Beberapa Manfaat Buah Manggis

manggis
manggis

Buah Manggis, salah satu buah yang gampang di cari di pasar Indonesia. Buah yang memiliki kulit penutup buah dalam, dan berbiji kecil, rasanya manis asam. Tidak disangka memilik banyak khasiat dalam dunia kesehatan. Karena buah manggis memiliki zat magostin dan B-magostin. Sayangnya hanya sedikit orang yang mengetahui khasiat buah manggis. Menurut penelitian buah manggis memiliki kandungan vitamin B1, B2, C, potasium, kalsium, sodium dan juga zat besi. Pada kulit manggis berfungsi membunuh penyakit dan memperbaiki sel-sel yang mati. Karena buah maupun kulit manggis mengandung zat xanthone, xanthone adalah zat kimia alami yang berguna untuk membunuh berbagai macam penyakit.

Berikut ini beberapa manfaat buah manggis :

manggis

manggis

1. Mencegah kanker

Kandungan xanthone ini memiliki kegunaan memperlambat sel-sel kanker pada usus besar dan kanker hati. Dan senyawa xanthone ini bisa memperlambat sel-sel penyakit pada penderita leukemia.

2. Menangkal radikal bebas

Buah manggis pun memiliki kandungan Catechins, yang bisa mengalahkan vitamin C dan E. dan Vitamin C dan E yang menangkal tubuh dari radikal bebas. Agar khasiat buah manggis terasa, usahakan memakan buah manggis setiap hari, maka tubuh akan menerima cadangan antioksidan yang alami dan berlimpah.

jus manggis

jus manggis

3. Jus kulit manggis berguna menghilangkan rasa sakit

Di beberapa negara Eropa Jus ini termasuk jus yang sangat penting untuk di konsumsi karena manfaatnya yang luar biasa, untuk membuat jus kulit manggis ini, bisa kerok kulit manggis dari dalam, dan rebus dalam air untuk menghilangkan rasa pahit, dan jangan buah air hasil rebusan, karena air rebusannya bisa untuk terapi alami juga, dan bila sudah direbus ambil kulit manggis dan masukan blender di tambah 1 gelas air matang, masukan gula Aren dan madu sesuai selera, bisa d tambah dengan buah-buahan lainnya.

4. Menyembuhkan batu ginjal

Bila sering mengkonsumsi buah manggis maka akan mengalami sering buang air kecil, hal ini karena buah manggis bisa mencegah batu ginjal. Usahakan untuk mengkonsumsi manggis 3 ons dalam sehari agak khasiatnya lebih terasa.

5. Menurunkan berat badan

Kandungan xanthone slain untuk penyakit Diabetes dan penyakit jantung, tetapi kandungan ini berfungsi juga untuk menurunkan berat badan hal ini karena kandungan xanthone mengurangi sel-sel membrane yang membesar dan cepat mengubah zat makanan dalam tubuh menjadi energi.

6. Mengurangi tekanan darah tinggi

Hipertensi terjadi karena gangguan terhadap pembuluh darah, dan hal ini beresiko penyakit stroke dan jantung. Dengan mengkonsumsi buah manggis, maka akan mengurangi gangguan hipertensi.

7. Menjaga saluran kencing

Dengan berlanjutnya usia pada wanita, maka akan terjadi perenggangan pada otot-otot pinggul, dan bila pada pria akan terjadi pembesaran prostat. Hal ini menyebabkan sering terjadinya infeksi, karena bakteri tidak bisa di keluarkan melalui saluran kencing, dan buah mangga ini yang mengandung zat xanthone akan membantu mengaktifkan anti-bakteri.

8. Memelihara pencernaan

Dengan di iringi usia kandungan zat asam pada lambung pun akan menipis, hal ini akan meningkatkan bakteri dalam perut sehingga menimbulkan diare. dan kandungan xanthone bisa membunuh bakteri-bakteri dalam tubuh dan menyeimbangkan kembali kinerja perut.

9. Mencegah gangguan penglihatan

Gangguan pada katarak dan glukoma adalah gangguan penglihatan karena radiasi yang menyebabkan hilangnya protein dalam mata, hal ini harus mencegah dengan menghindari sinar matahari dengan menggunakan kacamata hitam, dan memakan buah manggis sebagai antioksidan.

Itulah beberapa manfaat buah manggis, selain daripada di atas, kandungan xanthone pada buah manggis dapat melancarkan pernafasan, membantu menyembuhkan penyakit jantung, menyembuhkan asma, mencegah serta mengobati diabetes, meningkatkan energi, mengurangi kolestero dan lain sebagainya.

 

Comments

comments

1 Comment on "Beberapa Manfaat Buah Manggis"

  1. Salah satu buah yang jarang ditemui

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Share Ilmu Ke Teman-teman Yuk
Di Like Yaaa...
Social PopUP by SumoMe