9 Cara Dan Manfaat Meditasi Untuk Kesehatan

menikmati meditasi
menikmati meditasi

Meditasi adalah kegiatan yang berguna untuk merileksasikan semua hal yang mencemaskan didalam diri anda. Meditasi dapat disebut juga dengan semedi yang memiliki definisi kegiatan mental yang dilakukan pada waktu tertentu sehingga menuntut beberapa faktor contohnya konsentrasi, merenungkan suatu masalah, dan mencari jalan keluarnya. Dengan kata lain meditasi adalah salah satu kegiatan untuk mengetahui jalan keluar suatu masalah yang berhubungan langsung dengan fikiran, penilaian dan pelepasan fikiran bebas.

Manfaat meditasi sangat banyak sekali, terutama dalam pola fikir. Meditasi dapat meningkatkan konsentrasi, membuat lebih energik, dan dapat menyeimbangkan emosional. Tetapi melakukan meditasi tidak hanya sekedar duduk dan diam, meditasi butuh konsentrasi yang penuh, agar membuahkan hasil.

Mari Ketahui Beberapa Tips Sebelum Melakukan Meditasi :

1. Waktu Yang Tepat

waktu yang tepat

waktu yang tepat

Memilih waktu yang tepat untuk meditasi adalah saat pagi hari setelah anda bangun tidur, hal ini berguna karena saat pagi otak masih fresh dan cocok untuk merenung. Tetapi bila anda memiliki aktivitas di pagi hari, ada baiknya meditasi dilakukan ketika malam hari sebelum tidur. Jika anda melakukan meditasi pada malam hari, permasalahan dalam otak akan terbawa mimpi hingga akhirnya otak akan menyampaikan suatu penyelesaian yang baik untuk anda.

 

 

2. Tempat yang Nyaman

di taman

di taman

Setelah anda memiliki waktu yang tepat, jangan lupa untuk memilih tempat yang nyaman karena hal ini berpengaruh pada kualitas meditasi, menjauhi keramaian salah satu kunci untuk mendapatkan konsentrasi yang penuh. Jika anda termasuk orang yang ingin menyatu dengan alam atau mencintai alam, anda dapat menikmati tempat meditasi yang dekat dengan alam, contohnya pinggir pantai, kebun, pegunungan dan lain-lain.

3. Perut Kosong

Jika anda ingin melakukan meditasi pada pagi hari, ada baiknya untuk tidak sarapan dulu. Meditasi tidak baik dilakukan dengan perut kenyang. Diusahakan 2 jam setelah makan untuk memulai meditasi. Hal ini agar terhindari rasa mual ketika sedang melakukan meditasi pada saat perut penuh.

4. Bersiap-siap

Setelah siap segalanya, anda dapat memulai meditasi pada tempat dan waktu yang telah di tentukan. Lakukan meditasi senyaman mungkin dengan posisi duduk bersila dan menutup mata sambil sesekali menarik nafas. Biarkan masalah lepas seiring dengan hembusan nafas yang dikeluarkan, dan relakan tubuh dalam keadaan rileks tanpa membuka mata sampai meditasi selesai.

5. Konsentrasi

konsentrasi

konsentrasi

Point utama meditasi adalah konsentrasi dan kosongkan fikiran. Banyak orang yang terlalu menganggap remeh meditasi dan ketika mereka praktekan akan mengalami kegagalan dalam bermeditasi. Hal ini karena mereka kurang berkonsentrasi, hal-hal yang sekiranya akan mengganggu konsentrasi lebih baik di bereskan terlebih dahulu hingga anda dapat benar-benar fokus berkonsentrasi.

 

 

6. Mengatur Pernafasan

mengatur pernafasan

mengatur pernafasan

Selain konsentrasi, melakukan sedikit pemanasan saat meditasi juga sangat penting salah satunya dengan mengatur pernapasan. Lakukan pernafasan stretching agar proses meditasi lebih focus tetapi ingat, jangan lakukan pemanasan secara berlebihan karena ini hanya akan membuat anda kelelahan. Terjadi kelelahan akan merusak konsentrasi juga.

 

7. Menyalakan Lilin

lilin aromaterapi

lilin aromaterapi

Teknik lilin sangat berguna sekali untuk meningkatkan konsentrasi. Hal ini sangat membantu bagi pemula, karena sangatlah sulit untuk dapat fokus di 1 titik dengan mata terpejam. Untuk mengakalinya, anda dapat menyediakan lilin selama meditasi berlangsung. Lebih baik lagi jika anda membeli lilin yang mengeluarkan aroma terapi saat dinyalakan.

 

 

8. Dengan Bantuan Musik

dengan musik

dengan musik

Aliran musik dapat berdampak pada psikologis seseorang, namun ada beberapa diantaranya yang berguna untuk merileksasikan fikiran, diantaranya instrumental, nyanyian atau bahkan musik alam yang membuat seolah-olah anda bermeditasi ditengah hutan. Pilih musik yang benar-benar tepat untuk membantu konsentrasi anda.

 

 

 

 

9. Menikmati Proses Meditasi

meditasi

meditasi

Ingatlah pada tujuan meditasi yang membuat anda mendapatkan ketenangan hati. Jangan terburu-buru untuk menilai hasil meditasi anda, karena meditasi adalah suatu kegiatan yang memakan proses jangka panjang agar mendapatkan hasil yang signifikan. Selain itu jadikan meditasi sebagai aktivitas yang perlu anda jalani ditengah kesibukan anda.

Comments

comments

Be the first to comment on "9 Cara Dan Manfaat Meditasi Untuk Kesehatan"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Share Ilmu Ke Teman-teman Yuk
Di Like Yaaa...
Social PopUP by SumoMe