapa terjadi demikian?

 

Mari kita ulas beberapa faktor gusi bengkak :

1. Kebersihan

kebersihan mulut

kebersihan mulut

Kebersihan mulut faktor utama penyebab terjadinya pembengkakan gusi, tidak teraturnya membersihkan gigi membuat terjadinya plak-plak yang makin lama kian makin menumpuk, sisa-sisa makanan, kotoran dan bakteri yang menumpuk. Sering menyikat gigi juga tidak baik karena mengikis enzim pada gigi, sikat gigi 2×1 hari tepat untuk menjaga kebersihan gusi. Tentu dengan memakai sikat gigi yang tepat, sikat gigi yang dipakai lebih dari 3 bulan memungkinkan telah menjadi sarang bakteri. Untuk membersihkan bakteri itu, dapat dengan cara mengganti sikat gigi 1×3 bulan atau merendam sikat gigi tersebut didalam air panas selama 30 menit, lalu dapat dipakai kembali.

2. Pemasangan Kawat Gigi

kawat gigi

kawat gigi

Kawat Gigi yang dipasang terlalu nempel dengan gusi menyebabkan gusi luka kian lama menyebabkan iritasi pada gusi, dan akhirnya gusi bengkak dan terjadi peradangan.

 

 

 

 

 

 

3. Gingivitis

gingivitis

gingivitis

Gingivitis adalah penyakit infeksi gusi yang dapat membuat kehilangan gigi, hal ini terjadi karena kebersihan mulut yang tidak d jaga hingga kian lama kian memburuk, plak yang ada di perbatasan gusi dan gigi adalah faktor utama terjadi gingivitis, tidak banyak orang yang merenyepelekan hal ini, hingga akhirnya gigi yang berada d atas plak tersebut copot. Gingivitis adalah penyakit infeksi gusi yang harus lebih dini diobati karena plak yang menempel bila dibiarkan lama akan menjadi karang gigi yang susah dibersihkan dengan sikat gigi saja.

 

4 Masa Kehamilan

masa kehamilan

masa kehamilan

Perubahan hormonal saat hamil meningkatkan aliran darah pada gusi, hal ini membuat gusi sangat rentan terkena iritasi, penurunan sistem kekebalan tubuh saat hamil membuat bakteri sangat gampang untuk berkembang biak. Jadi, membersihkan gigi sebelum tidur kebiasaan yang cocok untuk dijadikan rutinitas dari kecil.

 

 

 

5. Kekurangan nutrisi

asupan vitamin C

asupan vitamin C

Kekurangan vitamin B dan C salah satu penyebab gusi bengkak. Vit C berperan penting memperbaiki gusi dan gigi. Bila asupan vit kurang, ada kemungkinan terjangkit penyakit scurvy atau penyakit gusi. Bila tidak mengkonsumsi Vit C kapsul, bisa dapat kandungan vit dari buah-buahan.

 

 

 

 

 

Beberapa Cara Mengobati Gusi Bengkak :

  • Menyikat gigi dengan lembut hingga tidak meluka gusi
  • Berkumur dengan air yang telah dicampur garam agar membersihkan sisa-sisa bakteri
  • Hindari obat keras, alkohol dan rokok
  • Kompres dengan air hangat pipi yang mengalami gusi bengkak
  • Pijat gusi dengan cotton butt dengan lembut
  • Usahakan untuk memakan makanan sehat yang mengandung vit
  • Berkumur dengan air lemon

Comments

comments

1 Comment on "Penyebab Gusi Bengkak Dan Cara Mengobatinya"

  1. orang hamil rentan ya kena gusi bengkak ?

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Share Ilmu Ke Teman-teman Yuk
Di Like Yaaa...
Social PopUP by SumoMe