7 Cara Alami Mengatasi Bau Mulut Tidak Sedap

bau mulut
bau mulut

Mulut sangat berperan penting dalam kehidupan sehari-hari. Dengan mulut, kita berkomunikasi. Dalam kerjaanpun, tidak pandang posisi dan kedudukan mulut sangat berguna untuk menjelaskan sesuatu. Ketika presentasi atau bahkan meeting. Tidak hanya dengan tutur kata yang sopan, namun dengan mulut sehat dapat memberi rasa percaya diri.

Dapat dibayangkan? Ketika anda mengalami bau mulut ketika sedang meeting dengan bos anda? Jangankan untuk berbincang-bincang, untuk menghembuskan nafas saja harus ditahan. Hal ini kurang efektif untuk menjalin komunikasi yang baik dimanapun anda berada. Oleh sebab itu, kebersihan mulut harus tetap dijaga.

7 Cara Alami Mengatasi Bau Mulut Tidak Sedap :

1. Menggosok Gigi

sikat gigi

sikat gigi

Seperti yang kami ulas di artikel 7 Cara Alami Memutihkan Gigi, disana dijelaskan bahwa dengan menyikat gigi 2x dalam sehari dapat mengangkat sisa-sisa makanan yang menempel pada gigi. Namun gunakan sikat gigi yang halus, karena bulu sikat yang keras tidak menjamin memutihkan atau membersihkan sela-sela gigi anda. Oleh karena itu anda tidak diharuskan menggosok gigi dengan tenaga/menekan ke arah gigi, hanya cukup menggosok gigi selama 5 menit sudah sangat membantu membersihkan gigi tanpa menyakiti gigi.

 

2. Benang Gigi

benang gigi

benang gigi

Bila anda peduli terhadap kesehatan gigi anda, ada baiknya anda sisakan waktu hanya 10 menit setelah menggosok gigi untuk membersihkan sela-sela gigi, bakteri lebih senang hinggap diantara sela-sela gigi yang akhirnya terbentuk sebuah plak dan karang gigi. Gunakan benang yang halus dan lakukan secara hati-hati. Bila terkena gusi kemungkinan akan melukai gusi dan akan berdarah. Walau begitu, ada baiknya anda lakukan ini 1x1minggu bila tidak memungkinkan dilakukan setiap hari. Mencegah lebih baik daripada mengobati, kan?

 

 

3. Obat Kumur Mouth Wash

obat kumur

obat kumur

Obat kumur mouthwash atau antiseptic dapat membantu menyingkirkan bakteri-bakteri secara keseluruhan. Bagusnya setiap sikat gigi terutama ketika beranjak tidur, anda gunakan mouthwash untuk membersihkan mulut secara keseluruhan, hal ini bagus untuk menghindari bau mulut. Terutama ketika anda sedang sakit gigi yang disebabkan lubang pada gigi anda membesar, anda dapat gunakan antiseptic untuk mengurangi bakteri-bakteri pada lubang gigi. Hal ini dapat mempercepat kesembuhan namun ada baiknya untuk konsultasi pada dokter ahli gigi untuk dicabut atau ditambal. Antiseptic hanya bersifat membantu, terlebih karena bahan kimia tidak dianjurkan digunakan setiap hari.

4. Sikat Lidah

sikat lidah

sikat lidah

Jarang sekali orang memerhatikan daerah sekitar lidah, padahal bila diselidiki lidah juga menjadi tempat bersarang bakteri. Coba anda beli sikat lidah yang tersedia di supermarket. Setelah sikat gigi dan berkumur, apa bau mulut masih menempel? Jika iya, sikat lidah anda 2x sikatan. Selidiki sikat lidah tersebut, akan ada seperti lendir yang berwarna kekuningan. Disitulah bakteri-bakteri menempel, sikat lidah sangat membantu membersihkan bakteri pada lidah. Jarang orang menggunakannya, karena berfikir sikat lidah kurang terlalu penting.

 

5. Air Putih

air putih

air putih

Salah satu penyebab bau mulut adalah mulut yang kering. Konsumsilah air putih yang banyak, agar tubuh tidak mengalami dehidrasi dan mulutpun terjaga dari bau yang tidak sedap. Mulut memerlukan air liur agar terhindar dari bau mulut. Namun, bila mulut tidak dapat menghasilkan air liur, ada baiknya anda konsultasikan pada dokter ahli, karena kemungkinan anda terjangkit penyakit xerostomia. Dimana mulut tidak dapat memproduksi air liur dan menyebabkan anda sakit gusi, susah menelan makanan, berkurangnya sensitivitas, dan lebih parahnya sulit berbicara.

 

6. Mengkonsumsi Buah-buahan

buah-buahan

buah-buahan

Untuk menghilangkan bau mulut, dapat dibantu dengan mengkonsumsi buah-buahan sebagai pencuci mulut. Dari sebutannya aja buah sebagai pencuci mulut, berarti buah dapat membersihkan sisa kotoran disela-sela gigi atau dalam mulut. Buah yang bagus dan kaya akan kandungan airnya adalah apel, pir, jeruk, nanas, jambu, melon, anggur, dan masih banyak lagi. Dengan mengkonsumsi buah-buahan dapat menyembuhkan bau mulut secara berskala. Selain itu, buah memberi nutrisi dan vitamin pada tubuh. Mulai sekarang, biasakan mengkonsumsi buah-buahan yuk!!!

 

7. Teh Hijau

teh hijau

teh hijau

Teh hijau kaya akan antioksidan yang berguna menyingkirkan bakteri dan kuman-kuman dalam mulut. Konsumsi teh hijau setiap pagi akan memberikan efek segar dalam mulut, dan untuk pengganti mouthwash anda dapat gunakan air yang sudah diberikan daun sirih agar mulut tetap segar. Hal ini telah diuji oleh masyarakat zaman dahulu sebelum terciptanya obat kumur kimia. Cukup konsumsi pada pagi hari sebelum anda beraktifitas.

Comments

comments

Be the first to comment on "7 Cara Alami Mengatasi Bau Mulut Tidak Sedap"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Share Ilmu Ke Teman-teman Yuk
Di Like Yaaa...
Social PopUP by SumoMe