Makanan Dan Minuman Yang Jangan Dikonsumsi Saat Flu

flu anak

Flu adalah salah satu penyakit yang sangat sering dijumpai dikalangan anak-anak hingga dewasa, flu atau yang biasa disebut pilek semacam penyakit yang menular yang menyerang sistem pernafasan, salah satu gejalanya hidung meler. Flu berasal dari ratusan macam jenis virus dari tipe A, tipe B, dan tipe C salah satunya virus influenza. Tetapi penyakit ini biasanya mereda sekitar 7 hingga 10 hari dan beberapa gejala ada yang mencapai 3 minggu.

Disini kita akan mengulas beberapa minuman dan makanan yang tidak diperbolehkan dikonsumsi saat terkena flu karena beberapa minuman dan makanan yang menurut kita baik untuk dikonsumsi ternyata akan berakibat memperburuk kondisi bila dikonsumsi ditengah flu.

Beberapa jenis minuman dan makanan yang tidak boleh dikonsumsi :

1. Gorengan

gorengan

gorengan

Selain memiliki banyak kandungan lemak, ternyata gorengan adalah salah satu cemilan yang dapat memperlambat proses pencernaan sehingga menyulitkan tubuh untuk mengeluarkan virus flu dari dalam tubuh. Gorengan tidak hanya dominan pada tahu dan bala-bala atau pisang bolen, segala makanan yang digoreng umumnya mengurangi kadar nutrisi dalam makanan tersebut, sebaliknya kadar kalori jauh meningkat, berakibat tidak sehat untuk pencernaan terutama seseorang yang mengalami diet ketat.

 

2. Kafein

kopi

kopi

Kafein dominan dengan kopi, kopi memiliki kandungan kafein banyak yang dapat membuat tubuh dehidrasi, sebaliknya dengan tubuh yang sedang mengalami flu, tubuh membutuhkan cairan lebih banyak, dengan banyak minum air putih atau teh herbal dapat secara perlahan mengembalikan tubuh kembali sehat. Selain kopi, soda juga mengandung kafein, hanya saja soda membuat gatal pada daerah tenggorokan, jadi baiknya hindari kopi dan soda ketika mengalami flu.

 

3. Susu

susu

susu

Susu yang biasanya sehat untuk kesehatan tulang dan gigi, dibalik itu ternyata susu tidak diperbolehkan dikonsumsi saat terkena flu, hal ini dikarenakan susu memperbanyak dahak pada tenggorokan yang menyebabkan rasa gatal. Selain itu, susu membuat lendir pada paru sehingga virus lebih bertahan lama karena virus bertahan lama dikondusi lembab dan hangat. Mengganti susu dengan air putih tentu akan bermanfaat sekali sampai beberapa minggu setelah penyakit flu sembuh.

 

 

 

4. Daging

daging

daging

Lemak yang terkandung dalam daging akan memperlambat proses penyembuhan tubuh dari penyakit, daging goreng juga dapat menyebabkan gatal pada tenggorokan karena kandungan minyak berlebih, untuk mengatasinya lebih baik mengganti daging dengan mengkonsumsi sayur-sayuran atau buah-buahan yang mengandung oksidan sehingga mempercepat penyembuhan.

 

 

Comments

comments

2 Comments on "Makanan Dan Minuman Yang Jangan Dikonsumsi Saat Flu"

  1. infonya bermanfaat, makanan yang telah disebutkan memang harus dihindari ketika flu. terlebih bagi ibu hamil, pengobatan flu harus mendapat perhatian khusus karena tidak boleh minum sembarang obat

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Share Ilmu Ke Teman-teman Yuk
Di Like Yaaa...
Social PopUP by SumoMe