8 Kebiasaan Yang Dapat Merusak Gigi

kesehatan gigi
kesehatan gigi

Gigi berfungsi untuk mengoyak makanan yang kita makan. Kesehatan gigi pun harus diperhatikan. Tidak terlalu banyak  orang yang mementingkan bentuk gigi padahal semakin tua, lapisan gigi akan menipis hingga timbul gigi sensitif. Tidak sedikit orang paruh baya yang susah mengunyah makanan keras. Anda tidak ingin hal itu terjadi pada masa tua anda kan?

Ketahui 8 Kebiasaan Yang Dapat Merusak Gigi :

1. Merokok

rokok

rokok

Rokok memang mengandung zat-zat yang berbahaya, tidak hanya berdampak pada gigi, namun pada gusi, pernafasan, paru, jantung, hingga otak. Kandungan nikotinnya sangat berbahaya, berdampak melemahkan sistem imun dalam tubuh sehingga kemampuan melawan infeksi akan melemah seiring dengan waktu. Jika anda, tidak menjaga kebersihan gigi anda, anda harus mulai berfikir bagaimana nasib gigi anda menjelang 40 tahun kedepan.

2. Mengunyah Es

mengunyah es

mengunyah es

Banyak orang yang terbiasa membeli sirup denga es, yang kemudian esnya digigit atau mungkin sengaja mengunyah es, karena memang suka terlebih cuaca di Indonesia yang semakin panas di musim tropis. Ada beberapa hal yang menyebabkan seseorang senang mengunyah es batu, dapat dikarenakan telah memakan makanan yang pedas-pedas, atau memang hobi saja. Penelitian mengatakan, seseorang yang memiliki kebiasaan mengunyah es memiliki kadar hemoglobin yang rendah, dan dinyatakan mengidap darah rendah atau anemia. Entah apa hubungannya dengan kebiasaan tersebut, namun semakin anda mengunyah es batu walau yang ukuran kecil, semakin cepat enamel gigi terkikis akibatnya gigi anda akan rusak secara perlahan.

3. Tindik Lidah

tindik lidah

tindik lidah

Tindik lidah memang fashion, namun tindikan tersebut sangat gampang bergesekan dengan gigi, terlepas banyak cerita seseorang yang di tindik lidah, tidak menyadari ketika tindikan tersebut menghilang karena lepas saat makan. Seram kan?

 

 

4. Gula

gula

gula

Minuman yang mengandung kadar gula sangat berbahaya untuk gigi, karena meninggalkan jejak bakteri, membuat lengket pada gigi dan gusi. Hal ini sangat lebih berbahaya bila anda tidak biasa menyikat gigi pada malam hari, seseorang pernah mengalami penumbuhan tunas pisang dalam giginya karena kurang merawat gigi, dan pernah terjadi seseorang yang dihinggapi oleh beberapa belatung dalam giginya. Sebegitu penting anda merawat gigi, mulai dari sekarang. Mulailah menyikat gigi 2x dalam sehari.

5. Membuka Sesuatu Dengan Gigi

membuka sesuatu dengan gigi

membuka sesuatu dengan gigi

Membuka sesuatu dengan gigi dapat dicontohkan ketika anda membuka tutup botol yang susah dibuka dengan tangan basah, atau memang tutup botolnya keras seperti botol beer. Secara logika, jika dengan tangan yang menggunakan tenaga lengan saja tidak terbuka, apalagi dengan gigi? Sebegitu besar kekuatan gigi untuk membuka tutup tersebut, hal ini membuat tekanan keras pada gigi jika gigi anda rapuh hal yang ditakutkan malah rusak. Selain itu, bakteri dari barang yang anda gigit akan menempel pada gigi anda.

6. Minum Soda

minuman soda

minuman soda

Minuman soda mengandung asam dan gula hal ini menyebabkan kerusakan pada gigi anda. Jika anda termasuk orang yang menyukai soda, lebih baik anda minimalisir minuman tersebut dengan sedotan agar tidak kontak langsung dengan gigi anda, hal ini dapat anda gunakan ketika meminum kopi, teh atau minuman yang dapat merusak gigi ataupun merubah warna alami gigi. Setelah meminum soda, lebih baik anda meminum air putih untuk mengurangi frekuensi kandungan soda yang menempel pada gigi. Diperhatikan untuk tidak menyikat gigi setelah minum soda, anda dapat menunggu sekitar 30 menit setelah meminum soda, andapon dapat menyikat gigi.

7. Menyikat Gigi Terlalu Keras

menyikat keras-keras

menyikat keras-keras

Menggunakan bulu sikat yang keras bukanlah langkah menambah kemilau gigi anda, melainkan merusak enamel pada gigi dan membuat gigi sensitif. Waktu untuk menyikat gigi adalah 5-10 menit, hal ini tepat jika anda menggunakan bulu sikat yang halus, lakukan dengan gerakan melingkar. Hal ini dilakukan agar terhindar dari kerusakan-kerusakan pelindung gigi anda.

 

 

8. Mengigit Kuku

mengigit kuku

mengigit kuku

Kebiasaan ini sering terlihat pada anak yang masih berumur 5-10 tahun. Kebiasaan ini harusnya di antisipasi oleh para orang tua, karena selain berdampak pada kerusakan gigi, kebiasaan ini membuat bakteri dan kuman-kuman pada kuku masuk ke mulut dan dapat menyebabkan infeksi gusi.

Comments

comments

Be the first to comment on "8 Kebiasaan Yang Dapat Merusak Gigi"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Share Ilmu Ke Teman-teman Yuk
Di Like Yaaa...
Social PopUP by SumoMe