Beberapa Manfaat Bayam Bagi Kesehatan

manfaat sayur bayam
manfaat sayur bayam

Bayam adalah sejenis tumbuh yang daunnya dapat dikonsumsi menjadi sayuran hijau. Tumbuhan ini berasalah dari Amerika, namun sekarang bayam telah menyebar keseluruh dunia. Bayam kaya akan zat besi dan antioksidan yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Mengkonsumsi bayam sebagai menu keseharian adalah pilihan yang tepat. Namun jangan sekali-sekali anda memanaskan sayur bayam secara berulang-ulang, hal ini mengakibatkan terjadinya oksidasi kandungan zat besi dalam kandungan bayam menjadi racun, selain itu bila bayam disimpan terlalu lama dalam lemari es, maka akan membuat kandungan nitritnya naik, alhasil bila dikonsumsi oleh tubuh hemoglobin akan kesulitan mengikat oksigen. Terlepas dari bahayanya sayur bayam yang sering dipanaskan, bayam sangat baik untuk dikonsumsi.

Beberapa Khasiat Bayam Untuk Kesehatan :

sayur bayam

sayur bayam

1. Melawan Sel Kanker

Bayam mengandung vitamin A dan vitamin C, flavonoid, bermanfaat memerangi tumbuhnya sel kanker salah satunya mencegah terjadinya kanker payudara hingga 34%. Sebelum terjadinya kanker pada usia lanjut, ada baiknya anda sekali-sekali mendapat asupan bayam agar tubuh anda terbebas dari sel-sel kanker.

2. Jantung Lebih Sehat

Berbagai pola hidup yang kurang sehat akan menghasilkan jantung yang tidak sehat, mulai dari pola makan yang berantakan, aktivitas yang sangat padat, tidur yang tidak menentu, terlebih lagi jika anda merokok. Bayam dapat membantu menjaga jantung agar tetap stabil, menjauhi dari resiko penyakit jantung.

3. Mencegahh Osteoporosis

Bila anda mengkonsumsi secangkir daun bayam, maka anda memenuhi 200% kebutuhan vitamin K untuk sehari. Vitamin K sangat penting untuk pencegahan keropos tulang. Selain kandungan vitamin K, terdapat mineral antara lain magnesium, fosfor, tembaga yang sangat berguna untuk memperkuat tulang.

4. Mencegah Anemia

bayam

bayam

Bayam adalah sumber zat besi, sangat membantu bagi penderita anemia. Kandungan zat besi dapat meregenerasi sel darah merah, dan memperbanyak darah merah sehingga cukup membantu membawa oksigen keseluruh tubuh.

5. Mencegah Diabetes

Selain dapat mencegah terjadinya diabetes, mengkonsumsi bayam dapat meringankan diabetes. Magnesium dalam kandungan bayam, diyakini dapat mencegah komplikasi pada penderita diabetes. Mengkonsumsi bayam secara rutin dapat membantu menstabilkan gula darah.

6. Meningkatkan Kemampuan Mata

Kandungan vitamin A pada bayam dapat membantu meningkatkan penglihatan hal ini dikarenakan bayam juga memiliki kandungan lutein, karotenoid yang mampu melindungi mata dari terjadinya katarak.

 

Comments

comments

4 Comments on "Beberapa Manfaat Bayam Bagi Kesehatan"

  1. wahhh ternyata banyam memiliki manfaat yang luar biasa,
    makasih infonya ya… ^_^

  2. Tips Diet Sehat | August 21, 2014 at 19:45 | Reply

    bayam emang sayuran paling top

  3. Sama wortel kandungan vitamin A nya tinggi mana ya?

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Share Ilmu Ke Teman-teman Yuk
Di Like Yaaa...
Social PopUP by SumoMe