Manfaat Musik Klasik Untuk Kesehatan

musik klasik
musik klasik

Musik klasik adalah suatu alunan musik yang terdengar dengan Nada yang sangat indah dan membantu meningkatkan kecerdasan bagi penikmat musik klasik. Musik klasik sangat berguna bagi Ibu hamil karena jika janin yang berusia 5-6 bulan telah bisa mendengarkan suara dari luar dan janin bisa merespon suara-suara yang mereka tangkap.

 

Setelah melewati suatu penilitian musik klasik memiliki beberapa fungsi, mari kita ulas beberapa kegunaan musik klasik untuk kehidupan sehari-hari dan juga untuk tumbuh kembang otak

piano

piano

1. Musik Klasik Meningkatkan Daya Kreatifitas, Memaksimalkan Fungsi Kerja Otak Kanan

Dalam musik klasik ini, berguna meningkatkan fungsi kerja otak kanan, sehingga anak bisa menyeimbangkan daya fungsi otaknya. Tetapi tidak ada bukti dengan cara mendengarkan musik klasik, otak akan menjadi cerdas. Tetapi musik klasik untuk terapy anak, musik klasik adalah hal yang tepat untuk melatih system kerja otak kanan anak, tetapi 60-80% kecerdasan pada anak berpengaruh dari turunan orang tua. Musik klasik memiliki frekuensi alfa dan theta 5000-8000 Hz. Untuk ibu hamil, lebih baik mendengarkan musik klasik jika dengar melewati speaker baiknya di beri jarak 50 cm dan 30 menit dalam sehari. Jika mendengarkan memakai headset boleh saja di tempel pada perut Ibu hamil. Lebih baik Ibu mendengarkan musik klasik setelah 10 minggu bayi ada dalam kandungan, dan mulai mendengarkan detak jantung Ibunya, mendengarkan desiran darah Ibunya, dan juga bayi bisa merasakan belaian pada perut.

orkestra

orkestra

2. Mengurangi Stress dan Rasa Sakit

Menurut Siegel 1999, musik klasik memiliki gelombang alfa yang bersifat menenangkan fikiran, musik klasik jg bisa menenangkan bayi yang terlahir prematur, hal ini bisa di lihat dari ekspresi bayi saat mendengarkan musik klasik. Penelitian dari 2 Profesor dengan musik klasik bisa menambahkan IQ, dan meningkatkan spiritual Quotient. Musik juga membawa suasana hati, dan bisa menenangkan fikiran,  semua terbukti ketika suatu rumah makan yang di pasang lagu klasik, pengunjungnya lebih banyak daripada rumah makan yang di pasang musik pop, beat, dsb.

3. Musik Dapat Memelihara, Tubuh dan Fikiran

Dengan mendengarkan musik 30menit dalam sehari bisa menyeimbangkan tekanan darah atau hipertensi, dengan mendengarkan musik klasik bisa menenangkan detak jantung yang sedang gelisah, selain itu musik klasik bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Dan bisa membuat para penikmat musik klasik ini menjadi lebih relax dan tenang.

Dengan kata lain, musik klasik sangat membantu untuk menyeimbangkan otak kiri dan kanan, dimana otak kiri berfungsi untuk berfikir sequence, logika dan analisa, sedangkan otak kanan berfungsi di bidang mood, emosi, kreatifitas, visual, ruang, dll. Agar anak dan diri kita sendiri ingin lebih melatih otak, tidak ada salahnya selalu mendengarkan musik klasik dimanapun berada, kapanpun di waktu santai. Untuk bisa lebih melatih daya kerja otak tanpa harus mengeluarkan biaya mahal, tidak ada salahnya untuk menjadi penikmat musik klasik dan rasakan sendiri perbedaan otak setelah menikmati musik klasik.

Semoga ulasan ini memberi berbagai manfaat untuk para pembaca agar lebih bisa memaksimalkan fungsi musik klasik.

 

 

 

 

 

Comments

comments

Be the first to comment on "Manfaat Musik Klasik Untuk Kesehatan"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Share Ilmu Ke Teman-teman Yuk
Di Like Yaaa...
Social PopUP by SumoMe