9 Manfaat Zumba Dance Untuk Kesehatan

senam zumba
senam zumba

Zumba dance adalah salah satu olahraga yang dikembangkan oleh Jun Ko Agus perintis Zumba Dance di Indonesia. Zumba dance adalah olahraga yang berasal dari Amerika yang terdiri dari 30% gerakan fitness dan 70% gerakan dansa. Manfaat olahraga ini pun sangat banyak karena anda bisa membakar 600 hingga 1000 kalori/jamnya.

Sejarah asal muasal terciptanya Tari Zumba, pada saat Alberto ‘Beto’ Perez seorang pelatih aerobik lupa membawa kaset senamnya, namun dia tidak kehabisan akal, dia ambil kaset musik upbeat dan terciptalah Zumba Dance. Namun zumba terkenal di Amerika sekitar tahun 2003, dan mulai digemari oleh masyarakat Indonesia pada tahun 2012.

Seiring dengan waktu Zumba Dance pun terpecah menjadi 6 kategori, dikarenakan tarian ini aman untuk segala jenis usia, akhirnya dikembangbiakan sesuai dengan golongan pesertanya. 6 kategori tersebut antara lain Zumbatomik, Fitness, Sentao, Aqua, Gold, dan Toning. 6 kategori tersebut tersedia dari mulai golongan anak-anak hingga golongan lanjut usia.

Manfaat Zumba Dance Untuk Kesehatan :

1. Sebagai Program Diet

program diet

program diet

Seiring dengan tarian zumba yang setengah menari dan setengah fitnes otomatis akan membakar kalori dan lemak pada tubuh. Hal ini dimanfaatkan para wanita untuk program diet sehat. Selain menyenangkan zumba pun membuat berat badan turun dalam beberapa minggu setelah mengikuti program senam Zumba. Kalori yang dalam tubuh pun akan terbakar secara perlahan, dapat anda bandingkan berat badan anda sebelum mengikuti zumba dan 1 bulan setelah mengikuti zumba. Manfaat setelah senam pun akan terasa, anda akan merasakan badan lebih bugar dan sehat. Lemak daerah perut, paha, lengan perlahan akan mengencang, Zumba Dance tentu solusi tepat untuk program diet anda.

2. Obat Antistress

obat antistress

obat antistress

Banyak orang yang bilang senam zumba membuat happy, hal ini dikarenakan aluran tariĀ  yang mengikuti lagu seperti Jennifer Lopez dan Pitbull. Dengan lagu seperti ini, tubuh ikut bergoyang dan anggota tidak merasakan capek atau terbebani dengan olahraga ini. Gerakan zumba pun termasuk unik dan menantang, tidak membuat putus asa. Lebih membuat kita melupakan beberapa masalah sejenak dan terpacu pada zumba. Hal ini dapat anda lihat langsung, dan menemukan setiap orang yang mengikuti tarian ini terlihat lebih bergembira.

4. Otot Lebih Kencang

mengencangkan otot

mengencangkan otot

Anda memiliki otot yang mengendor? Hal ini dikarenakan otot tersebut jarang digunakan, mungkin anda terlalu sibuk di depan komputer atau shopping? Jika didiamkan bertahun-tahun otot-otot tersebut akan lambrek, seperti gundukan lemak sedangkan di sisi lain anda makan dengan porsi lebih, tentu hal ini membuat anda terlihat gemuk. Bagi wanita yang mengandung, tidak diharuskan untuk melakukan program diet karena dituntut untuk memberi nutrisi juga untuk janin, setelah melahirkan bobot badan wanita biasanya bertambah, lalu mau dikemanakan sisa tumpukan lemak tersebut? Mengikuti senam Zumba adalah salah satu pilihan terbaik untuk anda. Karena gerakan zumba membuat semua otot bergerak. dari lengan, pinggang, perut, paha, hingga daerah kaki. Sehingga dalam beberapa minggu setelah anda mengikuti senam zumba, besar kemungkinan mendapatkan tubuh ramping, otot kencang dan badan sehat.

5. Semua Kalangan Umur

segala umur

segala umur

Tarian zumba tidak mencangkup untuk usia tertentu saja. Namun seperti yang diucapkan diatas bahwa tari zumba terbagi beberapa kategori, kategori-kategori tersebut untuk tarian zumba anak-anak, remaja, dewasa hingga setengah baya. Jadi tidak usah kwatir jika anda memiliki anak, ajak saja anak anda untuk mengikuti tarian Zumba.

 

 

 

6. Awet Muda

awet muda

awet muda

Tari zumba membuat seluruh bagian tubuh bergerak, alhasil jantung berdetak lebih cepat dan membuat peredaran darah lebih lancar. Membuat imunitas tubuh meningkat. Seperti olahraga lainnya, zumba merangsang hormon endorfin di dalam tubuh sehingga dapat berpengaruh pada moody tubuh anda dan membuat anda lebih bahagia. Antioksidan pada tubuhpun bertambah sehingga secara tidak langsung berdampak awet muda bagi anda.

 

7. Gerakan Ringan dan Mudah

gerakan ringan dan mudah

gerakan ringan dan mudah

Jika kita melihat tarian zumba entah berupa video atau hanya gambar, selintas dalam benak kita menilai tarian Zumba terlihat rumit, padahal faktanya tidak seperti yang diduga. Bagi peserta zumba yang mengikuti senam untuk pertama kalinya, terlihat lebih nyaman dan menikmati gerakan. Tentu saja, karena tarian ini dikemas sebegitu menarik, memancing semangat hingga peserta tidak merasa bosan. 1 gerakan diulang-ulang hanya 2 sampai 3 kali saja. Penasaran? Coba yuk!

 

8. Mengembalikan Good Mood

good mood

good mood

Tidak jauh manfaatnya sebagai obat anti stress, tarian ini mengembalikan moody anda, karena dapat membuat anda melupakan masalah anda untuk sementara waktu, di sisi lain tarian ini tidak membosankan, anda akan lebih fokus bergoyang, badan akan lebih berkeringat, waktu 1 jam pun tidak akan terasa lelah. Di sisi lain, anda akan bertemu dengan orang-orang baru, membuat anda merasa eksis di tengah masyarakat.

 

 

9. Bagus Untuk Paru-paru

paru-paru sehat

paru-paru sehat

Latihan zumba dalam waktu panjang akan memudahkan anda mengatur pernafasan. Artinya secara perlahan zumba memperbaiki paru-paru, karena tidak disangkal tarian zumba memang kombinasi antara olahraga dan menari. Dapat melancarkan aliran darah, mengatur ritme pernafasan sehingga seiring waktu pernafasan anda akan membaik. Terbayang bukan? Ketika anda olahraga di barengi dengan menari. Olahraga yang hanya dilakukan 30 menit saja, terkadang merasa kelelahan. Dan ketika anda dance di sekolahan untuk mengeksistensikan diri, menghabiskan waktu berjam-jampun akan kuat. Manfaat kedua olahraga tersebut dikombinasikan di 1 tarian zumba, yang manfaatnya tidak kalah jauh seperti olahraga. Salah satunya menyehatkan paru-paru. Dapat anda tes sebelum mengikuti senam zumba, berapa lama anda bisa menahan nafas, dan bedakan setelah beberapa minggu anda mengikuti senam zumba.

 

Comments

comments

Be the first to comment on "9 Manfaat Zumba Dance Untuk Kesehatan"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Share Ilmu Ke Teman-teman Yuk
Di Like Yaaa...
Social PopUP by SumoMe