Macam-macam Penyakit Mata

mata sehat
mata sehat

Penyakit mata banyak penyebabnya, ada yang menular dan tidak menular. Ada pula yang disebabkan karena bakteri dan alergi. Dari tingkat bahayanya ada yang kronis dan tidak, hingga dapat menyebabkan kebutaan. Banyak penyakit matayang mematikan juga, karena infeksi bakteri, untuk pencegahannya jagalah kebersihan mata dan sering mencuci muka. Apa arti keindahan bila tidak bisa melihat keindahan tersebut.

 

Beberapa penyakit mata berikut ini :

1. Miopi

miopi

miopi

Miopi atau dikenal dengan rabun jauh, pada penyakit ini penderita tidak dapat melihat benda-benda yang jauh, hal ini dikarenakan mata tidak dapat dapat menampung cahaya tepat retina. Bentuk bola mata yang berubah menjadi panjang menyebabkan cahaya dari benda jatuh depan retina. Cara penanggulangannya memakai kacamata negatif untuk membantu pantulan bayangan jatuh kepada retina. Faktor terjadinya penyakit miopi bisa jadi karena keturunan, dan seseorang yang sering berada depan komputer dengan jangka waktu yang lama cenderung mengalami miopi.

2. Presbiopi

presbiopi

presbiopi

Presbiopi (mata tua) adalah penyakit mata yang tidak dapat melihat benda-benda yang berjarak dekat maupun jauh. Hal ini dikarenakan lensa yang tidak bisa memipih dan mencembung. Hal ini dapat ditolong dengan penggunaan kacamata yang berlensa rangkap. Biasanya dengan makin bertambahnya umur, maka tingkat kesukaran mata makin tinggi.

 

 

3. Buta warna

pengobatan buta warna

pengobatan buta warna

Buta warna adalah istilah kepada seseorang yang tidak bisa membedakan warna 1 dengan yang lain. Penyakit buta warna biasanya diderita karena faktor genetis, penyakit ini ketidakmampuan sel-sel kerucut mata untuk menangkap pantulan warna. Buta warna terjadi karena retina pada mata yang terdiri dari sel batang dan sel kerucut tidak peka terhadap cahaya.

 

 

4. Rabun senja

rabun senja

rabun senja

Rabun senja adalah ketidakmampuan melihat dengan baik pada malam hari atau jika kekurangan sumber pencahayaan. Pada umumnya, rabun senja terjadi karena sel-sel batang yang ada pada retina tidak dapat merespon cahaya yang masuk. Orang yang sedang dalam pengobatan Gleukoma biasanya mengalami rabun senja, hal ini karena mengecilnya pupil. Penyebab rabun senja diantaranya kekurangan vit A atau tubuhnya tidak bisa menyerap vit A yang terkandung dalam makanan, katarak, ketidakfungsian sel batang pada retina, miopi atau hipermetropi juga dapat beresiko mengalami rabun senja. Untuk pencegahan terjadinya penyakit ini tergantung dari tingkat penyakitnya, untuk rabun jauh dan dekat bisa konsultasi kepada dokter, untuk yang mengkonsumsi obat gleukoma bisa berhenti penggunaan obat dan diganti dengan yang lain, perbanyak konsumsi vit A, dan bila katarak segeralah dilakukan operasi katarak.

5. Konjungtivitis (menular)

Konjungtivitis

Konjungtivitis

Konjungtivis adalah infeksi mata yang menular yang disebabkan oleh virus konjungtiva. Konjungtiva adalah selaput mukosa yang menutupi bagian warna putih mata. Penyakit ini sering ditemui pada anak-anak dan remaja, ciri-cirinya pada awalnya mata akan terasa merah, bengkak dan gatal, walau penyakit ini tidak termasuk serius, tetapi sangat mengganggu, karena mata terasa ada yang mengganjal dan membesar, disertai keluarnya cairan bening yang terus-terusan, walau penyakit ini menyerang 1 mata, biasanya 1 mata yang lain ikut tertular. Penyakit yang cenderung disepelekan ini bila dibiarkan lama akan merusak kornea mata, pengobatan secara cepat, bila terkena penyakit ini putuskan berdiam diri di dalam kamar, atau memakai kacamata hitam bila keluar, lakukan pengompresan dengan air dingin untuk mengurangi rasa bengkak, dan bersihkan air bening dari mata dengna tisu, oleskan dengan salep antibiotik atau tetes mata antibiotik untuk mata merah tetapi jangan menggunakan tetes mata dan salep secara bersamaan, sering-sering basuh mata dengan air.

6. Trakoma (menular)

trakoma

trakoma

Infeksi mata yang berkembang biak di linkungan kotor atau daerah yang kotor biasanya penyakit ini banyak diderita pada negara berkembang, infeksi ini diakibatkan oleh virus Chlamydia trachomatis. Ciri-ciri gejalanya yaitu, mata memerah, bengkak, kelopak mata membengkak, pembengkakan kelenjar getah bening, mengeluarkan kotoran dari mata, dan kornea mata menjadi keruh. Pencegahan timbulnya penyakit ini adalah tidak melakukan kontak langsung dengan penderita trakoma karena penyakit ini menular, lingkungan yang kotor dengan memakai kosmetik dan handuk secara bersama-sama.

7. Selulitis Orbitalis (SO)

Selulitis Orbitalis

Selulitis Orbitalis

Selulitis orbitalis mencangkup peradangan disekitar bola mata. Penyebab terjadinya penyakit ini karena pemicu dari sinus, gigi dan aliran darah. Gejala-gejala yang terlihat pada penderita penyakit ini adalah ruang lingkup pergerakan bola mata yang terbatas, demam, bola mata yang membengkak dan terlihat berwarna ungu atau merah, bila tidak ada penanganan secara cepat maka penyakit ini akan mengalami kebutaan atau pembekuan otak, dan infeksi otak.

 

8. Blefaritis

Blefaritis

Blefaritis

Blefaritis adalah peradangan pada kelopak mata. Penyakit ini dikarenakan peningkatan bakteri di dekat kelopak mata sehingga menimbulkan minyak yang berlebihan didalam kelenjar kelopak mata. Gangguan yang terjadi karena adanya bakteri, penyakit ini bisa terjadi juga karena infeksi staphylococcus yang terjadi di kelopak mata, infeksi virus herpes simpleks, dan alergi. Gejala-gejala yang ditimbulkan adalah seperti ada hal yang mengganjal dimata, kelopak mata terasa merah, gatal dan panas. Mata mengeluarkan air dan sensitif terhadap cahaya. Penyakit ini bila tidak segera ditanggulangi akan terjadi kehilangan penglihatan, kerontokan bulu mata, dan kelopak mata sulit dibuka. Lebih baik segera check dokter spesialis bila terjadi gejala awal

9. Dakrosistitis

Dakrosistitis

Dakrosistitis

Dakrosistitis adalah infeksi pada kantung mata. Penyebabnya adalah penyumbatan pada saluran mata dan hidung. Penyakit ini bisa terjadi tiba-tiba dan dialami dalam waktu yang lama, umumnya infeksi ini ringan tetapi terkadang terjadi infeksi berat, membentuk kumpulan nanah pada kulit, infeksi yang berulang akan mengalami ketebalan dan membengkak pada kantung mata karena tidak mengalirnya air mata pada hidung.

 

10. Ulkus Kornea (UK)

ulkus kornea

ulkus kornea

Ulkus kornea adalah luka yang terdapat pada lapisan kornea. Terjadinya penyakit ini disebabkan karena mata kering, kekurangan vit A, infeksi bakteri. Gejala yang diderita pada penderita ini adalah mata menjadi merah, nyeri, seperti ada sesuatu dalam mata, gangguan penglihatan, gatal, mata kotor, dan lain-lain.

Comments

comments

4 Comments on "Macam-macam Penyakit Mata"

  1. nita nur habibah | October 5, 2015 at 14:03 | Reply

    Anak saya mata nya selalu keluar air mata trus dan kadang sk keluar kotoran seperti belek,tp mata nya ga merah,itu knp ya?tgl info nya

  2. eye care softgel | February 23, 2016 at 11:29 | Reply

    dok terimakasih informasi kesehatannya…

  3. thank ya dok…

  4. Pilihan Kacamata Berkualitas dan Pelayanan Terbaik di Optik Tunggal | March 5, 2018 at 12:52 | Reply

    Wah kita harus bisa menjaga kesehatan mata supaya tidak terkena penyakit mata kayak diatas nih.. Terimakasih infonya..

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Share Ilmu Ke Teman-teman Yuk
Di Like Yaaa...
Social PopUP by SumoMe