7 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Secara Alami

atasi fluatasi flu
Share Ilmu Ke Teman-teman Yuk...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on PinterestShare on StumbleUponShare on TumblrDigg thisShare on LinkedIn

Hidung tersumbat adalah salah satu gejala gangguan pernafasan, penyumbatan dapat terjadi pada sebelah hidung ataupun kedua hidung. Penyebab hidung tersumbat antara lain karena penyakit ringan seperti flu dan infeksi sinus. Terjadinya peradangan pada lapisan rongga hidung dapat mengakibatkan susah bernafas. Sepertinya disini tidak ada orang yang tidak pernah mengalami hidung tersumbat, dan ketika mendapati hidung tersumbat pasti akan membuat anda risih karena ketika ingin tidur pulas, terkadang tidak bisa karena sulit bernafas. Disini kami akan ulas beberapa cara alami untuk mengatasi hidung tersumbat, cara alami ini diyakini akan mempercepat penyembuhan.

Beberapa Penyebab Hidung Tersumbat Antara Lain :

  • Alergi
  • Polip
  • Iritasi hidung
  • Sinusitis
  • Sakit Kepala cluster
  • Tumor
  • Debu
  • Asap rokok
  • Benda asing

7 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat :

1. Jangan Membuang Ingus Kuat-kuat

atasi flu

atasi flu

Sering kita lihat disekitar kita yang sedang mengalami gejala flu atau pilek membuang ingus kuat-kuat, hal ini hanya membuat lapisan hidung meradang dan hasilnya penyumbatan akan semakin parah. Cara yang tepat adalah buang ingus secara lembut dari 1 lubang ke lubang lain secara bergantian sehingga tidak memahayakan lapisan hidung.

 

 

2. Air Panas

air panas

air panas

Hal ini sangat gampang dan dapat dilakukan sesering mungkin, kelembaban dan uap dari air panas dapat dihirup oleh hidung tersumbat fungsinya meringankan peradangan dan dalam waktu singkat anda dapat bernafas lebih dalam lagi. Walau dalam proses ini penyumbatan hidung berangsur membaik, tapi ada baiknya anda tetap membuang lendir dalam hidung.

 

 

 

3. Kompres Hangat

kompres

kompres

Cara ini perlu menyiapkan air hangat, hingga anda merasakan hasil yang diharapkan. Sediakan handuk kecil dan air hangat sesuai yang anda butuhkan, dan tempelkan pada hidung memanjang ke pipi kanan dan kiri, sebaiknya posisi berbaring dengan 1 bantal, dan ulangi caranya bila kain menjadi dingin hingga anda mendapatkan hasil yang diinginkan.

 

4. Menghirup inhaler atau minyak angin

menghirup minyak angin

menghirup minyak angin

Ke-2 bahan tersebut mengandung menthol dan kamper yang dapat membantu melancarkan hidung tersumbat. Cara penggunaannya pun sangat mudah, dapat langsung dihirup dan oles tipis dibawah lubang hidung, atau dapat dioles disekitar leher.

 

 

 

 

 

 

5. Konsumsi Makanan Pedas

makanan pedas

makanan pedas

Pernah melihat orang yang sedang makan pedas sampe muka merah dan ingusan, atau bahkan ampe keringetan? Hal ini dapat digunakan bagi yang mengalami hidung tersumbat. Rasa pedas pada makanan dapat merangsang lendir keluar hingga lendir lebih encer dan dapat dikeluarkan.

 

 

6. Tidur Dengan 2 Bantal

tidur dengan 2 bantal

tidur dengan 2 bantal

Hidung tersumbat sering kali mengganggu istirahat tengah malam anda, alhasil anda tidak bisa tidur dimalam hari. Tetapi jangan sampai hal ini mengganggu aktifitas pagi hari, sebelum beranjak tidur anda dapat menyediakan 2 bantal untuk mendapatkan posisi tidur setengah menuduk. Hal ini berguna agar pernafasan tidak tersumbat karena dampak adanya daya gravitasi dan dengan cara ini akan mengurangi penumpukan aliran darah pada hidung.

 

7. Steaming

steaming

steaming

Ternyata proses steaming tidak hanya bagus untuk rambut, steaming juga dapat mengurangi peradangan pada hidung dan memperlancar aliran pernafasan. Caranya, sediakan handuk kecil untuk rambut dan air baskom yang hangat, lalu cuci handuk dalam air panas lalu kurungi kepala dengan handuk tersebut. Diusahakan air tidak terlalu panas karena hal ini dapat merusak kesehatan rambut.

Share Ilmu Ke Teman-teman Yuk...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on PinterestShare on StumbleUponShare on TumblrDigg thisShare on LinkedIn

Comments

comments

3 Comments on "7 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Secara Alami"

  1. cara alami ini sangat berguna untuk ibu hamil, sebab wanita hamil tidak boleh minum sembarang obat

    • ya, betul sekali. cara-cara diatas cara alami tanpa menggunakan bahan kimia dan cara paling gampang untuk dilakukan dirumah.

  2. thanks gan infonya.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Share Ilmu Ke Teman-teman Yuk
Di Like Yaaa...
Social PopUP by SumoMe