Dampak Negatif Dan Positif Patah Hati Pada Remaja

it hurts
it hurts

It hurts. Begitulah remaja mengekspresikan dirinya bila mengalami patah hati terlebih lagi jika dia sedang mengalami masa remaja. Patah hati adalah suatu emotional yang mendalam yang sering dialami semua orang ketika orang tersebut mengalami kehilangan, diasingkan, perceraian atau ditolak oleh seseorang yang dia sukai. Sedih adalah salah satu dari patah hati, walau seseorang sering mengalami hal tersebut, tetapi biasanya tidak ada dampak fisik yang merusak karena patah hati, namun untuk sebagian orang mengalami sakit jantung mendalam bila mengalami hal tersebut, adapun sakit secara emotional yang cenderung trauma berkepanjangan.

it hurts

it hurts

Manusia terkadang tidak menyadari dengan hal yang dia rasakan dalam hal patah hati atau mencintai. Salah satu contoh dapat diambil dari kisah seorang pria yang mencintai wanita selama 6 tahun tanpa dia sadari. Freud mengutarakan dalam bukunya ” kita harus menyadari esensi terhadap emosi, namun kita juga bisa saja tidak merasakan perasaan yang sedang kita miliki”

Manusia terkadang mengutarakan bahwa patah hati itu hal yang sakit, tetapi logikanya patah hati timbul dari hati, hati menyampaikan pada otak, dan otak menyampaikan pada tubuh terhadap rasa perih. Itulah mitos patah hati itu sakit.

Beberapa dampak psikologis terhadap seseorang yang mengalami patah hati :

1. Grieving process

grieving process

grieving process

Dimana yang sedang patah hati mengalami perubahan prilaku, daya pandang, pola berfikir, dan sebagainya. Hal ini dikarenakan ketidakstabilan emotional yang dia alami yang disebut “Galau”

 

 

 

 

 

2. Depresi

depresi

depresi

Dalam tahap selanjutnya, penderita mengalami depresi dimana dia merasakan ketidak mampuan, kesia-siaan, hal yang tidak berguna, frustasi, penyesalan yang mendalam. Hati yang berusaha menerima keadaan tidak menerima keadaan tersebut. Tingkat kedepresian beraneka ragam, karena hal yang lebih parah patah hati dapat menyebabkan kematian karena shock mengalami kehilangan seseorang secara mendadak. Tanpa ada gejala-gejala seperti penyakit, hal ini yang musti dicegah bagi semua orang yang rentan mengalami depresi tinggi.

 

 

3. Penolakan

penolakan

penolakan

Pada proses ini, penderita biasa tidak menerima keadaan, penolakan yang teramat sangat dan ada keinginan untuk mengubah suatu keadaan dibarengi dengan halusinasi dan khayalan tingkat tinggi. Pada proses ini, penderita harus lebih menyadari diri sendiri dan membentuk diri menjadi seseorang yang lebih lapang dada, karena hal seperti ini akan terjadi pada semua orang. Dan harus dihindari bila fikiran menolak dengan keadaan, diusahakan untuk melakukan penenangan diri dengan cara sendiri.

 

 

4. Penerimaan

penerimaan

penerimaan

Bila k3 proses diatas dapat diterima dengan pasrah, penderita akan mengalami rasa akan kesadaran diri dan menerima keadaan yang sedang terjadi. Jika orang tersebut ingin lebih berkembang, kemungkinan hasil dari patah hati akan membentuk pengembangan diri menjadi lebih baik. Tetapi bila ketidak fahaman penderita tentang patah hati buntu, ada kemungkinan dia terbawa arus negatif.

 

Beberapa dampak negatif patah hati terhadap kesehatan :

1. Naik asam lambung

asam lambung naik

asam lambung naik

Sebagian akan mengalami stress ketika kehilangan seseorang yang disayang dan akan lupa segala hal, hal ini dapat memicu naiknya asam lambung

 

 

 

 

 

2. Otak

otak

otak

Ketika mengalami patah hati, ada bagian otak yang bernama secondarry somatosensory kortex. Akibatnya yang mengalami patah hati akan mengalami gejala ketidaknyamanan, pegal, letih akibat respon dari otak tersebut.

 

 

3. Sistem Kekebalan tubuh melemah

gampang sakit

gampang sakit

Sistem imun akan melemah karena stress atau depresi, susah tidur salah satu pemicu kurangnya proses kekebalan tubuh, sehingga organ tubuh tidak meregenerasi secara maksimal, hasilnya tubuh akan mudah mengalami kelemahan dan mudah sakit.

 

 

 

 

 

4. Gangguan hormonal

gangguan hormonal

gangguan hormonal

Ketika seseorang mengalami patah hati, maka sistem hormon akan meningkat, akibatnya adrenalin tidak bisa terkontol, terjadi penyumbatan pada aliran darah tidak hanya itu, hal ini juga dapat menyebabkan kulit lebih gampang mengalami jerawat.

 

 

 

5. Kerontokan rambut

rambut rontok

rambut rontok

Stress dan depresi salah satu terjadi kerontokan rambut, hal ini karena otak selalu berfikir kritis, lebih baik melakukan pencegahan daripada pengobatan, hal kronis bisa terjadi kerontokan lebih lama dan mengalami kebotakan.

Diluar itu, bila seorang patah hati dapat menyikapinya dengan hal positif ternyata ada beberapa hal yang dapat dijadikan pelajaran dibalik semua ini. Mari kita ulas dampak positif patah hati berikut ini :

 

1. Dapat lebih menghargai diri sendiri

i love myself

i love myself

Tidak sedikit orang yang mengalami kerugian dalam berpacaran, dalam masalah waktu, materi dan ada juga yang mengalami kekerasan dalam berpacaran. Bila kita dapat menerima kenyataan, berkacalah… dan yakinkan diri anda untuk pantas mendapatkan lebih baik dari mantan anda. Waktu yang biasa digunakan dengan pacar dapat digunakan dalam kegiatan positif.

 

 

 

 

 

2. Belajar dari kesalahan

menghapus kesalahan

menghapus kesalahan

Kegagalan berhubungan tentu bukan keinginan seseorang, tetapi untuk mengubah diri dari hal yang sudah dilalui tidak ada salahnya. Lebih giat membentuk sebuah pribadi yang lebih positif, karena tidak ada perpisahan bila tidak ada perjumpaan. Hanya waktu saja yang tidak dikehendaki.

 

 

 

 

 

3. Memiliki waktu yang lebih banyak

banyak waktu

banyak waktu

Biasa yang dilewati dengan orang yang disayang sekarang sudah tidak ada, jangan lupa disekitar kita masih ada sahabat dan keluarga, masih banyak yang membutuhkan kehadiran anda selain dia. Berkomunikasi juga salah satu cara menghilangkan lamunan untuk lebih dalam. Tidak ada salahnya untuk bersosialisasi lebih banyak dengan orang-orang dan bertukar fikiran terutama untuk “curhat” . Menceritakan masalah kepada seseorang yang anda percaya dapat mengurangi sedikit demi sedikit beban yang ada di otak. Hingga kian lama, kian menghilang. Bila anda niat untuk jadi lebih baik dan membuka kehidupan baru, semua pasti bisa dilalui.

 

4. Lebih positif

berpikir positif

berpikir positif

Dalam kasus kehilangan seseorang yang disayangi tidak hanya 1 orang, hal ini karena manusia memiliki perasaan. Berhentilah berfikir bahwa anda orang yang sangat menderita, tiap orang selalu ingin terlihat lebih menderita, tetapi hal ini bukan jalan untuk lebih baik. Lapang dada terimakan semua ini, masih banyak hal-hal yang berguna didunia ini untuk diexplore.

Comments

comments

3 Comments on "Dampak Negatif Dan Positif Patah Hati Pada Remaja"

  1. Ada banyak sekali cara menyembuhkan patah hati, salah satunya traveling. Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat jalan-jalan dengan hati berkeping-keping

    • Benar sekali. Menghilangkan kegalauan dengan kesibukan dan rutinitas lain yang membutuhkan konsentrasi yang penuh adalah hal yang tepat.

  2. hamba allah | July 12, 2015 at 09:21 | Reply

    Goyang dumang kali wkwkw.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Share Ilmu Ke Teman-teman Yuk
Di Like Yaaa...
Social PopUP by SumoMe