7 Modal Kesehatan Ini Berpengaruh Penting Saat Memasuki Usia Senja

jangan salah mengelola tubuhjangan salah mengelola tubuh
Share Ilmu Ke Teman-teman Yuk...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on PinterestShare on StumbleUponShare on TumblrDigg thisShare on LinkedIn

Mari kita renungkan terlebih dahulu dengan judul yang saya buat, dan tanyakan pada diri anda apakah benar sehat itu investasi?

Seperti yang kita ketahui jika tubuh mengandung beribu sel yang berguna sebagai penangkal racun, namun semakin panjang usia, kadar penangkal racun dalam tubuh kian berkurang.

Salah seorang wanita asal Amerika Serikat bernama Jeralean Talley mampu mempertahankan umurnya hingga usia 116 tahun. Semasa hidupnya ia tidak mendapatkan perawatan khusus untuk menembus usia tuanya, ia hanya menjalankan pola hidup sehat, tubuhnya tidak ia biarkan berhenti bergerak hingga menembus angka 100 tahun ia belum berhenti menjahit.

Sehat memang investasi, anda dapat menabung kesehatan mulai dari sekarang ketika anda masih muda. Adapun beberapa faktor yang harus diperhatikan, antara lain :

1. Modal sehat

modal sehat

modal sehat

Bukan hanya orang sakit yang harus memiliki modal, orang sehat juga butuh modal. Mempersiapkan menu makanan sehat, mengkonsumsi kalsium, mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan juga termasuk modal sehat.

Namun hal itu tidak seberapa mahal, ketimbang memperbaiki kondisi tubuh yang sudah rusak. Ciri-ciri tubuh yang cepat lelah, gampang stress, susah tidur, dan nyeri sendi adalah tanda-tanda anda kurang asumsi makanan sehat.

Di dunia yang semakin modern ini, manusia lebih memilih mementingkan uang dan merelakan kesehatannya. Hasilnya, uangnya pun akan dipergunakan untuk membeli kesehatan. Di sini, kami akan bahas untuk tetep sehat dengan metode sesederhana mungkin.

Baca juga : 8 Makanan yang Harus Dikonsumsi Untuk Bayi Sehat

2. Jangan salah mengelola tubuh

jangan salah mengelola tubuh

jangan salah mengelola tubuh

Hal ini berhubungan dengan pengelolaan gaya hidup dan aktivitas sehari-hari. Contoh kecil salah memilih tempat tidur, beraktivitas berlebihan, membiarkan bahan kimia masuk di menu masakan.

Kesalahan karena rendahnya pengetahuan menyebabkan tubuh rawan akan bahaya. Ada beberapa tipe orang Indonesia untuk mengelola tubuh. Ada yang tau hal-hal yang salah, namun tidak diterapkan. Ada yang tidak tahu, dan tentu tidak diterapkan, dan ada yang tahu dan diterapkan. Persentase tipe orang yang terakhir masih tergolong sangat sedikit.

Salah mengelola tubuh terjadi karena ulah manusia sendiri, bila saja tahu cara menjaga tubuh, tentu tidak usah berobat dengan kerusakan yang diderita oleh tubuh dari aktivitas-aktivitas sehari-hari.

Salah satu contoh cara ketika mengangkat benda berat, bila anda mengangkat dengan posisi bungkuk. Ada kemungkinan terjadi pembengkokan tulang, namun jika anda mengangkat dengan posisi kaki yang menopang badan dan tidak membungkuk. Tidak akan terjadi pergeseran tulang.

3. Sehat itu investasi, sakit itu ongkos

Sehat itu investasi, sakit itu ongkos

Sehat itu investasi, sakit itu ongkos

Sama seperti BPJS, anda harus membayar sekian rupiah untuk menabung kalau-kalau penyakit menyerang anda dimasa tua. Namun sayangnya, sebagian orang tidak memilih jalan ini, dan tidak memilih pola hidup sehat juga. Dengan alasan untuk mengirit, atau meyakinkan diri sehat selamanya, dan alasan lainnya.

Sehat itu investasi yang harus dimulai sejak anda masih bayi, ketika seorang bayi membutuhkan ASI hingga umur 2 tahun, itu adalah investasi, imunisasi pun dilakukan untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak, ini pun salah satu bentuk investasi. Namun sayangnya, di Indonesia kalsium hampir tidak dilirik oleh sebagian banyak orang, membuat mereka lebih cepat mengidap osteoporosis sebelum usianya.

Lain halnya bila anda sakit, sudah dipastikan ongkos yang dikeluarkan. Dan ketika disembuhkan, penyakit itu terkadang akan kembali sewaktu waktu dengan tingkat yang lebih berbahaya.

Baca juga : 7 Manfaat Terapi Lintah Bagi Kesehatan

4. Meningkatnya gejala jantung dan stroke

Meningkatnya gejala jantung dan stroke

Meningkatnya gejala jantung dan stroke

Kehidupan modern sekarang, membuat karat lemak cepat merambat di dinding pembuluh darah. Zaman dulu, dinyatakan setelah umur 40 tahun orang tersebut rawan penyakit, namun zaman sekarang semakin maju pendidikannya, semakin maju pula usia yang sangat rentan penyakit.

Pada usia kanak-kanak, kurikulum sekolah bisa membuat sebagian anak stress sehingga membuat mereka tidak bisa bermain layaknya anak-anak zaman dulu. Ya, kembali lagi karena tuntutan hidup. Negara mana yang tidak mau menghasilkan anak yang pintar dan cerdas?

Namun, untuk anda ataupun anak anda. Bisa memulai mensiasati perkembangan zaman ini tanpa harus membawa efek samping negatif di hari tua. Caranya?

Menjaga asupan nutrisi sehari-hari, kalau sudah merasakan sesak nafas/ jantung sakit dalam beberapa detik, segerakan periksa. Gejala awal dapat segera ditanggulangi ketimbang harus menunggu.

5. Sehat optimal

Sehat optimal

Sehat optimal

Sehat optimal disini adalah sehat jasmani dan spiritual. Anak sekarang menghadapi zaman yang beda dengan zaman orang tuanya, tidak salah bila orang tua harus cerdas mendidik anak agar anak bisa menempuh perkembangan zaman.

Seorang anak yang sehat jasmani, tapi kurang bergaul, tidak bisa disebut sehat optimal. Begitupun sebaliknya, anak yang pintar bergaul, tapi tidak sehat jasmani belum dapat dikatakan sehat optimal. Disisi lain, teknologi yang canggih membuat anak rentan dengan radiasi. Kesehatan spiritual juga harus dijaga, dengan melakukan meditasi secara berkala anak dapat membuang aura negatif dalam tubuhnya.

Baca juga : 9 Cara dan Manfaat Meditasi Untuk Kesehatan

Jangan jadikan anak sebagai mesin pencari ilmu, anak membutuhkan kebebasan berekspresi dan bereksplorasi. Pintar tidak hanya di akademik, pintar bergaul juga menumbuhkan sikap percaya diri pada anak dan mengurangi aspek yang menimbulkan stress.

6. Cara membugarkan sel tubuh

Cara membugarkan sel tubuh

Cara membugarkan sel tubuh

Seperti yang sudah kita bahas di atas, dalam tubuh terkandung beribu-ribu sel yang menjaga kualitas tubuh agar tetap bekerja, namun sel tersebut ternyata membutuhkan asupan nutrisi dan oksigen yang cukup. Bila kedua hal tersebut tidak terjaga, kemungkinan sebagian sel tidak akan bekerja, dan membuat tubuh menjadi pincang.

Faktor yang berpengaruh menjaga kesehatan sel tubuh adalah menu makanan sehat. Kurang 1 nutrisi saja, akan berdampak tubuh menjadi pincang.

Adapun tips memilih menu sehat adalah menu yang tumbuh dari alam, karena sel dari alam diyakini tidak pernah mati.

Anda pun harus peka dengan kondisi badan anda, ketika duduk lama merasa sakit punggung, ketika sudah sulit berkonsentrasi, pastilah badan anda sudah kekurang nutrisi.

Baca juga : 7 Aksi Aneh Untuk Menurunkan Berat Badan

7. Memutarkan modal sehat

Memutarkan modal sehat

Memutarkan modal sehat

Anda pasti tidak mau sia-sia menjaga kesehatan anda, namun kurangnya pendidikan membuat anda cedera karena keteledoran.

Kita lihat ketika anda sakit maag, ada beberapa aturan yang dianjurkan dokter terkait menghindari maag kambuh lagi. Dan bila anda ingin belum terjangkit maag, anda pun tetap menjaga pola makan teratur. Bedanya, ketika anda sehat anda tidak perlu membayar uang renovasi tubuh. Ini artinya memutar modal kesehatan anda.

Disamping itu, anda dapat mulai melakukan pekerjaan atau rutinitas keseharian anda yang bermanfaat.

Baca juga : 8 Benda Ini Tidak Boleh Dipinjamkan Kepada Siapapun

Pola aktivitas keseharian untuk tetap hidup sehat :

  1. Rutin berolahraga
  2. Menjaga menu makanan (aneka sayuran dan buah-buahan)
  3. Konsumsi kalsium
  4. Perbanyak air minum
  5. Hindari kontak langsung dengan sinar matahari
  6. Beristirahat di waktu yang sama setiap hari
  7. Jaga kebersihan rumah dan tempat-tempat aktivitas anda
  8. Jaga posisi duduk
  9. Hindari tempat tidur yang permukaannya tidak rata
  10. Biasakan menghirup udara di pagi hari

Tulis aktivitas keseharian anda, dan lakukan secara berkala hingga membuat badan anda nagih melakukan aktivitas tersebut.

Lakukan check up rutin selama 1×1 tahun.

Share Ilmu Ke Teman-teman Yuk...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on PinterestShare on StumbleUponShare on TumblrDigg thisShare on LinkedIn

Comments

comments

1 Comment on "7 Modal Kesehatan Ini Berpengaruh Penting Saat Memasuki Usia Senja"

  1. Terimakasih gan sudah berbagi info modal kesehatan berpengaruh penting saat memasuki usia senja, sangat membantu.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Share Ilmu Ke Teman-teman Yuk
Di Like Yaaa...
Social PopUP by SumoMe