Cara Terampuh Menambah Tinggi Badan Hingga Usia 30 Tahun

tinggi badan anak
tinggi badan anak

Memiliki tubuh tinggi adalah dambaan setiap orang, pada usia muda biasanya orang-orang bergerombol melakukan olahraga dan aktivitas untuk mendapatkan tubuh yang tinggi. Namun apakah benar bagi anda yang memiliki umur diatas 20 tahun tidak bisa menambah ukuran badannya lagi? Tenang saja, tentu bisa. Normalnya pertumbuhan badan akan berangsur sejak balita hingga umur 20-an. Namun bagi anda yang umur 30 tahun jangan berkecil hati, anda tetap bisa menambah tinggi badan walau tidak secara signifikan, dengan meregangkan tulang punggung dan tulang rawan pada kaki anda tentu dapat membantu mendapatkan tinggi badan yang berangsur naik walau tidak seperti masa pertumbuhan. Disini akan diulas beberapa macam olahraga yang baik untuk menambah ukuran tinggi badan.

Cara-cara Menambah Tinggi Badan Dengan Olahraga :

1. Vertical Hanging

vertical hanging

vertical hanging

Cara vertical hanging, adalah olahraga bergelantungan dimana kedua tangan anda memegang besi tinggi yang dapat menopang berat badan anda. Olahraga ini terlihat sangat sederhana dan gampang tetapi jika dicoba akan terasa sulit untuk latihan awal. Olahraga ini sangat berguna untuk meningkatkan tinggi badan, karena dapat memperluas dan memperpanjang kartilago pada tulang belakang sehingga dapat meninggikan tinggi badan anda.

2. Cobra Stretch

Cobra Stretch

Cobra Stretch

Sama dengan nama olahraga tersebut posisi olahraga ini seperti ular kobra. Caranya hanya baringkan badan anda dalam posisi telungkup dilantai dengan menggunakan alas matras, lalu angkat badan bagian atas secara perlahan dengan telapak tangan sebagai tumpuan dilantai lalu tahan selama 15 detik dan kembali keposisi awal secara perlahan. Manfaat olahraga ini diantaranya dapat meregangkan tulang bagian atas sehingga mempertambah tinggi badan anda.

 

3. Pilates Roll Over

Pilates Roll Over

Pilates Roll Over

Olahraga ini berguna untuk memperpanjang tulang bagian leher dan meregangkan tulang belakang. Tetapi tidak gampang melakukan olahraga pilates roll over karena selain sulit, olahraga ini butuh keseimbangan badan. Cara olahraga ini lentangkan badan anda pada lantai, gunakan matras agar kulit tidak sakit jika terjadi gesekan pada lantai. Kemudian angkat kaki perlahan keatas hingga melewati kepala. Hati-hati dengan olahraga ini, jika salah atau tanpa pelatih dapat menyebabkan luka.

 

4. Pilates Spine Stretch

Pilates Spine Stretch

Pilates Spine Stretch

Olahraga ini tidak jauh dengan olahraga yang sebelumnya, berguna untuk meregangkan tulang punggung. Caranya lumayan sulit untuk orang yang belum terbiasa, siapkan matras dilantai lalu duduk dengan kaki memanjang lurus dan lebarkan antar kaki dengan jarak selebar bahu, engkel kaki ditekuk. Posisi badan duduk tegak, lentangkan tangan ke arah depan kira-kira setinggi bahu lalu perlahan bungkukan badan kedepan dan coba untuk menyentuh ujung jari kaki anda lalu tahan kira-kira 10-15 detik dan kembalikan posisi badan kembali tegap secara perlahan. Jika anda dapat menyentuh ujung jari kaki anda atau lebih, berarti anda berhasil meregangkan tulang belakang sampai tingkat fleksibelitas yang tinggi.

5. Angkle Weights

Angkle Weights

Angkle Weights

Olahraga ini bertujuan untuk menambah panjang ukuran kaki, dengan cara meregangkan tulang rawan diantara lutut anda, melakukan olahraga ini secara rutin dapat membantu memanjangkan ukuran kaki dan menambah massa tulang rawan anda yang akhirnya membantu menambah tinggi badan anda. Caranya cukup mudah, duduk dikursi yang cukup tinggi hingga telapak kaki anda tidak menyentuh lantai lalu gunakan bobot pada pergelangan kaki, untuk memulainya berikan bobot yang tahap ringan saja, dan seiring waktu berikan bobot yang semakin berat. Caranya gunakan bobot pada pergelangan tangan lalu tarik kaki ke arah bawah sebanyak 5-10 kali, lalu tendang ke arah depan 5-10 kali. Lakukan latihan ini 3x dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang diharapkan.

 

6. Side Bends

Side Bends

Side Bends

Olahraga dengan cara memiringkan tubuh kesamping. Olahraga ini dapat membantu meninggikan badan dan melenturkan tulang punggung, dengan cara menarik tubuh ke samping dan tahan selama 15 detik, posisi kaki tetap tegak dilantai. Olahraga ini selain dapat meninggikan badan, juga dapat mengecilkan perut yang buncit.

 

 

 

 

7. Vertical Strecth

Vertical Strecth

Vertical Strecth

Jika anda tidak terbiasa atau malas berolahraga, vertical strecth dapat menjadi alternatif buat anda karena caranya yang sangat gampang dilakukan dimana saja dan kapan saja. Cara olahraga ini, dengan posisi badan berdiri tegak dan angkat tubuh anda dengan jari-jari kaki, sambil lentangkah tangan keatas dan tarik tubuh keatas sebisa mungkin dan tahan kurang lebih 30 detik. Latihan ini berguna untuk merenggangkan tulang belakang dan membantu anda tumbuh lebih tinggi.

 

 

 

 

 

8. Vertical Bends

Vertical Bends

Vertical Bends

Olahraga ini adalah salah satu olahraga yang sangat baik untuk meninggikan badan karena membuat tulang belakang menjadi fleksibel. Caranya berdiri dengan posisi kaki sedikit direnggangkan, lalu membungkuk hingga telapak tangan menyentuh lantai tanpa menekuk lutut. Awalnya mungkin akan sakit, tetapi lakukan gerakan ini setiap hari hingga telapak lantai perlahan menyentuh lantai

 

 

9. Skipping ( Lompat Tali )

skipping

skipping

Skipping alias lompat tali adalah olahraga yang menggunakan alat bantu tali, olahraga yang sangat populer saat masa kecil ini ternyata adalah olahraga yang banyak manfaatnya, selain dapat menambah tinggi badan ternyata skipping dapat membakar 450 kalori dalam 30 menit latihan. Selain dari pada itu manfaat skipping adalah dapat melawan osteporosis dan meningkatkan konsentrasi. Caranya pun sangat mudah tinggal siapkan tali skipping lalu melompatlah. Lakukan olahraga ini selama 30 menit 3x dalam seminggu agar dapat hasil yang optimal.

 

 

 

 

10. Basket

basket

basket

Olahraga ini terkenal dikalangan anak kecil hingga remaja, bahkan sampai orang dewasa pun masih saja ada yang hobi bermain basket, olahraga ini seperti skipping, berguna meregangkan tulang dari kaki hingga pungung, sehingga sangat cepat menambah tinggi badan, terutama bila pada masa pertumbuhan. Selain olahraga ini membutuhkan kelompok, olahraga inipun termasuk olahraga yang sangat menyenangkan, hampir setiap sekolah mengadakan ekstrakulikuler basket. Tunggu apa lagi? Bila ingin tubuh bertambah tinggi, anda dapat segera mendaftarkan diri ke organisasi basket.

 

11. Berenang

berenang

berenang

Olahraga ini adalah salah satu olahraga yang memerlukan perhatian khusus bagi anda yang tidak bisa berenang. Olahraga ini sangat membantu dalam masa pertumbuhan anak remaja. Sehingga pada sekolahan SD, SMP hingga SMA siswa dan siswi sering diwajibkan untuk mengikuti jadwal berenang disekolah, selain bertujuan membuat para siswa aktif, guru pun ingin membuat para siswa merasakan manfaat berenang secara signifikan. Gaya berenang bermacam-macam, diantaranya gaya katak, gaya kupu-kupu, gaya renang bebas dan lain-lain. Namun harus diketahui pada masa pertumbuhan remaja, ada fase dimana pertumbuhan lambat dan pertumbuhan cepat, pertumbuhan lambat pada anak remaja berada sekitar usia 16-17 tahun sedangkan pertumbuhan cepat dimana hormon-hormon meningkat secara aktif adalah pada masa puber sekitar usia 9-12 tahun. Selain untuk menambah tinggi badan, renang pun memiliki banyak manfaat, diantaranya melatih paru-paru, mengurangi penyakit asma, meningkatkan metabolisme tubuh dan lain-lain.

Comments

comments

6 Comments on "Cara Terampuh Menambah Tinggi Badan Hingga Usia 30 Tahun"

  1. Seputar Trik Internet | September 5, 2014 at 21:22 | Reply

    Memang benar tinggi badan yang ideal diimpikan setiap orang, info menambah tinggi badan ini sangat bermanfaat sekali

  2. alifah putri | June 1, 2015 at 20:15 | Reply

    good job.. i’ll try it.. 🙂

  3. Bagus

  4. dhwi rhatna sariy | June 29, 2016 at 18:02 | Reply

    umur saya 16 thn, sudah 3 tahun sering bergelantung. tapi tinggi badan saya selama 3 thn ini tk brtambah. kok bisa?

    • karena umur anda masih produktif, disarankan untuk melakukan olahraga berikut.
      Antara lain berenang, lompat tali, dan basket.
      mengkonsumsi minuman kalsium untuk memancing tinggi badan anda lebih bagus. 😀

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Share Ilmu Ke Teman-teman Yuk
Di Like Yaaa...
Social PopUP by SumoMe