Dampak Buruk Ingin Tampil Cantik Dengan Operasi

tampil cantik
tampil cantik

Bedah plastik atau yang terkenal dengan operasi plastik adalah metode pembedahan yang bertujuan memperbaiki fungsi pada bagian tubuh yang cacat. Plastik berasal dari bahasa Yunani dari kata plastikos yang mengandung arti cetakan. Operasi plastik juga sangat dekat dengan memperbaiki penampilan atau kecantikan karena operasi plastik dikategorikan menjadi 2 yaitu bedah kosmetik yang bertujuan agar meningkatkan penampilan atau kecantikan seseorang dan 1 lagi adalah bedah rekonstruksi yang bertujuan mengembalikan fungsi tubuh yang rusak atau cacat.

Banyak wanita yang ingin mendapatkan kecantikan dengan cara instan salah satunya operasi plastik atau injeksi kecantikan, namun setelah operasi, tidak semua wanita akan mendapatkan apa yang diharapkannya, kegagalan dalam operasi adalah dampak operasi

operasi plastik

operasi plastik

terburuk karena dapat saja hanya membuat semakin rusak pada bagian pembedahan. Masalah pasca operasipun tidak dapat dihindari namun ada beberapa yang membiarkan permasalahan setelah operasi sehingga berdampak buruk. Untuk operasi plastik yang berhasil 1 bulan setelah operasi pasien tidak akan merasakan apa-apa, namun tidak semua operasi berdampak sama, rata-rata setelah 3 bulan hasil akan terlihat bagus. Untuk operasi yang menggunakan filter, benang atau silikon cair akan dapat dirasakan langsung jika tubuh mengalami reaksi penolakan, untuk silikon bagian tubuh akan mengalami bengkak-bengkak kemerahan dan tidak rata, hal ini bisa terjadi berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun.

Dampak Buruk Operasi Plastik :

1. Dampak Terhadap Kesehatan

perawatan kecantikan

perawatan kecantikan

Sejauh ini operasi plastik tidak menimbulkan kerusakan pada kesehatannya, pasien operasi plastik hanya mengeluh bahwa mereka mengalami mual, sakit kepala, muntah, dan nyeri berkepanjangan. Namun sejauh ini keluhan tersebut dapat hilang seiring dengan waktu, tetapi masalah yang terjadi jika dampak operasi mengalami peradangan dan menimbulkan penyakit baru dikarenakan operasi. Oleh karena itu ada baiknya berkonsultasi terbelih dahulu tentang penyakit yang sedang diderita menjelang operasi plastik, biar tidak terjadi komplikasi atau hal-hal yang diluar dugaan yang berdampak memperburuk kesehatan.

2. Dampak Psikologis

depresi

depresi

Dampak operasi yang gagal atau berhasil tetapi meninggalkan sedikit bekas luka yang tidak bisa dihilangkan terutama dibagian wajah akan meninggalkan sedikit depresi, mereka  yang menjalani operasi tentu mengharapkan wajah yang sangat cantik, dan ketika hasil operasi tidak sesuai dengan yang diharapkan akan berakibat terhadap psikologisnya antara lain mengalami kekecewaan dan tingkat depresi ketika pasien mengaca diri. Untuk pasien yang berhasil mengalami operasi tidak sedikit dari mereka mengalami ketidakpuasan dengan hasil operasi sehingga merasakan keinginan operasi plastik lagi. Gangguan psikologis ini disebut body dysmorphic disorder, dimana mengalami penyimpangan persepsi dan selalu merasa aneh terhadap tubuh mereka sehingga tidak akan pernah mengalami kepuasan.

3. Resiko Terkait Proses Bedah

gagal operasi

gagal operasi

Operasi plastik melibatkan beberapa reaksi alergi dan infeksi tergantung pada jenis operasinya. Selain itu, pendarahan berlebih, pembekuan darah, penolakan implan, nekrosis, kulit, pigmentasi, reaksi obat, kerusakan sarah dan jaringan parut adalah beberapa efek samping dari operasi plastik. Lain halnya dengan perokok yang tingkat penyembuhannya lebih lama dengan orang yang bukan perokok, juga akan mengalami peningkatan resiko memar dan masalah paru-paru. Dan adapun kasus walau terbilang sangat jarang yaitu ketika pasien mengalami kehilangan banyak darah dan kegagalan organ. Dampak akan berbeda bagi pasien pengguna anastesi salah satu contohnya mengalami gagal nafas, alergi terkadang serangan jantung.

 

4. Biaya Operasi

biaya mahal

biaya mahal

Operasi plastik menelan biaya yang sangat mahal karena melibatkan pencangkokan kulit, kemungkinan menurut sebagian orang biaya relatif dan cenderung melakukan operasi plastik sebagai jalan instan. Padahal jika hanya mempercantik kulit, seseorang tidak harus menggunakan jalan instan dengan berbagai resiko, untuk kerusakan organ yang sudah tidak berfungsi jika tidak bisa ditangani dengan obat, operasi plastik adalah jalan terakhir untuk mengutuhkan kembali organ tubuh yang rusak.

 

Comments

comments

Be the first to comment on "Dampak Buruk Ingin Tampil Cantik Dengan Operasi"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Share Ilmu Ke Teman-teman Yuk
Di Like Yaaa...
Social PopUP by SumoMe