8 Cara Ampuh Berhenti Merokok

menghentikan rokok
menghentikan rokok

Indonesia telah memasuki peringkat ke 5 perokok terbanyak didunia. Dengan kandungan rokok yang telah diajarkan disekolah tidak membuat jera masyarakat. Dengan photo yang menyeramkan pada bungkus rokok pun tidak menjadi masalah. Malah semakin banyak orang yang memulai merokok, namun ternyata ada beberapa diantaranya yang menyadari dampak dari merokok dan ingin berhenti, namun susah?

Inilah 8 Cara Berhenti Merokok :

1. Kuatkan Niat Bulatkan Tekad

cara berhenti merokok

cara berhenti merokok

Segala sesuatu yang anda inginkan harus ada niat yang bulat. Untuk seseorang yang memiliki kebiasaan merokok memang sangat sulit untuk berhenti. Namun langkah awal anda memutuskan berhenti merokok telah menjadi salah satu awal dari keberhasilan. Jangan dulu menolak atau mengalah sebelum berhenti. Hal ini patut dipertahankan hingga anda benar-benar bisa berhenti total.

2. Meminta Bantuan Orang-orang Sekitar

Setelah niat dan tekad yang kuat, anda mulai dengan kegiatan normal dan coba beritahukan kepada teman-teman ataupun keluarga bahwa anda sedang berhenti merokok, dan tidak lupa untuk meminta support dari orang-orang terdekat anda. Mintalah pada mereka untuk sering-sering mengingatkan bahaya merokok pada kesehatan. Jika teman-teman anda merokok, minta mereka untuk tega meninggalkan rokok depan anda, jika tidak mau egoist. Bayangkan mereka yang perokok meninggalkan rokoknya demi kesehatan. Dengan begitu perlahan-lahan anda tidak akan latah dengan lingkungan anda jika lingkungan anda memang hampir semua perokok.

3. Atur Target Anda

Tidak ada salahnya mengatur target untuk berhenti merokok, tidak hanya kerja yang harus terus mengejar target. Dimulai dari anda memulai berhenti merokok, diusahakan perharinya mengurangi perbatang rokok, sampai akhirnya anda benar-benar berhenti total. Namun hal ini harus komitmen, terhubung dari point ke 1, tekad yang kuat. Cari alasan mengapa anda berhenti merokok, dan buat point 1, dan di point 3, tidak ada alasan anda untuk menoleh ke belakang, dengan arti anda harus komitmen dan konsisten. Untuk sebagian orang akan mengalami kesulitan berhenti merokok secara total, jadi atur target anda sesuai dengan yang anda mampu.

4. Hilangkan Kebiasaan

no smoking area

no smoking area

Merokok adalah suatu kebiasaan, maka dari itu cari suatu kebiasaan baru sebagai penggantinya, ada sebagian orang yang mencoba berhenti dengan cemilan, ada yang dengan mengkonsumsi buah-buahan. Hal itu memang lebih sehat dibanding merokok, konsumsi lah makanan yang anda sukai, tapi tidak untuk minuman beralkohol.

5. Cari Kesibukan

Untuk hari pertama setelah anda berkomitmen, coba lah sesuatu hal baru sebagai pengganti waktu jam merokok. Jangan terlarut-larut dalam kesendirian. Jika anda seseorang yang introvert, ada baiknya anda diam sejenak dan merenung. Cari kesibukan ditengah kesendirian anda, sehingga benar-benar lupa. Jika anda seorang yang extrovert anda dapat berkumpul dengan teman-teman, dan memulai aktifitas bersama dengan teman-teman sehingga benar-benar lupa niat untuk merokok.

6. Minum Air Putih

Air putih adalah salah satu upaya membuang racun-racun rokok yang ada dalam tubuh. Maka dengan itu, coba mengurangi kopi / teman minum rokok anda. Ganti dengan air putih, selain banyak manfaatnya, air putih juga mengobati tubuh kita dari dehidrasi, selain itu membuang racun secara cepat, pembersihan nikotin dalam tubuh anda tidak hanya dalam jangka waktu 1 hari atau 3 hari saja. Tubuh anda benar-benar membutuhkan waktu 1 hingga 9 bulan untuk mengeluarkan racun dari kandungan rokok. Mungkin anda dapat merasakan dengan hanya menyikat gigi dan memakai moutwash hingga sikat lidah, nikotin bekas rokok masih terasa menempel. Bayangkan saja, apalagi dengan nikotin yang didalam tubuh anda. Bagaimana nasib paru-paru anda? Pasti benar-benar hitam pekat.

7. Mengganti Rokok Dengan Yang Lain

hindari merokok

hindari merokok

Point kebiasaan utama adalah setelah makan. Semua orang perokok mengatakan bahwa setelah makan enek rasanya tanpa merokok. Memang, dengan merokok setelah makan dapat membersihkan sisa-sisa makanan yang menempel dalam mulut, namun statement ini sering disalah gunakan. Anda bisa mengkonsumsi buah-buahan dan minuman lain yang lebih sehat untuk tubuh anda dibanding dengan sebatang rokok. Itu sebabnya, biasanya seorang orang menyediakan beberapa buah-buahan sebagai pencuci mulut.

8. Hipnotis

hipnotis

hipnotis

Bila cara-cara diatas telah dilakukan namun anda kembali lagi merokok, tidak usah kwatir. Dengan zaman yang semakin canggih ini telah tersedia ahli hipnoterapist yang dapat membuat anda berhenti merokok secara cepat bahkan hanya 5 menit saja. Hal ini telah diketahui oleh banyak orang, namun masih banyak orang yang masih tidak percaya. Bagaimana kalau anda khususnya yang ingin berhenti merokok mencoba langsung saja. Hal ini dipercaya jalan cepat dan ampuh untuk berhenti merokok.

Tips :

Bagaimanapun merokok adalah suatu kebiasaan yang sangat sulit ditinggalkan, namun sayangnya yang merokok adalah orang menengah kebawah. Karena kalangan menengah keatas tidak memiliki waktu untuk merokok ditempat kerjanya. Dan sebagian besar mengetahui, dampak dari merokok. Selain hanya menghabis-habiskan uang, mereka juga tidak ingin menambah pengeluaran yang tidak berguna seperti rokok. Selain memberi keuntungan pada pabriknya, konsumen juga rugi, rela mengeluarkan uang demi membeli bibit penyakit.

Comments

comments

1 Comment on "8 Cara Ampuh Berhenti Merokok"

  1. thanks min atas infonya sangat membantu.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Share Ilmu Ke Teman-teman Yuk
Di Like Yaaa...
Social PopUP by SumoMe