Mengetahui Gejala Awal Pada Penderita Skizofrenia

persepsi yang salahpersepsi yang salah
Share Ilmu Ke Teman-teman Yuk...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on PinterestShare on StumbleUponShare on TumblrDigg thisShare on LinkedIn

Skizofrenia, sebagian orang menyebutnya gila. Bagaimana tidak? Skizofrenia adalah kelainan psikologi yang menampilkan karakteristika yang sangat luas jika dibandingkan dengan tipe-tipe psikosis lainnya, tingkah lakunya sangat aneh diluar nalar orang normal.

Mari kita ketahui terlebih dahulu tentang pengertian Skizofrenia

Secara garis besar skizofrenia adalah sebuah gangguan psikis yang sulit membedakan realita dan imajinasi, mereka kehilangan sentuhan dengan dunia realita dan membuatnya bertingkah aneh.

Apa ada ciri khusus untuk pengidap penyakit ini?

Dalam beberapa kasus pengidap skizofrenia sangat membingungkan. Emosional yang berlebihan, kekawatiran yang teramat sangat, sulit membedakan antara fantasi dan kenyataan, dan sering mengalami panik juga kecemasan yang berlebihan.

Sayangnya, di Indonesia penanganan penyakit Skizofrenia masih minim dan tidak ditangani lebih awal. Pemahaman akan spiritual kemasukan mahkluk halus masih saja kental. Mahalnya biaya untuk penderita Skizofrenia juga membuat orang lebih memilih berobat ke dukun. Sebagian lagi, memutuskan mengurungkannya di kamar atau mengikatnya. Padahal tidak ada salahnya untuk segera di atasi.

Gejala Awal Pada Penderita Skizofrenia :

1. Taraf Pemfungsian Awal

taraf pemfungsian awal pada skizofrenia

taraf pemfungsian awal pada skizofrenia

Taraf pemfungsian awal adalah ketidakmampuan melihat berbagai objek. Ia hanya fokus pada 1 titik tanpa menghiraukan benda-benda disekitar, hal ini terjadi karena kerusakan motorik yang juga diderita oleh penderita autisme.

Prilaku ini menimbulkan sesuatu yang berbeda, semisal selalu menatap kebawah dan melihat barang-barang dengan durasi yang sangat lama.

Baca juga : Orang Tua Harus Tau Ciri-ciri Anak Autis Sejak Dini

2. Gangguan bahasa dan komunikasi

gangguan bahasa dan komunikasi

gangguan bahasa dan komunikasi

Gangguan bahasa dan komunikasi adalah faktor awal penderita skizofrenia. Biasanya ia akan mengulang-ngulang suatu kalimat dengan nada yang sama.

Bila diajak ngobrol, tidak nyambung. Pada beberapa kasus, penderita ini memotong pembicaraan dan membuat lawan bicara kebingungan.

Untuk tahap lebih lanjut, gangguan ini akan lebih terlihat dengan cara bicara yang terbata-bata dan obrolan yang melenceng.

3. Isi fikiran

isi fikiran

isi fikiran

Isi fikiran pada penderita skizofrenia biasanya tidak gampang dimengerti. Sebagian penderita ini memiliki hasrat terpendam, dalam beberapa kasus, penderita ini seolah telah menggapai keinginannya namun sering terlewat batas.

Kita ambil salah satu cuplikan film berjudul “A Beautiful Mind” ketika Jhon Nash akan ditangkap ia selalu mengucapkan bahwa ia sedang bekerja di non militer, dan dia menjadi seseorang yang sangat dibutuhkan.

Hal itu hanya ada di fikirannya, ketika ditangkappun ia selalu mengulang kata-kata yang sama entah untuk menjelaskan pada siapa.

Baca juga : 8 Cara Meredam Amarah Dalam Kehidupan Sehari-hari

4. Persepsi yang salah

persepsi yang salah

persepsi yang salah

Persepsi yang salah, penderita ini akan melebih-lebihkan sesuatu yang sedang terjadi. Salah satunya mereka akan melihat dokter sebagai musuh yang akan menerkam.

Baca juga  : Ternyata Inilah Dampak Fatal yang Diderita Oleh Korban Kekerasan Anak

Pendengaran dan penglihatannya pun sudah tak tentu arah, tidak jarang kalau mereka sangat takut dengan obat.

Penderita ini pun sudah sangat nyaman dengan ilusi yang berkesinambungan dengan harapannya, biasanya orang-orang yang datang dalam imajinasinya pastilah orang terdekatnya atau orang yang dikenalinya.

Dalam situasi tertekan atau sedang sendiri, imajinasi itu sering datang dan membuat ia terlihat berbicara sendiri pada seseorang.

5. Pemahaman yang tidak dimengerti

pemahaman yang tidak dimengerti

pemahaman yang tidak dimengerti

Penderita ini terkadang tidak tau siapa dirinya, perempuan atau laki-laki. Untuk beberapa kasus, ia selalu menjelaskan diri sendiri pada setiap orang seperti perkenalan yang sangat berlebihan, itupun selalu disisipkan dengan hal-hal diluar naral. Misal “aku bekerja sebagai penangkal hujan, orang-orang sangat segan padaku”.

Mimik mukanya pun akan menjadi datar, perasaannya sangat tidak peka, membuat orang-orang risih dan memutuskan untuk mengucilkannya.

Baca juga : Cara dan Manfaat Pijat Refleksi Bagi Tubuh

6. Destruktif

destruktif

destruktif

Pada beberapa kasus, penderita ini tidak bisa mengatur jadwal kesehariannya, adapun yang bisa mengatur jadwal namun tidak dilakukannya, hal ini disebabkan karena keinginannya melenceng dari kenyataan.

Ia nampak tergesa-gesa dalam melakukan kegiatan, membuat karirnya dan aktivitas sehari-harinya hancur.

Proses dari gejala awal hingga lanjutpun sangat beraneka ragam, ada yang langsung mengalami perubahan signifikan ada pula yang perlahan-lahan. Namun sadarilah, bila anda menemukan gejala awal seperti ini, sudah harusnya di bawa ke dokter ahli.

Baca juga : 7 Aksi Aneh Untuk Menurunkan Berat Badan

7. Putus hubungan dengan dunia luar

putus hubungan dengan dunia luar

putus hubungan dengan dunia luar

Pada kasus skizofrenia anak-anak akan terjadi isolasi yaitu menarik diri dari dunia luar, ia tidak mampu terjun ke kehidupan orang lain. Hal ini sering membuat anak dibuli oleh teman-temannya.

Disisi lain, penderita ini sangat butuh perhatian khusus. Bila anda ingin mengurusnya sendiri, pasti akan sangat lelah.

Para psikiater pun tidak akan menghadapinya sendiri, beberapa penderita ini akan ditanya sedang melihat apa dan apa yang sedang terjadi untuk ditanggulangi lebih lanjut.

Anda bisa lihat kan para penderita di rumah sakit jiwa yang tangannya di ikat?

8. Perilaku motorik yang terganggu

perilaku motorik

perilaku motorik

Motorik berguna sebagai proses seseorang untuk berekspresi. Hal ini tidak dialami bagi penderita skizofrenia, dibeberapa kasus ia selalu berdiam diri diposisi nyaman dari pagi hingga malam.

Untuk bergerak pun sangat kaku, hal ini karena otak motoriknya memang terganggu.

Selain itu penderita skizofrenia tidak menjaga kebersihan badannya, dan sering mendapati dirinya sedang dicurigai oleh seseorang.

Baca juga : 5 Permainan Untuk Mengasah Otak Anak

Share Ilmu Ke Teman-teman Yuk...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on PinterestShare on StumbleUponShare on TumblrDigg thisShare on LinkedIn

Comments

comments

Be the first to comment on "Mengetahui Gejala Awal Pada Penderita Skizofrenia"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Share Ilmu Ke Teman-teman Yuk
Di Like Yaaa...
Social PopUP by SumoMe