Benarkah Mandi Malam Sangat Berbahaya?

mandi malam
mandi malam

Banyak orang tua yang sering melarang anaknya mandi malam, dengan mitos yang takut terkena rematik, paru-paru basah, masuk angin, dan sebagainya. Hal yang ditakutkan pun belum ada pernyataan ilmiah yang menyatakan berbahayanya mandi malam. Jadi apakah mandi malam sangat merugikan atau malah banyak manfaatnya?

Kesimpulannya, mandi malam tidak memiliki dampak negatif untuk kesehatan, terutama mitos terkena rematik atau paru-paru. Banyak manfaat yang didapatkan dengan mandi pada malam hari, salah satunya agar mendapatkan kualitas tidur yang nyenyak.

Beberapa Manfaat Mandi Malam :

keuntungan mandi

keuntungan mandi

1. Mengatasi Insomnia

Jika anda salah satu penderita insomnia atau sulit tidur, cobalah untuk mandi air hangat menjelang waktu tidur. Maka anda akan merasa lebih cepat ngantuk, hal ini yang terjadi pada bayi-bayi yang tertidur pulas setelah mandi air hangat.

2. Membersihkan Dari Kotoran

Seperti halnya mandi di waktu yang lainnya, dengan mandi dapat membersihkan kotoran dan racun yang menempel pada kulit, membuat tubuh lebih segar, bersih dan wangi.

3. Menurunkan Tekanan Darah

Manfaat ini jarang diketahui oleh banyak orang, mandi malam baik bagi orang yang mengalami stress atau tekanan darah tinggi, cobalah untuk mandi malam hal ini berguna menurunkan tekanan darah selain dari itu dapat mengurangi kondisi stress..

4. Otot Lebih Rileks

Dengan mandi malam, otot menjadi lebih rileks terlebih bagi seseorang yang sibuk beraktivitas seharian yang menggunakan kekuatan otak atau otot hingga mengalami ketegangan sistem saraf. Dengan mandi malam otot-otot yang digunakan seharian dapat kendur dan mendapatkan kondisi tubuh yang lebih rileks.

manfaat mandi malam

manfaat mandi malam

Mandi malam tentu ada syarat dan tujuannya, pastikan menggunakan air hangat bila cuaca sedang dingin. Tubuh hanya menerima perbedaan maksimum 5 derajat. Maka gunakanlah air hangat. Jika anda ingin mendapatkan kualitas tidur yang nyenyak dengan tidur malam atau ingin mengobati insomnia, pastikan mandi 1 jam sebelum tidur dengan menggunakan air hangat. Hindari mandi malam setelah berolahraga atau bila sedang berkeringat, karena jika kondisi tubuh sedang berkeringat pori-pori pada kulit terbuka lebar dan mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Usahakan untuk beristirahat hingga keringat mengering, dan pori-pori tertutup lalu mandi.

Comments

comments

Be the first to comment on "Benarkah Mandi Malam Sangat Berbahaya?"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Share Ilmu Ke Teman-teman Yuk
Di Like Yaaa...
Social PopUP by SumoMe