5 Penyebab Terjadinya Penyakit Jantung Koroner

penyakit jantung
penyakit jantung

Penyakit jantung koroner adalah sebuah penyakit yang diakibatkan adanya penyempitan arteri akibat penumpukan plak Hal ini dapat menyebabkan kematian. Penyakit jantung, harus diketahui sejak dini, karena bila dibiarkan lama, pasokan darah pada jantung akan berkurang, hal ini ditakutkan mengalami gejala nyeri pada bagian dada dan lebih parahnya akan mengalami serangan jantung.

5 Penyebab Penyakit Jantung Koroner :

1. Merokok

Rokok adalah barang yang sering terlihat di tempat umum, bahkan jika di Indonesia kaum laki-laki sudah tidak segan-segan merokok di tempat umum, karena hal ini sudah sangat terlihat wajar. Namun tahukah mereka bahwa bahaya merokok sangat fatal untuk tubuhnya? Rokok terdiri dari Nikotin, yang menyebabkan tubuh ketagihan. Terdapat beribu senyawa kimia didalam rokok tersebut. Dan rokok adalah penyebab utama seseorang menderita berbagai penyakit salah satunya penyakit jantung koroner.

2. Tingkat kolesterol tinggi

Kolesterol memang di butuhkan oleh tubuh, namun bila mendapati kolesterol berlebih dampaknya malah terjadi penyakit jantung, pada jenis kolesterol jahat sifatnya akan menumpuk pada dinding arteri dalam, hal ini akan menambah resiko terjadinya penyakit jantung koroner.

3. Faktor Genetika

pola makan

pola makan

Dalam kasus beberapa penyakit, faktor genetik sangat berperan penting untuk mengetahui kemungkinan-kemungkinan penyakit yang diturunkan dari silsilah keluarga, hal itu berguna agar kita mawas diri terhadap penyakit tersebut. Tidak ada salahnya bila ada turunan penyakit ini, anda langsung konsultasikan ke dokter ahli agar terhindar dari hal yang memicu penyakit tersebut.

4. Gaya hidup dan pola makan yang tidak baik

Gaya hidup, pola tidur, makanan sehat dan rutinitas. Semua sangat berpengaruh pada tubuh. Tidak hanya menghindari penyakit jantung, namun gaya hidup dan pola makan teratur akan menjaga tubuh kita dari penyakit yang tidak diinginkan seperti maag, insomnia, terutama seseorang yang mengkonsumsi alkohol dan merokok. Sudah jelas rokok adalah alasan utama penyebab terjadinya penyakit jantung koroner, ditambah lagi dengan minuman beralkohol. Bila hal ini terus terjadi menjadi sebuah rutinitas, lambat laun tubuh anda akan mengalami disfungsi.

5. Sering stress

Konon katanya stress berkelanjutan dalam durasi yang sangat lama akan mengundang penyakit lain mengendap dalam tubuh. Apa benar? Well… Dalam hal ini stress dan depresi akan menyebabkan sempitnya pembuluh darah sehingga kemungkinan besar akan mengundang penyakit jantung. Dan penelitian mengatakan bahwa, seseorang yang sering mengalami depresi memiliki 2-3x resiko lebih besar mengalami penyakit jantung. Dari sekarang kurangi stress yuk. Masalah memang akan selalu datang, namun kalau hanya di fikirkan tidak akan menemukan solusinya.

 

Comments

comments

Be the first to comment on "5 Penyebab Terjadinya Penyakit Jantung Koroner"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Share Ilmu Ke Teman-teman Yuk
Di Like Yaaa...
Social PopUP by SumoMe