Dampak Warna Dalam Kehidupan Sehari-hari

warna abstrak
warna abstrak

Sejarah warna pada tahun 1966 ketika ilmuwan inggris yang bernama Sir Isaac Newton, menemukan ketika cahaya putih yang dipantulkan dari prisma, dia memisahkan cahaya warna-warna yang terlihat, dan Newton menemukan bahwa warna memiliki panjang gelombang, warna-warna tersebut tidak bisa dipisahkan pada warna-warna lain. Hal ini terbukti dari perpaduan 1 warna dengan warna lain yang menghasilkan warna berbeda. Perpaduan warna disebut dengan metamer. Tetapi beberapa warna seperti kuning dan ungu tidak dapat tercampur maka warna tersebut akan menghasilkan warna putih. Perpaduan warna ini terkadang dikenal dengan perpaduan warna atau pelengkap.

sir isaac newton

sir isaac newton

Disekeliling kita terdapat berbagai warna dan tiap warna berdampak berbeda-beda terhadap psikologis manusia. Sebelum ulas lebih dalam tentang warna, musti diketahui definisi warna adalah bagian sinar yang terpantul dari suatu pigmen pada permukaan benda. Warna suatu benda diukur dari tingkat kecerahan yang dipengaruhi oleh warna hitam dan putih. Didunia ini terdapat 7 juta warna dan jika mata manusia yang normal mereka dapat menangkap warna dan menyadari itu.

Uraian tentang warna, warna bisa mempengaruhi tentang kinerja karyawan pada dunia kerja, pada kehidupan sehari-hari warna berpengaruh kepada psikologis seseorang. Dari warna bisa menimbulkan dampak sedih, senang, gembira, dan lain-lain. Dan warna juga bisa merangsang kerja otak manusia, maka dari itu warna tembok, meja dan lantai yang terpasang didunia perkantoran kerap kali berwarna yang terang sehingga menghasilkan lingkungan kerja yang nyaman.

 

Beberapa fungsi warna dalam kehidupan sehari-hari

  • Untuk meningkatkan konsentrasi

Kuning adalah warna yang tepat untuk meningkatkan konsentrasi pada otak, memori dan kepercayaan diri. Tempelkan warna kuning pada meja belajar atau di meja kerja maka pengaruh kepada otak lebih konsentrasi dan mempertajamkan daya ingat. Dalam kehidupan fashion, baju atau gaun kuning tepat untuk meningkatkan rasa percaya diri.

  • Untuk meningkatkan nafsu makan
warna

warna

Bisa diambil contoh dari restoran yang berdekorasi dari warna yang terang-terang. Dan itu artinya warna yang terang seperti warna merah, orange, kuning itu membuat tingkat makan bertambah. ketiga warna tersebut telah terbukti merangsang sistem saraf dan menambah nafsu makan.

  • Agar tetap semangat

Jika hari-hari anda sibuk dan tetap ingin bersemangat maka dekatkan pada warna-warna jeruk orange. Dan hitam menunjukan suatu kekuatan dan penguasaan. Itu artinya warna orange dan hitam  bisa dikombinasikan agar hari-hari tetap semangat dan kerja secara optimal. Hitam memberi semangat dan kekuatan dengan kombinasi warna jeruk orange agar tetap semangat ditengah kesibukan. Warna abu-abu dapat digunakan untuk fikiran tenang, warna ini cocok untuk orang-orang yang bermeditasi.

  • Agar terlihat tenang dan alami

Warna biru dan hijau, warna yang cocok digunakan untuk diruangan kamar, agar terjauhi dari stres dan memberi kesan tenang, sehingga bisa tidur tanpa teringat fikiran-fikiran negatif yang pemicu stres. Dekorasi ruang kamar ini cocok untuk anak-anak yang hiperaktif, untuk orang tua yang gampang kelelahan juga bisa memakai kombinasi biru dan hijau untuk kamar tidurnya.

Warna-warna dan dampak secara psikologi :

merah

merah

Merah

Merah sering diartikan powerful, energik, kehangata, gairah dan agresif. Warna merah dapat memicu metabolisme seseorang, memicu emosional dan pusat perhatian. Warna merah dapat menstimulant seseorang untuk lebih aktif dan semangat, namun dampak negatifnya warna merah cepat memicu emosional seseorang sehingga gampang marah.  Warna merah sering diartikan warna intim, ini karena faktor warna tersebut meningkatkan gairah seseorang. Seperti dalam bahasa inggris, kata merah dapat dikombinasikan dengan red-hit, red-handed dan redneck.

 

kuning

kuning

Kuning

Efek kuning dalam kehidupan sehari-hari memberikan dampak positif pada pikiran seseorang, memberi kesan percaya diri, dan memberi dampak suatu harapan. Salah satu warna cerah ini juga memicu otak agar lebih waspada pada lingkungan sekitar. Warna kuning juga dapat menarik perhatian, hal ini karena warna ini lebih terang dari warna lain. Warna kuning juga sangat atraktif, hiperaktif dan memberi kesan sporti. Warna kuning juga bisa menstimulant konsentrasi, biasanya orang-orang yang suka warna kuning memiliki kepribadian yang tenang namun sangat waspada. Untuk penyuka warna ini biasanya memiliki sifat riang dan hangat. Tetapi warna ini membuat mata lelah, karena terlalu banyak pantulan cahayanya.

 

hijau

hijau

Hijau

Warna hijau adalah warna yang menunjukan kemurnian, hijau dapat menstabilkan keadaan dan keharmonisan dalam pergaulan. Warna hijau sangat menyejukan saraf karena warna ini tidak terlalu gelap dan tidak terlalu terang, dapat menciptakan efek tenang dan kesembuhan. Hijau biasanya digunakan untuk melambangkan alam, kehidupan alam, kesehatan dan kecembutuan. Warna ini biasanya digunakan untuk dekorasi-dekorasi kantor karena memberikan kesan rileks dan bersahabat. Dan orang-orang yang sering melihat pemandangan yang hijau-hijauan biasanya memiliki sifat lebih rileks, dan jarang memiliki keluhan sakit kepala dan sakit perut. Gunakan warna hijau pada ruangan kamar agar dapat memberi ketenangan sehingga otak lebih rileks sepulang kerja.

 

biru

biru

Biru

Biru menyimbolkan rasa percaya diri, konsistem, tegas dan konsentrasi. Tetapi dampak negatifnya biru tidak memiliki sifat supel dalam bergaul, menimbulkan perasaan menjaga jarak dengan lingkungan sekitar, tidak memiliki ambisi tinggi, dan biru memicu timbul rasa keragu-raguan. Warna ini memberikan efek yang menenangkan, tetapi belum tentu dengan kombinasi-kombinasi warna biru lainnya seperti biru langit malam memberi kesan lebih konservatif dan seriusan. Biru lebih dominan disukai oleh kaum pria karena lebih banyak memberikan ketenangan dalam bertindak, dan memberi perasaan tenang. Hasil penelitian membuktikan dengan keadaan kantor yang penuh dengan warna biru membuat karyawan lebih konsentrasi dan menimbulkan keadaan yang tenang bagi situasi kantor. Tetapi negatifnya warna biru ini dapat menyebabkan seseorang sedih, dan acuh tak acuh.

 

putih

putih

Putih

Warna putih dominan bersih, tenang, dingin dan agak tertutup. Putih sering dilambangkan dengan kesucian dan kemurnian, oleh sebab itu warna ini sering digunakan pada tembok masjid agar memberi dampak lebih tenang. Rumah sakit juga sering menggunakan putih pada warna temboknya agar memberi kesan bersih dan steril. Tetapi negatifnya putih memberi kesan dingin.

 

 

 

orange

orange

Orange

Warna orange memberikan kesan keceriaan, sifat ambisi dan lebih energik. Orange sering dikaitkan dengan rangsangan dan sensualitas. Memberi kesan sikap yang menyenangkan, dan warna ini juga memicu selera makan seseorang, memberi keakraban dan kenyamanan. Warna orange memberikan kesan dinamis pada seseorang dan berani tampil beda. Warna orange adalah hasil dari kombinasi dari merah dan kuning.

 

 

cokelat

cokelat

Coklat

Warna coklat identik dengan kayu dan tanah, yang artinya warna ini bersifat natural, sederhana, dan dapat dipercaya. Warna coklat sering kali disamakan dengan warna hitam karena perbedaan yang sangat tipis, tetapi warna coklat memiliki artian beda dengan hitam. Seseorang yang menyukai warna coklat pastilah memiliki kelembutan dan kesederhanaan.

 

 

 

 

 

ungu

ungu

Ungu

Zaman dulu warna ini simbol untuk orang-orang yang single, tetapi hal itu jauh dengan arti dibalik warna ungu. Ungu diartikan sebuah royality, kekayaan, spiritual, dan kearifan. Dampak jika memakai baju ungu, maka akan timbul rasa percaya diri. Dan bila terjadi fenomena alam yang menghasilkan warna ungu, maka akan memberi kesan artifisial dan eksotik.

 

 

 

hitam

hitam

Hitam

Warna hitam memberikan kesan keanggunan, elit, keteguhan dan mempesona. Namun dampak negatifnya bila berkumpul dengan yang disukai maka akan lebih lincah, kebalikan dengan yang tidak disukai mungkin akan lebih murung, warna hitam juga membuat lebih cepat putus asa, sedih, stres, depresi, hampa, dosa, takut, dan identik dengan kematian. Hitam memiliki sifat menyerap warna lain, hitam juga biasa digunakan dalam simbol kejahatan dan horor.

Comments

comments

1 Comment on "Dampak Warna Dalam Kehidupan Sehari-hari"

  1. dewi kamal | June 19, 2014 at 06:59 | Reply

    boleh tau gak, ini sumber ilmiah atau gak ? kalo bisa, referens nya jg d share dong. soalnya ini mau aku masukiin di bab dua penelitian yang lagi aku buat

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Share Ilmu Ke Teman-teman Yuk
Di Like Yaaa...
Social PopUP by SumoMe