7 Penyakit Kulit Teraneh di Dunia

Dermatographia
Dermatographia

Ternyata di dunia ini terdapat beberapa macam penyakit yang kerap kali jarang dijumpai,  mungkin penyakit kulit lekat sekali dengan penyakit jamur, kadas, panu dan lain sebagainya. Tetapi faktanya terdapat 7 penyakit kulit yang jarang ditemui pada umumnya.

 

 

7 Penyakit kulit teraneh didunia yang jarang ditemui :

argyria

argyria

1. Argyria

Argyria memiliki ciri-ciri kulit biru, biasa disebut manusia smurf.

Argyria adalah suatu penyakit yang di sebabkan dari pengaruh bahan perak, dan membuat wajah berwarna warna. Penyebabnya karena penggunaan kosmetik yang berlebihan atau bisa karena sering beraktifitas dengan pertambangan perak.

Proses terjangkitnya terbilang singkat, ketika perak masuk ke dalam tubuh maka akan menimbulkan gejala seperti perubahan warna kebiru-biruan atau berwarna abu-abu.

Untuk pengobatan awal, penderita harus berhenti menggunakan kosmetik yang berbahan dasar perak dan diusahakan menggunakan tabir surya.

Studi kasus ketika tahun 2008 reporter ABC mewawancarai salah seorang penderita bernama Paul Karason, dengan terus terang Paul menceritakan telah menggunakan perak koloid karena penyakit radang sendi yang dideritanya. Paul berinisiatif meracik sendiri obat tersebut dan diminum 10 ons per hari. Tidak lama kemudian kulitnya berubah warna, ia pikir hal itu hanya bersifat sementara, namun sayangnya penyakit ini menyerang secara permanen.

Baca juga : Semut Jepang Hewan Kecil Dengan Sejuta Manfaat

manusia pohon

manusia pohon

2. Virus Human Pappiloma

Dede seorang nelayan dari Indonesia mengalami jenis penyakit kulit teraneh.

Kejadian berawal dari saat dia tergores sesuatu dan membuatnya terluka, saat menginjak remaja kutil satu persatu muncul, seiring dengan waktu kutilnya semakin banyak.

Karena penyakit tersebut membuatnya di pecat.

Menurut penelitian, penyakit yang menyerang Dede disebut Virus Human Pappiloma yang menyerang sistem kekebalan tubuh dan mengambil sistem seluler, sehingga terbentuk kutil-kutil yang banyak hingga akhirnya menumpuk.

Sejauh ini, belum ada pengobatan yang bisa menghilangkan penyakit yang dideritanya. Tapi dengan adanya bantuan dari berbagai pihak, perlahan dapat membantu Dede untuk menghilangkan kutil-kutil tersebut dengan bantuan operasi. Hasilnya pada tahun 2008 sekitar 6Kg kutil bisa dilepas dari tubuhnya.

Baca juga : Cara Simpel Mengobati Panu Dengan Bahan Alami dan Obat-obatan

sindrom manusia serigala

sindrom manusia serigala

3. Hypertrichosis

Penyakit jenis ini adalah penyakit tumbuhnya rambut dibagian yang tidak seharusnya. Hypertrichosis atau biasa disebut sindrom manusia serigala salah satu penyakit yang langka, yang disebabkan oleh kelainan genetik.

Salah seorang penderita sindrom manusia serigala bernama  Pruthviraj Patil dari India dengan usia 11 tahun.

Ia tidak pernah meninggalkan negaranya karena ekspresi orang yang terheran-heran melihat sekujur badannya di tumbuhi oleh rambut, disisi lain sebagian dokter sedang berusaha mencari penemuan untuk menyembuhkan penyakit ini secara permanen. Jadi untuk sementara penyembuhan dilakukan dengan bantuan operasi bedah laser.

garis blaschko

garis blaschko

4. Garis Blaschko

Garis Blaschko atau garis yang terdapat disekujur tubuh, yang tidak bisa dijelaskan secara logika.

Penyakit ini ditemukan oleh Alfred Blaschko seorang dokter kulit di Jerman pada tahun 1901. Penyakit ini terjadi karena pola yang tidak bisa dilihat lewat DNA.

Baca juga : 5 Cara Mengatasi Datangnya Uban Sejak Usia Dini

 

 

penyakit vitiligo

penyakit vitiligo

5. Vitiligo

Vitiligo adalah semacam penyakit gangguan depigmentasi.

Penyakit ini disebabkan karena puncak saraf tidak berfungsi normal. Penyakit ini masih kompleks dan belum dipahami sepenuhnya oleh para ahli.

Namun menurut beberapa sumber, penyakit ini disebabkan oleh beberapa faktor seperti genetik, autoimun, dan lingkungan. Ciri-cirinya pun sangat terlihat jelas seperti terjadinya bercak-bercak putih pada kulit.

Cara menanggulangi penyakit ini, usahakan menggunakan tabir surya dan memakai kosmetik untuk menutup bercak-bercak pada kulit.

Penyembuhannya pun berbentuk terapi pencahayaan, pembedahan dan obat-obatan, tetapi semua ada efek sampingnya, dan tidak semua penyembuhan tepat. Untuk sebagian orang penyembuhan memerlukan waktu yang cukup lama.

 

tungiasis

tungiasis

penetrans tunga

penetrans tunga

6. Tungiasis

Tungiasis atau terkenal dengan sebutan kutu liang yang masuk ke kulit dan bertelur dalam kulit.

Penyakit ini terjadi karena kutu yang di sebut Penetrans Tunga, kutu ini bersifat parasit dan menyedot darah, cepat berkembangbiak dan menyebabkan borok.

Hewan ini biasa masuk lewat kaki dan akan menetap. Mayoritas hewan tersebut biasanya bertempat di daerah yang tingkat kebersihannya minim.

Dalam investigasi tahun 1980 penyakit tungiasis di daerah Nigeria, Trinidad, dan Tobako mencapai  40 persen. Pada anak kecil penyakit seperti ini akan menyebabkan kematian, dan bila penderita orang dewasa  menyebabkan tidak bisa bekerja dan berjalan.

Baca juga : 7 Aksi Aneh Untuk Menurunkan Berat Badan

Dermatographia

Dermatographia

7. Dermatographia

Penyakit ini adalah penyakit langka dimana kulit lebih sensitif.

Hal ini terlihat ketika kulit digaruk, digores, ditekan maka akan muncul seperti gambar disamping. Walau begitu, penyakit ini tidak di anggap serius karena dalam kasus ini gejala akan datang dan pergi dalam waktu singkat. Tetapi bila gejala tersebut makin parah di anjurkan meminum obat antihistamin.Lebih bagus menghubungi ke dokter ahlinya.

Comments

comments

Be the first to comment on "7 Penyakit Kulit Teraneh di Dunia"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Share Ilmu Ke Teman-teman Yuk
Di Like Yaaa...
Social PopUP by SumoMe