Manfaat Biji Pepaya Dapat Membantu Kesehatan Dari Dalam

buah pepayabuah pepaya
Share Ilmu Ke Teman-teman Yuk...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on PinterestShare on StumbleUponShare on TumblrDigg thisShare on LinkedIn

Pepaya adalah salah satu buah-buahan yang dapat anda manfaatkan untuk berbagai kebutuhan anda, mulai dari kecantikan dan kesehatan. Buah yang satu ini berasal dari Meksiko, dikembangbiakan ke seluruh daerah tropis. Menurut Wikipedia, kata “pepaya” di ambil dari Papaja yang berasal dari Bahasa Belanda. Jika diterjemahkan ke dalam Bahasa Sunda menjadi Gedang. Pepaya kerap kali menjadi salah satu bahan sayuran oleh orang Manado. Aneh ya? Hal itu karena kandungan pepaya sangat kaya akan manfaatnya. Selain itu, ternyata daun dan biji pepaya juga banyak khasiatnya juga lho. Namun siapa sangka ternyata biji pepaya sangat baik untuk kesehatan? Mari kita ulas beberapa manfaat biji pepaya.

Manfaat Biji Pepaya :

1. Mencegah Infeksi Parasit

mencegah infeksi parasit

mencegah infeksi parasit

Biji pepaya mengandung antibakteri yang dapat membunuh parasit beserta telurnya. Parasit yang tertanam dalam tubuh masuk melalui makanan yang anda konsumsi, efek yang terasa adalah ketika anda sulit buang air besar. Karena sulitnya buang air besar tidak hanya karena kekurangan nutrisi dan serat. Namun karena adanya cacing parasit dan amuba didalam usus besar. Kandungan enzim proteolitik yang tinggi dalam biji pepaya sangat efektif melancarkan buang air besar dan memecah limbah protein sehingga saluran pencernaan anda lancar. Wow, kalau pencernaan anda lancar, sama saja anda diet sehat tanpa harus menahan cemilan-cemilan yang menggugah selera makan anda. Anda dapat siapkan buah pepaya sebagai cemilan penutup, tidak lupa memakan bijinya, di akhir artikel akan ada cara memakan biji pepaya agar tidak terasa pahit.

2. Mengobati Sirosis Hati

mengobati sirosis hati

mengobati sirosis hati

Sirosis hati adalah kerusakan hati yang berjangka panjang bahkan menahun. Dimana hati mengeras dan menyusut, bila didiamkan cepat lambat akan mengalami disfungsi. Penyebab terjadinya sirosis hati adalah adanya virus Hepatitis B, virus Hepatitis C, dan terlalu banyak mengkonsumsi minuman beralkohol. Jika hati sudah mengalami kerusakan, itu artinya tubuh anda tidak akan membersihkan racun yang hinggap didalam tubuh. Sudah terbayang apa yang akan terjadi kan? Sebelum hati anda lebih parah, anda dapat mengkonsumsi biji pepaya.

3. Mengatasi Uban

mengatasi uban

mengatasi uban

Uban, siapa yang tidak tau uban? Rambut yang tumbuh berwarna putih, rata-rata orang yang beruban adalah orang yang telah separuh baya. Namun zaman sekarang, dimana banyak hal yang sudah terkontaminasi oleh racun membuat seseorang lebih cepat mendapatkan uban sejak usia dini. Dan perlu anda ketahui penyebab datangnya uban adalah stress, menopause dini, pewarna rambut, gaya hidup tidak sehat, merokok, kekurangan vitamin A dan vitamin C, penyakit tiroid dan faktor genetik. Jika anda merasa keseharian anda terlalu dengan berbagai penyebab diatas, anda harus lebih waspadai tumbuhnya uban dari sekarang. Dipercayai, kandungan biji pepaya dapat membantu keseimbangan hormon.

Caranya : tumbuk biji pepaya sampai halus, lalu keringkan. Gunakan bubuk biji pepaya seperti menggunakan kondisioner, lalu gunakan sampo sampai bersih.

4. Menjaga Fungsi Ginjal

menjaga fungsi ginjal

menjaga fungsi ginjal

Beberapa penelitian mengatakan biji pepaya dapat menjaga kesehatan ginjal, bahkan menjaga dari gagal ginjal. Rata-rata orang tua tidak bisa menahan kencing, itu sudah mungkin faktor ginjal yang sudah kurang sehat. Seperti yang anda ketahui masing-masing orang diberi 2 buah ginjal yang ukurannya sebesar kepalan tangan kita, fungsi dari ginjal itu sendiri menyaring limbah dan air. Limbah dari air dibuang yang akhirnya menjadi urin. Dari hal seperti ini anda tau bahwa sudah sangat besar manfaat ginjal anda, salah satunya dapat menyeimbangkan kebutuhan tubuh dan membuang racun. Jika tidak ada ginjal, tubuh akan menyimpan banyak racun. Dan kandungan biji pepaya mengandung antibakterial, jika sering anda konsumsi, perlahan tubuh akan membuang bakteri-bakteri penyebab kerusakan ginjal.

Cara Memakan Biji Pepaya Agar Tidak Terasa Pahit :

1. Memakan Biji Pepaya Mentah-mentah

Cara ini lebih condong membentuk suatu kebiasaan, dimana anda mulai memakan biji pepaya yang berbentuk kecil terlebih dahulu. Sebabnbiji pepaya yang lebih kecil tidak terlalu pahit, namun anda tetap harus mengunyah biji tersebut hingga halus. Cara ini bisa anda gunakan, bila anda malas mencampurkan dengan bahan lain. Cara ini lebih simpel, anda dapat makan biji pepaya dimanapun anda berada tanpa harus menyiapkan bahan pembantu.

2. Campurkan Dengan Madu

Cara ini cukup mudah, karena hanya memberi madu pada biji pepaya. Kira-kira tambahkan 1 sendok teh madu, hal ini berguna untuk menghilangkan rasa pahit pada biji pepaya. Namun anda tetap harus mengunyahnya. Adapun alternatif lain, tumbuk biji pepaya hingga halus, lalu beri madu. Cara ini cocok untuk anda yang ingin menghilangkan parasit di saluran pencernaan anda.

3. Jadikan Biji Pepaya Sebagai Pengganti Lada

Bila anda senang memasak, cara ini tepat digunakan ditengah kegiatan memasak anda. Yup, ganti bumbu lada anda dengan biji pepaya sebagai bumbu masakan anda!!! Tentu tidak akan terasa pahit, malah jauh akan lebih enak. Namun, memang rasa lada dan biji pepaya jauh beda. Oleh karena itu, anda hanya tambahkan beberapa sendok biji pepaya, karena jika terlalu banyak sangat di khawatirkan mengubah rasa masakan anda.

4. Sebagai Bumbu Masakan Daging

Cara ini seperti pengganti lada, namun ternyata biji pepaya mengandung papain yang menambah kelunakan daging. Jika anda ingin membuat steak, 2 porsi steak untuk 2 orang. Anda dapat menambahkan 1 sendok biji pepaya yang telah ditumbuk halus, ditambah sedikit minyak zaitun.

 

Share Ilmu Ke Teman-teman Yuk...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on PinterestShare on StumbleUponShare on TumblrDigg thisShare on LinkedIn

Comments

comments

Be the first to comment on "Manfaat Biji Pepaya Dapat Membantu Kesehatan Dari Dalam"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Share Ilmu Ke Teman-teman Yuk
Di Like Yaaa...
Social PopUP by SumoMe