7 Cara Ini Dapat Membantu Anda Mengatasi Nyeri Saat Haid

sakit haid sekunder
sakit haid sekunder

Pada hakekatnya wanita mengalami hal yang sangat berat selama hidupnya, contohnya ketika wanita melewati fase-fase alami saat pertama mengalami haid, pertama kali berhubungan intim, ketika sedang mengandung hingga akhirnya melahirkan dan juga menjelang menopause.

Salah satu masalah yang tiada henti adalah ketika wanita merasakan sakit di area perut saat menjelang, atau sedang mengalami haid. Itu memang sering terjadi namun yang membedakan dan membahayakan adalah sakit yang mengganggu aktivitas pekerjaan atau sekolah.

Nyeri haid terdiri dari 2 kategori, yaitu primer dan sekuner.

  • Nyeri haid primer adalah nyeri yang paling umum dialami oleh setiap wanita, yakni dari dismenore gejala sakit yang dialami di bagian perut bawah dan biasanya terjadi 1 hingga 2 hari menjelang haid.
  • Nyeri haid sekunder adalah nyeri yang terjadi 2 hari sebelum atau sesudah haid, nyeri pada sekitar panggul dan organ dalam. Ciri-cirinya nyeri akan semakin terasa ketika sedang haid dan akan menghilang 2 hari setelah haid berhenti.
nyeri haid

nyeri haid

Nyeri yang terjadi pada wanita menjelang haid adalah adanya kontraksi pada uterus hingga terjadi pelepasan zat kimia yang biasa disebut prostaglandin. Tingginya kadar tersebut menyebabkan wanita mengalami sakit kepala hingga merasa mual.

Biasanya wanita yang mengalami dismenore merasakan sakit pada punggung dan mengalami kram di bagian perut, karena ketika sedang mengalami haid tulang punggung terasa lemah. Hal yang terjadi memang normal, namun jika aktivitas anda terganggu dengan rasa sakit ketika haid, lebih baik anda cepat minum obat, namun jika dengan minum obat rasa sakit tersebut masih ada, kemungkinan besar rasa sakit itu dikarenakan faktor lain.

Gejala Yang Terjadi Ketika Sedang Mengalami Haid :

pusing

pusing

1. Pusing

2. Mual

3. Cepat Stress/depresi

4. Cepat mengalami kelelahan

5. Payudara membengkak

6. Nyeri pada bagian perut bawah

Cara Mengatasi Nyeri Saat Haid :

1. Mengkonsumsi Obat Pereda Nyeri Haid

obat pereda

obat pereda

Saat ini sudah banyak apotik yang menjual obat atau minuman untuk mengurangi nyeri saat haid, obat-obatan ini berupa analgetik atau pereda rasa sakit dan antipiretik untuk meredakan demam. Obat-obatan tersebut cepat bereaksi pada tubuh. Anda dapat membelinya sesuai dengan resep dokter.

2. Kunyit Asam

kunyit asam

kunyit asam

Kunyit asam adalah ramuan tradisional yang telah digunakan oleh wanita sejak zaman dulu. Kunyit dipercayai dapat meredakan rasa nyeri ketika datang haid dan dapat mengatasi keputihan juga. Selain itu manfaat lain dari kunyit dapat menyegarkan tubuh anda. Cara membuatnya pun sangat gampang, anda dapat membeli serbuk kunyit asam di toko jamu atau bisa juga anda buat sendiri, anda cukup membeli kunyit, asam jawa dan gula merah. Parut beberapa ruas kunyit, lalu tambahkan sedikir air, lalu peras dan ambil air sarinya. Lalu tambahkan asam jawa dan tambahkan gula merah sesuai keinginan. Rebus hingga mendidih lalu jamu kunyit asam siap diminum, untuk mengurangi nyeri sebaiknya anda minum ketika hangat.

3. Kompres Hangat

kompres

kompres

Jika nyeri haid tidak tertahankan, maka anda dapat melanjutkan dengan kompres air hangat ke bagian perut bawah anda. Kompres dapat dilakukan dengan botol kompres yang berisi air hangat lalu tempelkan pada bagian yang nyeri, atau dengan handuk hangat tidak lupa disertai dengan pijatan kecil pada bagian tersebut, hal ini berguna untuk merileksasikan bagian otot-otot yang tegang dan melancarkan peredaran darah didaerah tersebut, hingga nyeri akan mulai berkurang.

4. Komsumsi Makanan Yang Mengandung Zat Besi

makanan zat besi

makanan zat besi

Saat wanita menstruasi sangat rawan mengalami anemia. Hal ini dapat di antisipasi dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi, contohnya bayam, kacang-kacangan, daun singkong, hati ayam, ubi merah, kangkung, buah aprikot, buah jeruk, roti gandum, kismis, buah prune, kacang kedelai, daging sapi, ikan dan masih banyak lagi. Hal ini berguna untuk menggantikan darah yang terbuang karena haid. Selain makanan, minum air putih yang cukup juga dapat membantu mempertahankan kondisi tubuh agar tetap segar dan terhindar dari dehidrasi. Hindari minuman berkafein, es dan minuman bersoda.

5. Berbaring

baringan

baringan

Anda dapat mencoba berbaring di tempat tidur atau sofa, biasanya rasa nyeri selain daerah perut adalah daerah punggung anda, berbaring adalah salah satu cara paling sederhana untuk beristirahat sejenak, gunakan bantal untuk menyangga lutut dan ambil nafas dalam-dalam lalu hembus perlahan lakukan hal ini berulang-ulang hingga anda merasa rileks dan nyaman.

6. Olahraga Ringan

olahraga ringan

olahraga ringan

Olahraga ringan yang dapat membantu meredakan nyeri adalah berjalan kaki selama 30 menit, dengan begitu anda membuat gerakan otot sehingga dapat meningkatkan denyut jantung dan dapat melancarkan aliran darah juga meningkatkan metabolisme tubuh. Selain jalan kaki olahraga jogging juga salah satu olahraga alternatif untuk anda yang mengalami nyeri saat haid. Namun untuk anda yang senang dengan olahraga yang tenang tanpa banyak bergerak, anda dapat coba olahraga Yoga, yang fokus ke pernafasan. Ketiga olahraga tersebut sangat berguna untuk mengurangi rasa nyeri ketika haid, karena dapat merileksasikan otot-otot dan meningkatkan sirklus aliran darah.

7. Istirahat Yang Cukup

tidur siang

tidur siang

Dengan istirahat banyak hal tidak terduga yang didapatkan, contohnya kesegaran tubuh, fikiran yang jauh bisa lebih fokus, metabolisme tubuh yang cukup, meminimalisir tubuh terkena penyakit. Ternyata tidak hanya manusia yang membutuhkan istirahat, organ-organ tubuhpun membutuhkan istirahat untuk menghadapi hari-hari yang penuh aktivitas. Hal ini berkesinambungan dengan nyeri pada haid, dengan istirahat yang cukup dapat memimalisir otot-otot tubuh tegang, namun jika anda sudah cukup tidur tetapi masih saja mengalami sakit, ada baiknya anda luangkan waktu 1 jam untuk tidur di siang hari.

 

Comments

comments

1 Comment on "7 Cara Ini Dapat Membantu Anda Mengatasi Nyeri Saat Haid"

  1. Makasih infonya kak, sangat bermanfaat, biasanya saya juga sering mengalami nyeri haid seperti ini.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Share Ilmu Ke Teman-teman Yuk
Di Like Yaaa...
Social PopUP by SumoMe