7 Manfaat Buah Anggur Untuk Kesehatan

buah anggur
buah anggur

Anggur adalah tanaman buah yang  merambat dan memiliki bentuk buah yang bundar, memiliki biji kecil dalam daging buahnya. Buah anggur sudah dibudidayakan sejak 4000 SM. Anggur salah satu buah yang memiliki nilai tinggi dipasaran jika dibandingkan dengan buah-buah yang lainnya, anggur memiliki berbagai jenis tetapi yang sering ditemukan adalah anggur hitam dan anggur hijau. Cara untuk menikmatinya juga sangat beraneka ragam dapat dibuat menjadi jelly, minuman anggur, kismis, minyak biji anggur, jus anggur atau bahkan dapat dimakan langsung.

Kandungan yang dimiliki buah anggur adalah vitamin A, C, B1, B6, dan K. Anggur kaya antioksidan dan fitronutrien yang bermanfaat untuk menyembuhkan sembelit, jantung, mencegah infeksi, menjaga mata, diabetes dan dapat menangkal radikal bebas. Selain itu anggur kaya akan polivenol dan reseratol yang berguna melancarkan metabolisme tubuh.

7 Manfaat Anggur Untuk Kesehatan :

1. Menjaga Kesehatan Mata

mata sehat

mata sehat

Anggur mengandung flavonoid. Flavonoid itu sendiri adalah salah satu substansi antioksidan yang berfungsi mencegah kerusakan dalam tubuh. Dalam anggur fungsi flavonoid mencegah terjadinya radikal bebas, mencegah infeksi, menyehatkan mata dan menjauhkan dari mata dari penyakit katarak.

 

 

 

2. Mengatasi Migrain

mengatasi migrain

mengatasi migrain

Jus anggur murni tanpa campuran air putih dapat menjadi obat utama bagi penderita migrain. Dengan membuat jus anggur tiap pagi dapat mengurangi insomnia karena anggur dapat meregangkan saraf yang tegang setelah seharian berfikir dan bekerja. Sehingga cocok juga untuk penderita insomnia atau susah tidur. Bahkan anggur dapat menenangkan diri dari masalah stress atau depresi.

 

 

 

 

 

3. Menunda Penuaan

tunda penuaan

tunda penuaan

Kandungan anggur yang kaya antioksidan dapat memperlambat proses penuaan dini. Dengan rutinitas setiap hari yang sangat padat tidak ada salahnya mempersiapkan buah anggur dalam kulkas dan mengkonsumsinya tiap setelah sarapan pagi dan rasakan khasiat buah anggur yang dapat memperlambat proses penuaan dari faktor kulit atau bahkan penuaan secara biologis.

 

4. Menjaga Kesehatan Pencernaan dan Ginjal

tubuh sehat

tubuh sehat

Buah Anggur dapat membersihkan asam pada ginjal sehingga ginjal tetap sehat, dan dapat melindungi tubuh dari pencernaan yang rusak sehingga cocok untuk diet karena buah anggur mengandung gula, selulosa dan asam organik yang berfungsi melancarkan buang air besar sehingga tidak ada kotoran makanan yang tersimpan berhari-hari, bagi yang ingin menjalani diet ketat, buah anggur adalah buah yang tepat untuk menjadi cemilan sehat rendah lemak.

 

5. Menjaga Kesehatan Jantung

jantung sehat

jantung sehat

Berdasarkan penelitian di Jepang dan Amerika Serikat kandungan senyawa fenol yang di dalam buah anggur sangat berperan kuat untuk mencegah penyakit jantung koroner dan kandung resveratrol menurunkan resiko jantung koroner. Dengan mengkonsumsi anggur secara rutin dapat meningkatkan kadar oksida nitrat dalam tubuh sehingga dapat mencegah pembekuan darah terutama saluran darah menuju jantung yang seiring dengan bertambahnya umur sangat rawan terjadinya pembekuan darah, dengan mengkonsumsi anggur secara rutin, dapat mengembalikan pelancaran saluran darah agar tidak terjadi pembekuan darah yang salah satunya menuju pada jantung.

6. Mengatur Gula Darah

mengatur gula darah

mengatur gula darah

Tidak disangka, ternyata anggur dapat mengatur gula darah dalam tubuh. Gula darah adalah salah satu penyakit yang paling ditakutkan, ketidak seimbangan kadar gula yang dikonsumsi setiap hari dapat mengacu pertumbuhan penyakit gula darah saat usia lanjut. Penyakit gula darah disebabkan dari tingkat gula yang tidak seimbang dan glukosa dalam darah. Dan Buah anggur mengandung glikemik yang sangat rendah, sehingga anggur dipercaya dapat mengobati penderita gula darah yang tidak seimbang dan juga dapat meningkatkan sensitivitas insulin.

 

7. Manfaat Lainnya

sehat

sehat

Anggur mengandung antivirus dan antibakteri yang berfungsi melindungi tubuh dari infeksi. Kandungan gula dalam buah anggur dapat menjadi sumber energi, bahkan menjadi cemilan sehat bagi yang sedang menjalankan diet ketat. Anggur dapat meningkatkan daya tubuh dan melancarkan metabolisme dalam tubuh, kandungan boron yang terdapat dalam anggur juga dipercaya dapat mencegah terjadinya osteoporosis.

Comments

comments

Be the first to comment on "7 Manfaat Buah Anggur Untuk Kesehatan"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Share Ilmu Ke Teman-teman Yuk
Di Like Yaaa...
Social PopUP by SumoMe