9 Cara Alami Menyembuhkan Batuk Berdahak Dengan Cepat Tanpa Efek Samping

batuk berdahak
batuk berdahak

Batuk adalah penyakit yang sangat umum diderita oleh masyarakat. Terjadinya batuk menandakan adanya pertahanan tubuh terhadap virus influenza ataupun bakteri. Batuk beraneka ragam penyebabnya dengan tingkat penyembuhan yang beraneka macam juga, sebelum periksa ke dokter ada baiknya anda menggunakan ramuan tradisional untuk mengobatinya.

Mari ketahui bahan alami yang dapat menyembuhkan anda dari batuk berdahak.

1. Teh Jahe

teh jahe

teh jahe

Seperti pada artikel sebelumnya di 10 Manfaat Jahe terulas beberapa manfaat jahe karena kandungannya yang mengandung anti bakterial. Jahe sering dijadikan minuman dari zaman dulu oleh masyarakat Asia karena memberi efek hangat pada tubuh, dan ternyata jahe memang membantu mengatasi batuk berdahak. Anda cukup membuat secangkir teh dan masukan irisan jahe kedalam teh tersebut. Konsumsi 2 cangkir teh jahe dalam sehari dapat meringankan batuk berdahak anda.

2. Belimbing Wuluh

belimbing wuluh

belimbing wuluh

Belimbing wuluh adalah sejenis buah namun sering disebut belimbing sayur karena belimbing cocok untuk penyedap masakan. Dalam belimbing wuluh terdapat kandungan vitamin, mineral, niacin, serat, thiamine dan antioksidan yang bagus untuk kecantikan dan kesehatan. Pada kasus batuk berdahak, anda dapat manfaatkan belimbing wuluh dengan daun dan bunganya. Caranya rebus air lalu masukan belimbing wuluh dengan daun dan bunganya, rebus selama 30 menit dan saring minuman tersebut. Jadikan minuman belimbing wuluh ini sebagai ramuan mengobati batuk berdahak, anda dapat menambahkan sedikit gula sesuai keinginan dan buat sebanyak 2x dalam sehari.

3. Jeruk Nipis

jeruk nipis

jeruk nipis

Telah banyak orang mengetahui air perasan jeruk nipis yang dicampur kecap dapat mengatasi batuk berdahak. Bila anda tidak suka dengan kecap, dapat diganti dengan madu. Pasalnya jeruk nipis mengandung vitamin A, vitamin B, vitamin C dan mineral. Bagus untuk mengobati batuk berdahak, cara membuat ramuannya pun sangat gampang, anda tinggal campurkan jeruk nipis, madu tambahkan air secukupnya atau dengan takaran 1 : 3 : 5. Jika ingin lebih gampang, anda dapat takarkan 1 sendok kecap lalu campurkan dengan perasan air jeruk nipis. Lakukan metode ini 2x dalam sehari maka batuk akan cepat sembuh.

4. Kunyit

kunyit

kunyit

Kunyit memiliki kandungan natrium, kalium, vitamin A, vitamin B6, vitamin B12, vitamin C, vitamin D, zat besi dan kalsium. Menurut penelitian kandungan minyak volatile membuktikan anti-inflamasi berfungsi untuk menyembuhkan peradangan, termasuk masalah tenggorokan dan batuk berdahak. Kunyit dapat dijadikan obat tradisional walau rasanya akan sedikit pahit. Caranya tumbuk kunyit lalu masukan 1/2 sdt hasil tumbukan tersebut kedalam 1 gelas susu, lalu masukan 1/2 sdt madu. Aduk sampai rata. Ramuan ini dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit termasuk batuk berdahak.

 

5. Madu dan Lada Putih

madu

madu

Mengapa madu dan lada putih? Jika anda tidak suka lada putih, anda dapat campurkan madu dengan lemon. Namun jika madu dicampur lada putih, dapat menjadi suatu obat antibiotik yang baik untuk mengobati batuk dan tenggorokan gatal. Lada putih sering menjadi ramuan tradisional dalam pengobatan China. Cara membuat ramuannya, sediakan 1 cangkir teh lalu campurkan 1 sdm madu dan 1 sdt lada putih yang telah ditumbuk. Ramuan ini berkhasiat mencairkan dahak dikarenakan memberi sensasi panas seperti jahe. Ramuan ini dipercaya dapat mengurangi batuk berdahak. Wajib dicoba!!!

6. Buah Anggur

buah anggur

buah anggur

Buah anggur telah lama dibudidayakan di negara Indonesia, hal itu terbukti dari berbagai makanan yang berbahan dasar anggur contohnya kismis, jeli anggur, minuman anggur, dan lain sebagainya. Kandungan anggur kaya kana vitamin, patontenat, dan folat. Anggur dapat dikonsumsi untuk menjaga kesehatan, ataupun mengobati penyakit dari dalam tubuh seperti kanker, sakit kepala, bahkan untuk wanita, anda dapat konsumsi anggur untuk menjaga kesehatan kulit atau membuat masker anggur untuk wajah. Pada kasus batuk berdahak, anda dapat manfaatkan sifat ekspektoran dari anggur yang dapat mengeluarkan lendir di tenggorokan, hingga perlahan-lahan batuk berdahak pun sembuh. Caranya, dapat langsung mengkonsumsinya atau dijus.

7. Daun Kemangi

daun kemangi

daun kemangi

Daun yang satu ini mengandung obat batuk Ayurvedic dan ekpektoran yang berfungsi untuk memobilisasi lendir, selain untuk batuk daun kemangi bagus juga untuk mengatasi flu. Harumnya yang khas memberi sensasi segar, jika dikunyah dapat mengurangi bau mulut. Untuk mengatasi batuk berdahak, anda dapat sediakan 2 gelas air putih dan 3 daun kemangi lalu rebus hingga menjadi 1 gelas air putih. Minum ramuan ini dalam keadaan hangat dan segera habiskan untuk mendapatkan penyembuhan yang optimal.

 

8. Bunga Mawar

bunga mawar

bunga mawar

Bunga tidak hanya berguna untuk sebuah hadiah dari seorang laki-laki kepada wanita, namun dibalik keindahannya bunga mawar memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Bunga mawar dapat dijadikan obat herbal menyembuhkan batuk berdahak anda. Cara membuatnya juga sangat gampang, kumpulkan kira-kira 10 gr bunga mawar lalu masukan ke dalam 1 gelas air hangat yang sudah dicampur gula. Minum ramuan ini sebanyak 2x dalam sehari.

 

 

9. Air Hangat

air hangat

air hangat

Begitu banyak manfaat air selain diperlukan ketika anda haus, ternyata air hangat dapat memberikan kehangatan bagi tubuh. Seseorang yang sedang panas-dingin pun akan merasa hangat bila diberikan air hangat, begitupun dengan batuk berdahak. Air membantu mengencerkan dahak anda, meminum 7 sampai 8 gelas perhari sangat membantu menyembuhkan batuk berdahak. Bila hal ini kurang cepat menyembuhkan anda dapat lakukan point 1-8 sebagai tambahannya. Dengan begitu batuk berdahak anda akan perlahan menghilang.

Comments

comments

Be the first to comment on "9 Cara Alami Menyembuhkan Batuk Berdahak Dengan Cepat Tanpa Efek Samping"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Share Ilmu Ke Teman-teman Yuk
Di Like Yaaa...
Social PopUP by SumoMe