Masih Berani Sepelekan Manfaat Vitamin C?

manfaat vitamin C
Share Ilmu Ke Teman-teman Yuk...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on PinterestShare on StumbleUponShare on TumblrDigg thisShare on LinkedIn

Tahukah kamu manfaat vitamin C untuk kesehatan? Vitamin C adalah sebuah nutrisi yang banyak dikenal dikalangan masyarakat karena kasiatnya yang luar biasa. Vitamin C berguna untuk menambah produktivitas kolagen, seperti protein, ligamen, menambah penyerapan zat besi, dan membantu menambah kekebalan tubuh. Tidak aneh, ketika anda dilanda sariawan, dehidrasi, mengalami gusi bengkak, sakit persendian, dan merasa kurang enak badan maka anda dianjurkan untuk menambah konsumsi vitamin C, entah itu berupa tablet, suplemen, sayuran atau buah-buahan. Langsung saja, kita liat beberapa manfaat vitamin C untuk tubuh kita.

Manfaat Vitamin C Untuk Tubuh :

1. Melawan Kanker

melawan sel kanker

melawan sel kanker

Vitamin C yang anda konsumsi dapat membantu meregenerasi vitamin E sebagai antioksidan bagi tubuh sehingga membantu melawan sel kanker dan menjaga sistem kekebalan tubuh. Jadi untuk anda khususnya wanita yang rawan terkena kanker payudara, dianjurkan untuk mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran yang kaya akan kandungan vitamin C lho.

 

2. Memperbaiki Kulit

memperbaiki kulit

memperbaiki kulit

Siapa yang tidak mau tampil cantik dan awet muda? Nah, solusinya ada pada manfaat vitamin C, karena Vitamin C sebagai antioksidan yang dibutuhkan kulit dimana antioksidan itu berguna untuk menetralkan radikal bebas pada kulit, yang jika didiamkan maka makin hari makin menumpuk salah satu penyebabnya adalah paparan sinar matahari. Dr Mariusz Sapijaszko menyatakan bahwa asupan vitamin C bisa meminimalisir tanda-tanda penuaan kulit seperti garis-garis halus, warna kulit yang tidak merata, pigmentasi, dan kolagen pada kulit. Vitamin C dapat membantu memproduksi kolagen agar kulit tetap lentur dan segar. Selain itu, sebagai sun protection juga.

3. Meningkatkan Mood

meningkatkan mood

meningkatkan mood

Tidak disangka ya, ternyata vitamin C dapat merubah mood seseorang. Hal ini dilakukan oleh beberapa peneliti dari McGill University ketika menerima beberapa pasien rawat inap yang didiagnosa kekurangan vitamin C. Mereka diberi asupan vitamin C dengan kadar 500 mg x 2 setiap harinya, dan secara signifikan pasien-pasien pun merasa suasa hatinya membaik. Ternyata vitamin C dianjurkan untuk mengobati beberapa penyakit psikologis, salah satunya untuk orang-orang yang merasa stress dan gelisah.

 

4. Menurunkan Resiko Serangan Jantung

menurunkan resiko jantung

menurunkan resiko jantung

Serangan jantung adalah sebuah penyakit yang dapat terjadi secara mendadak, salah satu faktornya adalah gaya hidup yang tidak sehat. Serangan jantung terjadi karena radikal bebas yang menempel pada dinding arteri yang jika didiamkan lama akan berubah menjadi plak. Untuk mencegah penyakit jantung, anda dapat mulai konsumsi vitamin C dari sekarang, sehingga antioksidan pada vitamin C dapat mencegah terjadinya tumbuhnya radikal bebas dalam tubuh. Hal ini dapat meminimalisir resiko serangan jantung.

5. Mengontrol Tekanan Darah

mengontrol tekanan darah

mengontrol tekanan darah

Ketidak seimbangan darah akan menyebabkan tensi darah tidak menentu. Penyakit anemia ataupun darah tinggi sering didera oleh orang pada umur 30 tahun ke atas, namun tanpa dibudidayakan olahraga remaja pun terkadang memiliki tensi yang tidak normal. Dengan memakan vitamin C, dapat membantu mengontrol tekanan darah pada tubuh kita. Bila ingin hasil maksimal, anda dapat memulai olahraga secara teratur mulai dari sekarang.

 

6. Mencegah Diabetes

mencegah diabetes

mencegah diabetes

Diabetes adalah penyakit yang biasa diderita orang separuh baya, dikarena kandungan glukosa yang terdapat dalam darah. Vitamin C yang mengandung antioksidan akan membantu menurunkan kadar gula dalam darah, sehingga mengurangi efek buruk penderita diabetes. Tidak hanya karena faktor keturunan, diabetes juga dikarenakan gaya hidup kurang sehat, bagi anda penderita diabetes harus menahan cemilan-cemilan manis mengandung gula agar tidak kambuh-kambuhan. Mungkin agar lebih sehat, anda lebih baik mengganti cemilan anda dengan buah-buahan manis seperti Ceri,.

7. Mencegah Katarak

mencegah katarak

mencegah katarak

Ternyata bukan hanya vitamin A saja yang berguna untuk kesehatan mata ya, pernah merasakan pandangan kabur? Ternyata kekurangan vitamin C juga dapat berpengaruh pada penglihatan lho. Selain dapat mengurangi resiko rabun, ternyata dapat mengurangi resiko terjadinya katarak. Anda yang sering keluar dibawah terik matahari tanpa kaca mata hitam dapat beresiko terjadinya katarak lho. Selain faktor turunan, katarak juga dapat menghantui anda yang tidak memakan gizi yang seimbang. Memang awal terjadinya katarak tidak langsung terlihat bulatan putih ditengah lensa. Tapi tidak ada salahnya jika anda harus berhati-hati dari sekarang.

Untuk anda yang ingin mengkonsumsi vitamin C tanpa campuran bahan kimia, anda dapat langsung mengkonsumsi beberapa buah-buahan berikut:

buah-buahan

buah-buahan

1. Jeruk

2. Strawberry

3. Semangka

4. Melon

5. Kiwi

6. Apel

7. Delima

8. Anggur

9. Pepaya

10. Alpuket

11. Sirsak

12. Mangga

13. Blewah

14. Tomat

15. Jambu Biji

16. Ceri

17. Nanas

Selain buah-buahan, ternyata banyak kok sayuran yang mengandung Vitamin C, diantaranya :

1. Wortel

2. Cabai

3. Kentang

4. Bayam

5. Kacang Polong

6. Lobak

7. Kubis

8. Bunga Kol

9. Paprika

10. Brokoli

Share Ilmu Ke Teman-teman Yuk...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on PinterestShare on StumbleUponShare on TumblrDigg thisShare on LinkedIn

Comments

comments

Be the first to comment on "Masih Berani Sepelekan Manfaat Vitamin C?"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Share Ilmu Ke Teman-teman Yuk
Di Like Yaaa...
Social PopUP by SumoMe