7 Cara Menghilangkan Perasaan Galau Yang Berkepanjangan

galau remaja
Share Ilmu Ke Teman-teman Yuk...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on PinterestShare on StumbleUponShare on TumblrDigg thisShare on LinkedIn

Galau adalah perasaan gundah gulana atau perasaan yang tidak menentu ketika seseorang menghadapi situasi tertekan. Galau memang bukan penyakit fisik, namun dengan galau yang berkepanjangan seseorang akan mengalami tekanan batin dan melemahkan sistem kekebalan tubuh hingga besar kemungkinan seseorang melupakan kesehatan, sekolah atau kepentingan karirnya. Untuk orang yang tidak profesional, menghadapi perasaan galau akan melemahkan mentalnya sehingga menimbulkan perasaan yang malas, minder, salah bergaul, sampai dapat terjadi stres akut.

 

 

galau

galau

Galau tidak hanya dialami oleh anak muda, namun juga dapat dialami oleh orang tua dan yang menjadi perbedaan adalah mental, pengalaman dan cara menyikapi suatu permasalahan. Berfikir positif adalah salah satu cara menghadapi suatu masalah. Berpedoman pada fikiran negatif hasilnya akan menghasilkan sifat negatif juga. Namun apakah hanya dengan berfikir positif dapat melewati masa galau? Seiring dengan waktu anda pasti belajar untuk menghadapi suatu masalah. Dan ternyata ada cara mengatasi perasaan galau, mungkin beberapa tips ini akan membantu anda ditengah kegalauan anda.

1. Jangan Menyalahkan Diri Sendiri

tidak menyalahi diri sendiri

tidak menyalahi diri sendiri

Ingatlah, masalah akan selalu datang pada diri anda. Bahkan menjadi sahabat dalam hari-hari yang akan anda lewati. Hal ini patut disyukuri, dengan masalah dan melewati kegalauan anda akan membentuk diri menjadi seseorang yang lebih kuat. Dengan menyalahkan diri sendiri hanya akan membebani fikiran anda, masalahpun tidak kunjung selesai. Adapun orang yang sampai bunuh diri karena merasa tidak pantas untuk hidup didunia, hingga di Jepang disediakan tempat untuk melakukan bunuh diri, dan uniknya orang yang melihat kejadian bunuh diri hanya sibuk memotret atau memphoto pelaku bunuh diri. Hal ini sungguh disayangkan, begitu banyak jiwa yang tersakiti dan tidak menyanggupi menyelesaikan suatu masalah sampai akhirnya menyalahkan diri sendiri.

2. Mendengarkan Musik

mendengarkan musik

mendengarkan musik

Setiap orang memiliki cara tersendiri untuk mendengarkan musik, namun perlu diingatkan musik akan mempengaruhi suasana hati, dan ada baiknya bila sedang keadaan kalut tidak mendengarkan musik mellow atau sedih. Dengarlah musik yang membuat anda lebih semangat, bila anda suka menyanyi keluarkan teriakan anda mengikuti lirik lagu tersebut. Hal ini cukup membuat anda tenang.

 

 

3. Singkirkan Atau Hadapi

hadapi

hadapi

Jika anda galau karena cinta, ada baiknya untuk menyingkirkan kenangan-kenangan bareng mantan anda, melupakan memang tidak begitu mudah, namun berusaha menghilangkan hal-hal yang berkaitan dengan mantan akan sedikit membantu hingga perlahan anda benar-benar melupakannya. Jika anda galau dengan kerjaan, ada baiknya hadapi setiap masalah untuk mendapatkan pengalaman. Sesuatu yang berupa pelajaran berharga adalah sesuatu yang tidak untuk dihindari namun untuk dihadapi.

4. Lakukan Aktifitas Positif

menari

menari

Suasana hati yang buruk dikarenakan stimulus yang buruk. Anda dapat melawannya dengan mengisi waktu-waktu berharga anda dengan kegiatan atau hobi yang anda minati. Selain mendapat hal baru, kehidupan tidak monoton, dapat pelajaran baru, andapun dapat berfokus pada sesuatu yang anda senangi hingga akhirnya kegalauan itu perlahan terlupakan. Bila hanya bertumpu pada kegalauan yang sekiranya tidak ada jalan keluar, lebih baik segera meninggalkannya.

5. Perbanyak Sharing dan Bergaul

curhat

curhat

Cara satu ini cukup kuat untuk membantu mengatasi kegalauan anda. Dengan sharing, dapat saling bertukar fikiran dan pendapat. Walau pada dasarnya orang galau hanya butuh didengar, namun dengan bergaul dan bermain dengan teman-teman anda akan mendapatkan suatu zona nyaman walau mungkin ketika sendiri anda akan kembali memikirkan masalah anda. Sekarang waktunya buka fikiran anda, teman tidak hanya untuk menemani anda, dengan mereka pun anda dapat meminta pendapat, hidup memang memerlukan sosialisasi. Ada baiknya anda meluangkan waktu untuk meminta pendapat teman-teman anda, hal ini biasa disebut curhat. Namun jangan salah tempat curhat.

6. Pergi Ke Psikolog Atau Hipnoterapis

hipnoterapis

hipnoterapis

Jika masalah anda tak kunjung selesai dan hanya memberi beban yang teramat sangat berat, ada baiknya anda pergi ke psikologi atau hipnoterapis. Disana anda akan belajar kepribadian yang lebih positif. Berkonsultasi hanya untuk jalan yang sudah buntu, walaupun tidak akan ada masalah yang tidak terselesaikan.

 

 

7. Lebih Mendekatkan Diri Pada Agama

berdoa

berdoa

Momen galau adalah momen yang akan selalu dekat dengan anda. Anggap saja masalah adalah sahabat anda, mensyukuri setiap masalah yang datang dan berfikirlah untuk cepat menyelesaikannya. Jika masalah menyangkut beberapa kepala, lebih baik anda berkumpul dengan orang-orang yang bersangkutan dan mencari jalan keluar. Disisi lain, ada baiknya anda lebih mendekatkan diri dengan agama, hal ini tentu lebih banyak membantu agar anda tidak salah jalan. Ikhlas untuk berbuat baik, berdoa dalam berbagai keadaan tentu memberi ketentraman pada hati anda.

Kesimpulannya :

masalah di kantor

masalah di kantor

Galau bukan keadaan yang perlu dihindari namun tidak juga untuk dicari, masalah akan selalu datang dikehidupan anda dan tidak untuk dihindari. Mengontrol diri adalah salah satu tips ampuh agar anda tetap berfikir jernih. Berexplorasi adalah hal yang memang anda butuhkan untuk mendapatkan banyak pengetahuan dalam segi pengalaman ataupun pengetahuan. Semoga setelah membaca artikel ini, anda dapat lebih lapang menghadapi persoalan yang membuat anda galau.

Share Ilmu Ke Teman-teman Yuk...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on PinterestShare on StumbleUponShare on TumblrDigg thisShare on LinkedIn

Comments

comments

1 Comment on "7 Cara Menghilangkan Perasaan Galau Yang Berkepanjangan"

  1. sepertinya sharing tidak membantu deh… kebanyakansharing membuat flashback…

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Share Ilmu Ke Teman-teman Yuk
Di Like Yaaa...
Social PopUP by SumoMe