6 Kenyataan Berpelukan Itu Penting Untuk Kesehatan

manfaat berpelukan
manfaat berpelukan

Apakah anda pernah berpelukan saat berada di tempat tidur? Dan apa yang anda rasakan? Berpelukan ditempat tidur memberi dampak kehangatan pada tubuh anda, hal ini sangat cocok jika kondisi tubuh anda sedang sakit, depresi, kedinginan, atau kurang enak badan.

Namun ternyata bukan hanya itu saja yang dirasakan saat berpelukan, ternyata pelukan bermanfaat menenangkan emosional anda, ada beberapa manfaat berpelukan untuk kesehatan. Mau tahu lebih dalam?

Manfaat Berpelukan Untuk Kesehatan :

1. Meningkatkan Sistem Imun

tubuh sehat

tubuh sehat

Saat berpelukan tubuh akan merasakan rileks dan nyaman, dengan sendirinya tubuh akan memproduksi lebih banyak sel darah putih hal ini berguna untuk meningkatkan sistem imun pada tubuh, menghindarkan dari infeksi atau beberapa serangan penyakit.

 

 

2. Meredakan Rasa Sakit

meredakan rasa sakit

meredakan rasa sakit

Pelukan dari seorang ibu atau anak juga dapat menunjukkan kasih sayang antar keluarga, membuat komunikasi satu sama lain lebih baik, selain itu sentuhan sayang terkesan bahwa ia mempedulikan anda, hal ini secara tidak langsung membuat rasa sakit yang anda alami mereda secara perlahan. Dalam segi perasaan dan perhatian sangat terpenuhi. Secara logika, tubuh akan menghasilkan senyawa oxytoxin sehingga rasa sakit perlahan menghilang.

3. Lebih Bahagia

lebih bahagia

lebih bahagia

Lain halnya ketika anda berpelukan dengan suami anda, dengan rasa sayang dan cinta, tubuh lebih banyak menghasilkan oxytoxin yang sangat berpengaruh pada suasana hati. Tidak sedikit orang yang menjadi terlihat bahagia ketika sedang bermesra-mesraan dengan pasangannya.

4. Meredakan Rasa Cemas

meredakan rasa cemas

meredakan rasa cemas

Hal ini patut anda coba, pernah merasakan di suruh presentasi dadakan? Jika memang tempat kerja anda senang dengan sureprise seperti itu, ada lebih baiknya anda berpelukan dengan sahabat, atau teman dekat anda sebelum meeting. Coba hal ini, dan rasakan hasil presentasi anda seperti apa. Secara misterius, berpelukan membuat tubuh memproduksi sesuatu yang berguna meredakan stress. Dari segi psikologi, pelukan kasih sayang dari orang-orang yang terdekat dapat membantu memberikan fikiran positif pada anda, alhasil segala hal yang anda lakukan akan lebih baik lagi.

5. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

penyakit jantung

penyakit jantung

Penelitian mengatakan bahwa berpelukan dapat menurunkan tekanan darah tinggi, secara otomatis berpelukan juga dapat mengurangi resiko penyakit jantung. Sesibuk apapun anda, akan selalu ada keluarga yang merindukan anda, maka sempatkan lah menemui keluarga anda, bertegur sapa, dan mulailah peluk mereka atau orang-orang yang anda sayang.

6. Memberi Kenyamanan

merasa nyaman

merasa nyaman

Berpelukan dengan siapapun dengan alasan karena sayang, perduli dan cinta. Sangat dapat membuat seseorang merasa nyaman, karena ini tidak sedikit para psikiater merangkul clientnya hanya untuk memberi mereka kenyamanan. Seseorang yang sedang sedih hingga menangispun, tidak pernah dibiarkan menangis begitu saja, selalu ada seseorang atau bahkan teman-temannya yang peduli, dan menunjukan rasa peduli tersebut dengan memeluk temannya yang sedang sedih.

Ternyata banyak sekali manfaat berpelukan ya, sangat bersyukur bagi anda yang memiliki teman-teman yang menyayangi anda dengan tulus, atau mungkin pasangan anda yang selalu memeluk anda ketika anda sedih, atau bahkan suami? Dengan pelukan, sedikitnya 30% masalah seolah hilang, dengan kepedulian dari orang-orang sekitar akan memperkuat perasaan positif bagi anda, hingga akhirnya anda seolah-olah diberikan kekuatan untuk menghadapi suatu masalah.

Comments

comments

Be the first to comment on "6 Kenyataan Berpelukan Itu Penting Untuk Kesehatan"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Share Ilmu Ke Teman-teman Yuk
Di Like Yaaa...
Social PopUP by SumoMe