7 Khasiat Mengkonsumsi Rumput Laut

rumput laut kenyal
rumput laut kenyal

Rumput laut adalah sekelompok tumbuhan yang habitatnya tinggal di laut. Kandungan rumput laut sangat kaya akan protein. Kita bisa lihat negara Jepang, salah satu negara yang paling panjang angka usianya, karena menurut penilitan Jepang bisa mengkonsumi 500 ton rumput laut spiral dalam 1 tahun. Selain memiliki gizi yang stabil, rumput laut juga meningkatkan kualitas tubuh agar lebih sehat.

Sudah ribuan tahun lamanya rumput laut telah di manfaatkan bagi penduduk Jepang dan Cina. Rumput laut berjenis alga biasanya disebut seaweed.

Rumput laut berbeda dengan tanaman yang lain karena rumput laut tidak memiliki akar, daun, dan batang. Dalam segi warna pun beraneka macam ada rumput laut ganggang biru, coklat, merah, dan hijau.

makanan rumput laut

makanan rumput laut

Masih membahas rumput laut, mari ketahui kandungan nutrisinya. Dalam rumput laut terdapat 27,8 persen kadar air, 5,4 persen, protein, 33,3 persen karbohidrat, 8,6 persen lemak, 3 persen serat, abu 22,25 persen,  dan masih banyak kandungan nutrisi yang terdapat dalam rumput laut antara lain enzim, asam amino, vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin D, vitamin, E, vitamin K dan makro mineral.

Kalau negara Jepang bisa seperti itu, kenapa Indonesia tidak menjadikan rumput laut sebagai bahan menu utama?

Baca juga : 7 Modal Kesehatan Ini Berpengaruh Penting Saat Memasuki Usia Senja

 

Mari ulas beberapa khasiat rumput laut pada tubuh :

1. Mencegah Anemia

manfaat rumput laut

manfaat rumput laut

Rumput laut yang berjenis spirulina dapat menstabilkan jumlah sel-sel darah. Karena rumput laut bisa mengurangi hambatan sel-sel darah dan meningkatkan produksi sel darah dalam tubuh. Selain itu rumput laut memiliki kandungan zat besi yang sangat tinggi, cocok untuk penderita anemia.

2. Mencegah Kanker

Pada penelitian Harvard School of Public Health di Amerika, menyatakan bahwa wanita di Jepang memiliki 3x lipat lebih kecil kemungkinan terserang kanker Payudara, hal ini di karenakan pola makan mereka yang selalui membumbui rumput laut. Selain itu faktor tersebut juga membuat luka dalam tubuh lebih cepat sembuh.

Baca juga : 8 Menu Makanan Sehat Untuk Menurunkan Berat Badan

3. Bisa Untuk Diet

Didalam rumput laut terdapat serat alami dimana berfungsi melancarkan sistem pencernaan, kandungan serat juga membuat perut tidak cepat lapar.

4. Mendetoks Tubuh

Rumput laut bagus di konsumsi bagi orang-orang yang sering terkena polusi atau racun, kandungan klorofilnya dapat melakukan detoks pada tubuh secara alami.

5. Mencegah Keropos Tulang

Ternyata tidak hanya susu yang berguna untuk tulang karena kalsiumnya, ternyata rumput laut memiliki kandungan kalsium 5x lipat lebih banyak, maka dari itu rumput laut bisa mencegah keropos tulang dan gigi. Tidak ada salahnya, mulai sekarang kamu mengkonsumsi makanan ini!!

6. Pengganti Garam

Menurut penilitian di Inggris butiran rumput laut bisa di jadikan pengganti garam. Jika anda menggantikan garam dengan rumput laut, itu artinya anda dapat mengurangi resiko terkena penyakit stroke, dan resiko tekanan darah tinggi.

7. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Rumput laut memberikan stimulan yang berfungsi menjaga daya tahan tubuh dan menghasilkan antibodi, cytokines, dan sel-sel lainnya yang berguna meningkatkan imunitas dalam tubuh.

minuman rumput laut

minuman rumput laut

Beberapa penyakit juga bisa di sembuhkan bila sering mengkonsumsi rumput laut seperti batuk, asma bronitis, TBC, flu, cacingan, sakit perut, hepatitis, dan lain sebagainya.

Dengan adanya kehadiran IPCM Rumput Laut adalah harapan besar bagi negara Indonesia agar masyarakanya bisa hidup lebih sehat di tengah teknologi yang semakin maju, makin banyak bahan kimia yang menodai komposisi makanan yang berdampak negatif ke depannya.

 

 

 

 

Comments

comments

1 Comment on "7 Khasiat Mengkonsumsi Rumput Laut"

  1. Manfaat laut | January 9, 2015 at 10:13 | Reply

    Banayk banget ya manfaat rumput laut untuk kesehatan tubuh kita… Terimakasih informasinya sangat bermanfaat

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Share Ilmu Ke Teman-teman Yuk
Di Like Yaaa...
Social PopUP by SumoMe