Kandungan Pada Rokok

bahaya merokok
bahaya merokok

Anda perokok atau mau mulai mencoba merokok dengan tersugesti bahwa rokok dapat membantu menghilangkan stress? Sebelum melakukan tindakan tersebut, mari mengulas zat-zat kimia yang terkandung pada asap rokok.

Rokok mengandung sekitar 4000 elemen, dimana 200 elemen berperan merusak kesehatan tubuh. Sudah anda ketahui, bahwa racun utama pada rokok adalah tar, nikotin dan karbon monoksida. Walau zat yang terkandung dalam rokok sedikit tetapi dengan mengkonsumsi rokok secara terus menerus akan berdampak negatif pada tubuh.

Zat-Zat yang terkandung dalam rokok, diantaranya :

rokok

rokok

Karbon monoksida

Rumus Kimia CO, sejenis gas yang tidak berbau, tidak berasa, dan tidak berwarna. Menurut Wikipedia gas ini dihasilkan dari pembakaran tidak sempurna dari senyawa karbon, pada sebatang rokok memiliki kandungan karbon monoksida 3-6% saja, gas ini dapat terhisap oleh perokok atau orang-orang di sekitar.

Nikotin

Nikotin adalah zat candu yang sangat kuat, lebih kuat dari heroin dan kokain. Perusahaan-perusahaan rokok biasanya memberi kadar nikotin pada rokok biar memberi dampak rasa yang tetap sama, mereka pun tidak bisa memastikan berapa kadar nikotin pada setiap batangnya.

Pada hisapan pertama zat nikotin akan terstimulasi pada otak dan tubuh anda agar lebih rileks. Selain itu nikotin pada rokok akan mempengaruhi hormon-hormon yang di produksi oleh tubuh, hal ini menciptakan keseimbangan hormon dan kimia nikotin pada tubuh, sehingga perokok berat akan menyebabkan ketergantungan hormon yang sangat tinggi hal ini terjadi karena pengaruh nikotin itu sendiri.

Nikotin rokok juga berpengaruh pada mood tubuh, metabolisme otak dan kemampuan bertindak. Tetapi bila di konsumsi dalam jangka panjang dan lebih sering maka sangat rentan bagi perokok terkena penyakit paru-paru, jantung, stroke dan berbagai macam penyakit lainnya.

Tar

Tar adalah kumpulan senyawa kimia yang bisa mengendap dalam tubuh karena tar ini bersifat korsinogen. Ketika menghisap rokok, tar akan masuk pada rongga mulut dan ke tenggorokan menjadi sekumpulan endapan, tar yang menyebabkan faktor utama radang gusi, hal ini karena tar bertumpuk di gusi dan membuat segumpulan plak dan timbulnya bakteri.

Kadmium

Kadmium adalah zat beracun yang sering di pakai pada batrei, dan digunakan pada rokok, jika tubuh mengkonsumsi zat ini secara terus menerus maka akan merusak ginjal.

Akreloin

Zat yang tidak berwarna, zat ini biasa di ambil dari kandungan alkohol, artinya zat ini adalah alkohol yang cairannya telah di ambil.

Amoniak

Amoniak adalah perpaduan zat hydrogen dan nitrogen, bila zat ini masuk ke adalam peredaran darah maka penderitanya akan merasakan koma atau pingsan. Biasanya zat amoniak ini biasa digunakan untuk pembersih toilet dan jendela.

Sianida

Zat ini biasa di gunakan dalam pembuatan plastik, sianida adalah racun yang mematikan pada efek-efek tertentu zat ini bisa membunuh manusia hanya dalam waktu 15 menit. Zat ini akan memperhambat penyerapan oksigen dalam tubuh.

Benzene

Zat kimia ini sering di sebut senyawa bensol, zat ini tidak berwarna, gampang terbakar dan berbau manis. Benzene adalah salah satu jenis hidrokarbon aromatik, dan salah satu komponen minyak bumi. Zat ini sangat penting di gunakan di dunia industri.

Carcinogens

Zat ini bisa memicu tumbuhnya kanker dalam tubuh, dan terkandung pada asap rokok. Walau kesempatan terjadinya kanker selalu ada, tetapi potensi kanker tiap orang berbeda-beda tergantung dari lingkungan dan individual manusia itu sendiri, makin besar lingkungan yang berpotensi timbulnya dampak kanker, makin besar pula kemungkinan terjadinya kanker.

Metanol

Metanol adalah cairan alkohol yang sangat ringan yang bersifat mudah terbakar, mudah menguap, berbau khas dan beracun. Zat ini biasa digunakan untuk bahan bakar dan bahan pendingin anti beku.

Insektisida

Zat yang biasa digunakan untuk membunuh serangga.

Formaldelhida

Zat ini biasa disebut dengan Formalin, biasanya zat ini digunakan untuk membunuh bakteri. Pada rokok, kandungan ini akan merdampak nafas pendek, hiportemia dan kanker hidungan dan radang tenggorokan.

Arsenik

Zat ini biasa dipakai untuk racun tikus. Pada zaman dulu zat ini digunakan untuk membunuh lawan-lawannya karena zat ini sulit terdeteksi.

stop merokok

stop merokok

Itulah beberapa kandungan pada roko dan asapnya, semoga artikel ini bermanfaat dan tidak membuat ada keinginan untuk mencoba walau satu batang rokok. Semoga bermanfaat.

 

 

Comments

comments

2 Comments on "Kandungan Pada Rokok"

  1. adedwiqueentana | November 9, 2015 at 13:22 | Reply

    hindari rokok secepatnya sebelum kalian kecanduan

  2. zat zat sangat berbahaya semua ya

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Share Ilmu Ke Teman-teman Yuk
Di Like Yaaa...
Social PopUP by SumoMe