7 Manfaat Cabai Untuk Kesehatan

cabai
cabai

Cabai dikenal sebagai bumbu masakan yang terasa pedas dimulut. Selain penumbuhan tanaman cabai sangat gampang, ternyata cabaipun memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan tubuh. Tetapi tidak untuk penderita maag atau yang sedang sakit perut ya.

Cabai mengandung zat capsaicin yang bermanfaat sebagai anti inflamasi, anti jamur, anti iritasi dan anti alergi. Cabai rawet juga mengandung vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh diantaranya vitamin A, vitamin B6, dan vitamin C. Menurut Dokter Khursgeed Jeejeebhoy dari University of Toronto menganjurkan agar mengkonsumsi pedas secara teratur, karena menurutnya kandungan cabai dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan sangat baik bagi kesehatan, namun tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi cabai secara berlebihan.

7 Manfaat Cabai Untuk Kesehatan :

meningkatkan imunitas

meningkatkan imunitas

1.Meningkatkan Imunitas Tubuh

Warna pada cabai mengandung beta karoten yang tinggi, dengan 2 sendok cabai pada bumbu masakan anda, anda memenuhi 6% vitamin C, 10% vitamin A. Vitamin A yang sering dimanfaatkan sebagai anti infeksi, kandungan yang penting untuk membran mukosa pada saluran hidung, pencernaan, paru-paru dan melancarkan saluran kemih. Dari sini anda bisa melihat berbagai manfaat hanya dengan 2 sendok cabai dalam bumbu masakan anda.

menurunkan berat badan

menurunkan berat badan

2. Menurunkan Berat Badan

Menurut penelitian menunjukan bahwa cabai mengandung capsaicin, dihydrocapsiate yang membantu meningkatkan energi pada tubuh setelah beberapa jam memakan cabai. Cabai juga memberi kekenyangan pada perut anda, sehingga secara keseluruhan mengurangi kadar kalori berlebih. Hal ini terbukti ketika anda memakan seblak yang jelas sangat pedas dimulut. Selain membuat mata melek, perutpun terasa kenyang.

menjaga pencernaan

menjaga pencernaan

3. Menyehatkan Pencernaan

Sering anda dengar mitos bahwa cabai dapat merusak pencernaan karena sering kali membuat mulas. Namun faktanya, penelitian mengatakan bahwa dengan memakan pedas dapat membantu membunuh bakteri yang menyebabkan tukak lambung, membantu fungsi peristaltik usus, bahkan mencegah gangguan pencernaan. Selain itu cabai mengandung capsaicin yang bisa merangsang mikroorgranisme yang baik untuk pencernaan dan meningkatkan penyerapan nutrisi.

mengurangi rasa sakit

mengurangi rasa sakit

4. Mengurangi Rasa Sakit

Capsaicin yang terkandung dalam cabai tidak hanya membantu mencegah gangguan pencernaan, tetapi juga dapat meredakan rasa sakit kepala, mengurangi kemungkinan gejala sinus, dan meredakan sakit pada gusi. Tidak mengherankan kalau cabai banyak diminati oleh berbagai kalangan dan dikonsumsi oleh berbagai umur.

mengurangi resiko stroke

mengurangi resiko stroke

5. Mengurangi Resiko Stroke

Mengkonsumsi cabai dapat memperkecil resiko terserang stroke, hal ini dikarenakan cabai dapat membuat darah tetap encer sehingga sangat kecil kemungkinan terbentuk kerak lemak dalam pembuluh darah. Oleh karena itu dengan mengkonsumsi cabai secara rutin seseorang memiliki sedikit resiko terkena stroke, mengurangi resiko impoten, jantung koroner dan penyumbatan pembuluh darah.

mengurangi pegal-pegal

mengurangi pegal-pegal

6. Mengurangi Pegal-pegal

Ternyata diluar sana ada koyo yang komposisinya dari cabai. Hal ini bukan mitos semata. Cabai mengandung kapsisikol yang memberi rasa hangat bagi penikmatnya. Dan untuk anda yang memiliki gatal-gatal, koyo cabai dapat menjadi solusi yang tepat.

 

 

meredakan sakit tenggorokan

meredakan sakit tenggorokan

7. Meredakan Sakit Tenggorokan

Mungkin bingung dengan pernyataan tersebut? Ada tipsnya untuk meredakan sakit tenggorokan dan tidak harus mengkonsumsi cabai. Caranya adalah campurkan cabe rawit dengan air, gunakan untuk berkumur. Tips ini dapat meredakan sakit tenggorokan anda.

Efek Samping Mengkonsumsi Cabai :

sakit perut

sakit perut

Pada beberapa kasus mengkonsumsi cabai menimbulkan beberapa masalah, oleh karena itu tidak disarankan untuk mengkonsumsi cabai diluar kemampuan lidah, tubuhpun tidak selalu menerima kadar pedas dalam makanan. Pedas pada cabai timbul dari kandungan capsaicin yang kaya manfaatnya namun jika dimakan akan menyebabkan iritasi parah pada mulut termasuk lidah dan tenggorokan.

Pada awal mengunyah pedas, kandungan capsaicin yang kontak langsung dengan selaput lendir akan memberikan sensasi panas. Untuk meredakan pedas tersebut anda dapat memakan yoghurt untuk mengurangi rasa terbakar karena yoghurt dapat mengencerkan capsaicin dan mencegah kontak langsung dengan dinding perut. Sangat cocok untuk anda yang mengalami gejala maag ketika memakan makanan pedas. Senyawa kimia pada cabai seperti aflatoksin diketahui dapat menyebabkan beberapa kanker seperti kanker lambung, usus dan hati. Untuk menghindari penyakit tersebut, pastikan anda mengkonsumsi cabai dalam kadar yang tepat juga membeli cabai yang segar dan sehat.

Comments

comments

1 Comment on "7 Manfaat Cabai Untuk Kesehatan"

  1. Saya salah satu penggemar cabai atau makanan pedas, dan gak pernah tahu jika nutrisi dan manfaatnya ternyata sangat banyak. Nice share!

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Share Ilmu Ke Teman-teman Yuk
Di Like Yaaa...
Social PopUP by SumoMe