8 Cara Mengobati Sariawan Dengan Bahan Alami

sariawan
sariawan

Sariawan atau istilah kedokterannya di sebut stomatitis aftosa adalah suatu kelainan pada selaput lendir di mulut dalam segi fisik terlihat bercak putih yang permukaannya agak cekung. Sariawan pada mulut dapat mengganggu aktivitas mulut, seperti susah mengunyah, susah berbicara, ataupun menelan makanan. Sariawan sangat umum dijumpai dikalangan masyarakat manapun karena penyebab sariawan pun sangat banyak, antara lain :

sariawan

sariawan

  • Stress
  • Kurangnya asupan vitamin
  • alergi terhadap makanan
  • tergigit
  • kurang terjaganya kebersihan mulut
  • adanya kawat gigi
  • merokok
  • infeksi jamur candida albicans
  • gangguan pencernaan
  • dehidrasi
  • efek bakteri
  • hormon tidak seimbang
  • perubahan cuaca

8 Cara Mengobat Sariawan :

1. Air Kelapa

air kelapa

air kelapa

Air kelapa mengandung manfaat yang setara dengan susu sapi. Air kelapa juga terkenal sangat berguna untuk meredakan panas dalam karena air kelapa akan mendinginkan sistem pencernaan, dan menghilangkan dehidrasi. Ketika anda sedang dipertengahan perjalanan jauh dan merasa cuaca sangat panas dan kekurangan konsumsi air, ada baiknya anda membeli air, namun jika takut sering buang air kecil anda dapat membeli air kelapa untuk minuman ditengah perjalanan anda. Hal ini sangat berguna mengurangi kemungkinan terjadinya sariawan.

2. Daun Basil

daun basil

daun basil

Daun basil lebih terkenal dengan sebutan daun herbal, daun ini tumbuh di India dan menjadi pengobatan tradisional di negara tersebut. Karena daun ini memiliki banyak manfaat seperti mengatasi sakit kepala, mengatasi peradangan, mengurangi racun dan menyembuhkan malaria. Maka Basil itu sendiri dapat digunakan untuk mengatasi sariawan yang disebabkan oleh bakteri di mulut ataupun tenggorokan. Caranya pun sangat gampang, cukup rebus air yang telah campur daun basil hingga matang lalu minum air rebusannya, maka akan membantu menyembuhkan sariawan dari dalam.

3. Air Garam

air garam

air garam

Garam adalah salah satu bumbu masakan yang sering kita jumpai di dapur. Namun untuk mengatasi sariawan, garam berperan untuk mempercepat pengobatan pada luka sariawan, caranya cukup berkumur dengan air hangat yang sudah dicampur air garam. Lakukan hal ini sebanyak 3x dalam 1 hari, maka sariawanpun akan lebih cepat sembuhnya. Namun, kandungan garam berlebih jelek untuk gigi. Bila anda ingin proses air garam, namun tidak mengenai gigi, lebih baik celup kapas pada air garam lalu tempelkan pada sariawan. Walau terasa sangat perih, namun cara ini sangat tepat dan efisien.

4. Kunyit

kunyit

kunyit

Kunyit memang banyak manfaatnya selain sebagai anti inflamasi, kunyit dapat meyembuhkan batuk, demam dan luka. Selain itu kunyit juga dapat digunakan untuk kesehatan perut. Hal yang menonjol dari kunyit adalah warna kuningnya yang mengandung senyawa kurkumin. Kurkumin adalah antioksidan serta anti inflamasi sebagai zat antikanker. Dalam kasus sariawan, kunyit berguna untuk luka di dalam mulut. Caranya campurkan satu kunyit dan 1 sdm teh gliserin, lalu tumbuk hingga halus lalu oleskan pada luka sariawan.

5. Bawang Putih

bawang putih

bawang putih

Bawang putih tidak hanya berperan sebagai bumbu masakan saja, namun dapat anda gunakan bawang putih sebagai antiseptik, antivirus dan antibakteri. Hal ini tentu dapat mempercepat proses penyembuhan pada luka sariawan. Caranya pun sangat sederhana, anda hanya iris bawang sesuai dengan ukuran sariawan atau dapat lebih besar sedikit lalu oleskan pada luka sariawan, diamkan 10 menit lalu kumur-kumur, lakukan cara ini setiap hari. Bisa baca juga : Bawang Putih Dapat Dijadikan Obat Untuk Kesehatan

6. Minyak Pappermint

minyak pappermint

minyak pappermint

Seperti yang dijelaskan diatas bahwa penyebab sariawan adalah terjadi peradangan di dalam mulut, hal ini dapat anda antisipasi dengan menggunakan minyak pappermint. Caranya anda dapat campurkan minyak tersebut ke dalam air lalu kumurkan. Atau anda dapat oleskan langsung minyak tersebut pada luka sariawan lalu diamkan 15 menit kemudian berkumur hingga bersih. Minyak pappermint meminimalisir terjadinya iritasi pada daerah sariawan.

7. Mengkonsumsi Vitamin

jeruk

jeruk

Pada umumnya sariawan timbul karena tubuh kurang asupan vitamin B, C, asam folat dan zat besi. Anda dapat mengkonsumsi buah-buahan atau sayuran yang mengandung vitamin-vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh, bila ingin cepat anda dapat terus konsumsi jeruk, jamu air, pisang, tomat, kurma, serta sayuran seperti bayam, sayur brokoli. umbi bit, jagung dan lain-lain. Hal ini membantu memberi asupan vitamin yang dibutuhkan tubuh. Walau perlahan penyembuhannya, namun mengkonsumsi makanan tersebut memang sangat dibutuhkan oleh tubuh selain untuk mengatasi sariawan.

8. Yogurt

yogurt

yogurt

Yogurt berguna untuk menyeimbangkan bakteri-bakteri yang berada dalam mulut dan tubuh. Dengan kata lain, dengan mengkonsumsi yogurt dapat mengurangi dan mencegah terjadinya sariawan karena yogurt bekerja sebagai antibiotik untuk membunuh bakteri jahat, dan juga membantu melancarkan pencernaan.

Comments

comments

Be the first to comment on "8 Cara Mengobati Sariawan Dengan Bahan Alami"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Share Ilmu Ke Teman-teman Yuk
Di Like Yaaa...
Social PopUP by SumoMe