9 Jenis Makanan Yang Wajib Dikonsumsi Oleh Ibu Menyusui

ibuibu
Share Ilmu Ke Teman-teman Yuk...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on PinterestShare on StumbleUponShare on TumblrDigg thisShare on LinkedIn

Setelah melahirkan dan menjadi seorang ibu, mungkin anda berfikir untuk berolahraga dan menurunkan berat badan. Namun hal itu ternyata salah, pasalnya seorang bayi membutuhkan ASI dan ketika tubuh anda tidak mengkonsumsi makanan sehat, maka tubuh akan mengambil simpanan nutrisi dari dalam tubuh anda.

 

 

Berikut Adalah 9 Jenis Makanan Yang Wajib Dikonsumsi Oleh Ibu Menyusui :

1. Ikan Salmon

ikan salmon

ikan salmon

Ikan yang lahir diperairan air tawar ternyata memiliki keunikan dalam melahirkan, jika mereka akan melahirkan ikan-ikan itu akan kembali ke tempat asalnya, penelitian membenarkan hal itu. Namun sampai saat ini belum ada yang mengetahui mengapa ikan-ikan itu memiliki ingatan yang tajam untuk kembali ke tempat asalnya. Diluar dari semua itu ternyata ikan salmon memiliki kandungan protein yang tinggi, ikan salmon menjadi salah satu jenis makanan yang kandungannya hampir sempurna untuk dikonsumsi ibu menyusui, salmon mengandung DHA untuk perkembangan otak bayi anda, walau semua ASI mengandung DHA namun faktor makanan ibu menyusui akan berpengaruh pada ASI mereka.

2. Susu Rendah Lemak

susu kambing

susu kambing

Produk susu rendah lemak diantaranya keju, susu sapi, susu kambing, atau yoghurt sangat baik untuk dikonsumsi ibu menyusui. Hal ini sangat penting karena susu rendah lemak mengandung vitamin B, vitamin D dan protein yang tinggi. Susu adalah salah satu sumber kalsium terbaik. Vitamin D yang terkandung dalam susu akan membantu menjaga pertumbuhan dan pembentukan tulang pada bayi anda. Susu dipercaya mampu membantu produksi ASI pada ibu menyusui, karena susu merangsang produktivitas ASI yang dibutuhkan oleh ibu menyusui.

3. Daging Sapi Tanpa Lemak

daging sapi

daging sapi

Daging sapi dianggap sebagai daging pilihan karena kandungan gizinya, daging sapi adalah makanan sebagai sumber zat besi, rendah lemak, sumber vitamin B6 dan B12. Untuk anda para ibu yang baru menyusui, tidak jarang merasa badan lemah dan terkurasnya energi. Hal ini dapat di antisipasi dengan mengkonsumsi daging sapi, kandungan zat besinya dapat merangsang energi baru. Untuk mendapatkan daging rendah lemak, tentu anda harus memiliki bagian-bagiannya, untuk daging kambing, kalkun, dan ayam, anda dapat memilih dadanya. Hindari daging kaleng, karena tidak terjamin kesegarannya. Daging kaleng biasanya diolah dulu, dan melewati fase-fase tertentu hingga akhirnya dibungkus. Ironisnya walau daging sudah tidak segar, tetap akan dijual.

4. Blueberry

blueberry

blueberry

Kandungan gizi yang terdapat dalam buah blueberry diantaranya mineral, vitamin C, vitamin E, vitamin K, vitamin B1, vitamin B2, vitaimin B3, vitamin B6, lemak, karbohidrat, dan sumber antioksidan. Untuk ibu menyusui, dengan meminum 2 porsi jus blueberry setiap paginya akan membantu memenuhi kebutuhan gizi anda. Karena buah ini kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan. Buah ini dapat menjadi salah satu cemilah sehat dan pencuci mulut yang baik. Selain memberi energi kepada ibu menyusui, buah ini pun dapat mengurangi lemak jenuh dalam tubuh anda.

5. Beras Merah

beras merah

beras merah

Sebelumnya mari ketahui terlebih dahulu perbedaan manfaat beras merah dan beras putih.

Beras Putih : Jenis beras putih dibuat melalui proses penggilingan sehingga mengalami pengelupasan kulit dan membuat kadar seratnya berkurang. Pada umumnya masyarakat Indonesia mengkonsumsi beras putih karena rasanya yang lebih manis dan kandungan karbohidratnya lebih tinggi dibanding beras lainnya.

Beras Merah : Dari khasiatnya saja beras merah dapat melancarkan BAB karena kandungan airnya lebih tinggi dibandingkan beras lain. Beras merah sangat cocok untuk diet, karena memiliki serat yang tinggi dan karbohidrat kompleks yang memberikan rasa kenyang lebih lama sehingga dapat mengurangi kebiasaan makan berlebih.

Untuk ibu hamil, beras merah sangat menjamin dalam kandungan seratnya. Karena ibu hamil akan mengalami perubahan bentuk perut dan tidak jarang setelah melahirkan, para ibu ingin mengurangi berat badannya, namun disisi lain, kandungan ASI sangat berpengaruh pada makanan yang dikonsumsi, sehingga beras merah dapat jadi pilihan yang pas untuk ibu yang ingin diet namun tidak ingin kehilangan banyak energi.

6. Jeruk

jeruk

jeruk

Jeruk tentu salah satu buah yang kaya akan vitamin C, buah ini termasuk sangat gampang dijumpai dipasaran. Khasiatnya yang luar biasa hingga kulit jeruknya dapat digunakan untuk kesehatan kulit sehingga membuat masyarakat tertarik untuk mengkonsumsi buah jeruk. Buah jeruk mengandung vitamin C, karbohidrat, patasium, folat, kalsium, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, vitamin B6, fosfor, magnesium, tembaga, dan senyawa fitokimia. Vitamin C dalam buah jeruk sangat berguna untuk ibu menyusui untuk menambah kekebalan tubuh. Karena ibu menyusui sangat rawan akan sakit, kekebalan tubuh musti terjaga untuk mencegah datangnya infeksi masuk ke dalam tubuh, mengusir radikal bebas, kandungan buah jerukpun sangat berguna untuk kulit, membantu kulit cepat meregenerasi. Untuk merasakan hasil dari khasiat buah jeruk, anda dapat menikmati buah tersebut 2-4 buah dalam seharinya selama 3 bulan berturut-turut. Dapat dijus, ataupun dikupas mentah.

7. Kuning telur

kuning telur

kuning telur

Telur salah satu makanan yang kaya akan manfaatnya, baik dikonsumsi untuk ibu hamil maupun ibu menyusui. Untuk ibu yang ingin melahirkan anak yang cerdas, telur adalah salah satu solusi terbaik. Kandungan gizinya pun tidak kalah banyak, antara lain protein, kalsium, iron, zinc, phosphorus, magnesium, dan lain-lain. Telur mengandung sumber vitamin D untuk pengganti protein ibu menyusui. Dengan memasak telur dan memakan roti gandum sudah menyumbang serat dan energi untuk tubuh anda. Selain itu telur asik juga merupakan sumber makanan yang berkalsium tinggi, mengandung gizi lengkap dan mineral. Selain untuk ibu hamil telur asin juga sangat berguna untuk anak yang sedang masa perkembangan.

8. Sayuran Hijau

sayuran hijau

sayuran hijau

Sayuran hijau mengandung berbagai vitamin dan mineral. Nutrisi yang dibutuhkan untuk bayi anda agar bayi tumbuh sehat, dengan mengkonsumsi sayuran hijau dipercaya akan membuat bayi anda cerdas. Aneka sayuran hijau yang anda butuhkan salah satunya adalah brokili, kacang kedelai, rumput laut, ikan, udang, kepiting dan lain sebagainya. Karena pada umumnya sayuan hijau mengandung DHA yang membentuk perkembangan sistem saraf si kecil.

 

 

9. Air

air

air

Untuk anda yang merasa kurang mengkonsumsi air minum, dapat menggantikan air jus buah-buahan yang terpenting adalah kesehatan bayi anda. Bagi Ibu menyusui yang sangat menyukai kafein dapat dikurangi dengan meminum maksimal 2 gelas perhari saja. Karena kafein dalam tubuh ibu hamil sangat berpengaruh pada ASI membuat bayi anda sulit tidur pada malam hari.

Share Ilmu Ke Teman-teman Yuk...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on PinterestShare on StumbleUponShare on TumblrDigg thisShare on LinkedIn

Comments

comments

2 Comments on "9 Jenis Makanan Yang Wajib Dikonsumsi Oleh Ibu Menyusui"

  1. Saya mempunyai tiga anak yang semuanya laki-laki, pengin sekali memberikan ASI secara penuh, tetapi karena saya sendiri ada riwayat penyakit jantung, jadi dech semua minumnya pakai SUSU SAPI…

  2. This is what we need – an insight to make eveyrone think

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Share Ilmu Ke Teman-teman Yuk
Di Like Yaaa...
Social PopUP by SumoMe