8 Makanan Yang Harus Dikonsumsi Untuk Bayi Sehat

makanan bayi
makanan bayi

Bayi adalah buah hati setiap orang tua, dengan terlahirnya seorang anak maka lengkap untuk disebut keluarga sejahtera. Bayi atau balita yang baru terlahir biasanya diberikan ASI, adapun yang memberikan susu balita. Namun pada umur 1-6 bulan, bayi harus mendapatkan ASI yang cukup. Ketika memasuki 6 bulan ke atas, baru perlahan dapat diberi sereal bayi untuk umur 6 bulan – 9 bulan. Hingga seterusnya…

Namun, apakah sereal bayi cukup memenuhi kebutuhan nutrisi dan gizi yang dibutuhkan sang bayi? Tentu tidak, ada beberapa makanan penting yang dapat anda berikan pada bayi, bila perlu tumbuk/blender hingga halus terlebih dahulu. Pertumbuhan bayi sangat cepat, namun porsi makanannya tidak banyak. Oleh sebab itu para Ibu harus lebih pintar untuk memberi asupan gizi ditengah makanan bayi.

8 Makanan Yang Harus Dikonsumsi Untuk Bayi Sehat :

1. Pisang

pisang

pisang

Pisang adalah salah satu buah yang kaya akan gizi, tidak hanya bagus untuk bayi tetapi cocok dikonsumsi siapapun juga tanpa memandang umur. Pisang memiliki kandungan kalium, kalsium, karbohidrat, vitamin C, vitamin B6, vitamin A, D, K, folat, niasin, mineral dan masih banyak lagi. Salah satu manfaatnya adalah meningkatkan kekebalan tubuh, untuk bayi hal ini sangat penting karena bayi membutuhkan asupan makanan sehat agar tidak terjadi cacat kelak mereka beranjak dewasa.

 

2. Alpukat

alpukat

alpukat

Alpukat tidak ingin kalah kaya manfaatnya dengan pisang. Dalam alpuket terkandung beberapa vitamin seperti vitamin A dan E, krotenoid, asam oleat, potasium, zat besi dan lemak nabati. Walau terdapat lemak nabati yang tinggi, namun alpuket tidak menyebabkan kegemukan, alpukat mengandung zat anti bakteri dan anti jamur. Untuk bayi, kandungan alpukat sangat dibutuhkan antara lain untuk mencegah datangnya anemia, menjaga kesehatan mata, meningkatkan kekebalan tubuh dan lain sebagainya.

 

 

 

3. Jeruk

jeruk

jeruk

Buah jeruk terkenal dengan kandungan vitamin C yang sangat tinggi. Apa fungsi dari vitamin C? Vitamin C merupakan salah satu vitamin yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, bagi orang dewasa, remaja, dan bahkan untuk bayi vitamin C benar-benar sangat dibutuhkan karena dapat memperkuat tulang sang bayi, baik untuk kulit, membangun kolagen, memperkuat otot bahkan daya ingatnya. Zat besi yang terdapat diberbagai makanan, akan dibantu oleh vitamin C untuk menyerap dalam tubuh sang bayi. Jadi, untuk para ibu, tidak usah takut dengan anak yang susah makan buah-buahan, terlebih buah jeruk rasanya manis keasaman. Anda dapat blender jeruk tersebut, lalu beri sedikit gula untuk rasa manis.

 

3. Blueberry

blueberry

blueberry

Blueberry terkenal dengan buah yang kaya akan antioksidan. Warna pada buah blueberry menandakan tingkat antioksidan yang berbeda-beda, seperti halnya blackberry, cranberry itu termasuk dalam keluarga blueberry dengan tingkat antioksidan yang berbeda. Pada tahun 1999, sekelompok ilmuan sepakat menyatakan bahwa blueberry bermanfaat mengurangi penuaan. Untuk bayi, blueberry sangat bermanfaat untuk pertumbuhan otaknya. Bayi memiliki cara penanggapan yang super cepat dibanding dengan remaja, tidak hanya itu, bayi harus mengkonsumsi blueberry untuk mendapatkan asupan mineral pada tubuhnya.

4. Kacang-kacangan

kacang-kacangan

kacang-kacangan

Kacang-kacangan adalah jenis makanan yang sangat gurih, sehat untuk dijadikan cemilan, lezat dan kaya akan gizi. Contoh kecil adalah jenis kacang tanah, kandungan gizi untuk ukuran 1 cangkir kacang adalah 828 kalori, 72 gram lemak, 37 gram protein, 24 gram karbohidrat, 12 gram serat dan 10 gram lemak, 58% magnesium, 37 zat besi, 10% kalsium dan lain-lain. Terkadang cacat pada bayi tidak terlihat hingga mereka tumbuh dewasa, namun terkadang orang tua kurang teliti terhadap kecacatan sang bayi. Maka dari itu, dari bayi berikan beberapa asupan termasuk kacang-kacangan karena dapat mengurangi kemungkinan cacat tulang dan cacat sistem saraf di otak.

5. Sayuran Hijau

sayuran hijau

sayuran hijau

Sayuran hijau seperti brokoli, bayam, kangkung, daun selada, lobak, dan masih banyak lagi sayuran yang mengandung zat besi dan folat. Sayuran hijau membantu meningkatkan aliran darah, meningkatkan metabolisme pada tubuh, memperkuat otot, dan sangat penting untuk pertumbuhan anak. Sayuran hijau termasuk kategori 4 sehat 5 sempurna, karena dalam sayuran hijau mengandung banyak vitamin C, vitamin K, dan kalsium. Bagi bayi, ini sangat penting untuk penguat tulang.

6. Air Kelapa

air kelapa

air kelapa

Untuk bayi, air kelapa bermanfaat untuk menambah sistem kekebalan tubuh karena mengandung riboflavin, niasin, piridoksin dan thiamin. Selain itu, bermanfaat melawan infeksi pada bayi. Tidak hanya untuk bayi, air kelapa bagus untuk ibu hamil, mitos mengatakan dengan mengkonsumsi air kelapa ketika sedang hamil akan mendapatkan bayi yang bersih. Faktanya air kelapa hanya bermanfaat untuk meredakan mual-mual. Untuk janin, air kelapa membantu menghindari berbagai penyakit, bakteri dan jamur. Sehingga dapat membantu bayi anda terlahir secara sehat.

7. Ubi Jalar

ubi jalar

ubi jalar

Menurut Wikipedia dijelaskan bahwa ubi jalar adalah salah satu jenis tanaman yang dibudidayakan karena bisa menjadi makanan pokok. Ubi jalar berasal dari Benua Amerika lalu dikembang biakan ke seluruh dunia pada abad ke-16. Ubi jalar mengandung vitamin A, vitamin b6, vitamin C, zat besi, magnesium, dan kalsium. Ubi jalar dapat dikonsumsi untuk menghindari datangnya berbagai penyakit, mengandung antioksidan untuk menepis radikal bebas, selain itu ubi jalar dapat menambah sistem imun pada tubuh. Maka ubi jalar termasuk salah satu makanan yang sangat penting untuk bayi atau balita anda.

8. Telur

telur

telur

Ternyata telur banyak manfaatnya untuk bayi dan balita. Dalam telur terdapat kandungan choline, vitamin B yang bermanfaat membantu mengembangkan fungsi otak. Untuk ibu hamil, telur sangat membantu agar bayi tidak terlahir cacat selain itu telur juga berguna untuk memberikan nutrisi pada tubuh. Saat bayi dan balita anda berkembang pengetahuannya, tidak ada salahnya memberi telur ditengah sarapan paginya.

Comments

comments

Be the first to comment on "8 Makanan Yang Harus Dikonsumsi Untuk Bayi Sehat"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Share Ilmu Ke Teman-teman Yuk
Di Like Yaaa...
Social PopUP by SumoMe