5 Manfaat Rokok Elektrik Yang Masih Diperbincangkan

rokok elektronik
rokok elektronik

Rokok Elektronik adalah sebuah bentuk inovasi dari bentuk rokok tembakau menjadi rokok modern. Sejarah rokok elektronik pertama kali dikembangkan pada tahun 2003 oleh salah satu perusahaan di Beijing, yang sekarang telah pindah tangan dan ganti nama menjadi Golden Dragon Group Ltd, Ruyan mengambil alih proyek teknologi-teknologi yang telah muncul dan mengembangkannya hingga namanya menjadi SBT RUYAN.

Rokok elektronik atau terkadang disebut rokok elektrik adalah rokok yang diklaim lebih sehat dan lebih ramah lingkungan dibanding dengan rokok tembakau, selain itu rokok elektrik tidak meninggalkan asap dan bau. Rokok elektronik tidak seperti rokok umumnya yang dibuang, dikarenakan rokok elektrik dapat diisi ulang selain itu kelebihan rokok elektrik juga cukup menghemat uang saku. Contoh-contoh produk rokok elektrik dipasaran memiliki berbagai nama diantaranya ecigarro, green-cig, rokok elektronik, electro-smoke, dan smartsmoker.

Mari Kita Ketahui Beberapa Alasan Menggunakan Rokok Elektrik :

1. Bukan Asap Tapi Uap

asap rokok elektrik

asap rokok elektrik

Rokok elektronik atau dapat disebut rotrik tidak menghasilkan asap melainkan uap hasil pembakaran tidak sempurna. Seperti yang telah diketahui, uap rokok elektrik adalah hasil pembakaran karbon monoksida atau CO dan dilepas dalam jumlah tertentu. Karbon monoksida adalah gas beracun yang tidak berwarna dan tidak berbau yang biasa digunakan oleh pabrik industri, kandungan ini sangat berbahaya bila masuk dalam tubuh manusia karena akan mengurangi kadar oksigen dalam darah. Alhasil pengurangan kadar oksigen secara terus menerus akan menghambat pemompaan jantung dan gangguan-gangguan kesehatan lainnya karena tidak memenuhi kebutuhan normal tubuh.Kabut uap yang dihasilkan oleh rotrik adalah hasil pemanasan dari benda cair dengan kata lain kabut itu yang sering terlihat di klub-klub malam ataupun konser musik juga didalam pertunjukan theater karena dalam ketiga kegiatan tersebut sangat dibutuhkan efek khusus.

2. Ramah Lingkungan

asap rokok

asap rokok

Dikarenakan rotrik tidak mengandung bahan yang bersifat polusi, maka rotrik termasuk lebih bersahabat dengan lingkungan dan tidak merugikan perokok pasif. Siapapun dan dimanapun dapat menggunakan elektronik tanpa harus menghiraukan larangan merokok, selain itu rotrik tidak meninggalkan abu yang dapat mengotori barang-barang sekitar anda. Rokok elektrikpun tidak mengandung asap seperti rokok biasa yang menyebabkan bau tidak sedap yang menempel pada pakaian, rambut, kulit dan pernafasan. Namun perlu disadari zat-zat yang berbahaya pada asap dapat menempel langsung pada kulit terserap masuk kedalam aliran darah yang berdampak variasi pada kesehatan individu masing-masing.

3. Hemat Biaya

hemat uang

hemat uang

Penggunaan rotrik selama 1 tahun diperkirakan dapat menghemat pembelian rokok hingga 25% setiap harinya. Tidak seperti asap yang sangat boros, dikarenakan rokok tembakau selalu menyala, tidak seperti rokok elektrik yang hanya menekan tombol untuk memanaskan cairan hingga 100-300 derajat celcius. Maksud disini, rotrik tidak mengeluarkan kabut uap secara terus menerus walau dalam kondisi stand by, berbeda dengan rokok tembakau yang dalam kondisi stand by pun perlahan akan cepat habis.

 

4. Non Adiktif

zat adiktif

zat adiktif

Rotrik tidak mengandung zat-zat yang bersifat adiktif. Zat adiktif adalah zat kimia yang menyebabkan ketergantungan atau kecanduan bagi pemakainya. Salah satu zat adiktif yang lebih berbahaya dari heroin adalah nikotin. Seperti fungsinya nikotin memiliki peran mengalihkan kemampuan fungsi saraf otak dan tubuh seseorang. Dengan mengkonsumsi nikotin, anda akan bersemangat, memiliki perasaan rileks dan bertenaga namun pada rokok tembakau peran nikotin hanya berfungsi untuk hisapan awal saja. Dan parahnya, dengan mengkonsumsi nikotin secara terus menerus, kadar dosisnya akan bertambah seiring dengan waktu, secara garis pandang seseorang rata-rata orang mengetahui bahaya dan dampak mengkonsumsi nikotin seperti apa, namun dikarenakan mereka sudah candu akhirnya mereka tidak terlalu peduli dengan bahayanya nikotin.

5. Gaya Hidup

gaya hidup

gaya hidup

Dilihat dari teknologi yang makin sini makin canggih dan makin trendy, rokok elektrik adalah sosok rokok yang terlihat lebih bergaya dan modern bila dibanding dengan rokok tembakau. Zaman sekarang, orang-orang yang menggunakan rokok elektrik adalah orang yang peduli dengan kebersihan lingkungan, kesehatan, dan orang-orang sekitar. Hal ini terlihat dikarenakan rokok elektrik tidak menyebabkan polusi udara, tidak meninggalkan bekas, dan tidak membahayakan orang-orang sekitar.

 

Faktanya :

Hampir seluruh negara masih melarang penjualan rokok elektronik, dikarenakan tidak terjamin kesehatan penggunanya. WHO mendesak pembuat rokok elektronik untuk tidak memasarkannya sebagai produk pengganti rokok tembakau dikarenakan rokok elektronik bukanlah pilihan yang baik untuk cara berhenti merokok, sampai saat ini belum ada penelitian tentang dampak rotrik, walaupun begitu jangan sampai anda terlena untuk mengkonsumsi rotrik karena bisa jadi rotrik adalah produk yang lebih berbahaya dibandingkan dengan tembakau. Hal ini bisa anda lihat dilingkungan sekitar anda, pernah anda bertanya pada diri anda ” jika pengguna rotrik aman dan dapat dijadikan pengganti rokok tembakau, mengapa hanya sedikit orang yang menggunakan rotrik? “ jawabannya bukan karena rotrik memiliki harga mahal, atau susah didapat. Hal ini karena jelas rotrik lebih berbahaya dibanding rokok tembakau. Baik buruknya rotrik, hanya anda yang dapat menyimpulkan.

nikotin liquid

nikotin liquid

Kandungan pada rotrik adalah campuran dari nikotin dan propilen glikol. Kandungan zat pada setiap merek isi ulang rotrik sangat  beragam, pada dasarnya nikotin memang  dapat menyebabkan kanker dan penyakit lainnya. Sedangkan propilen glikol, adalah zat yang biasa digunakan sebagai pewarna dan pemanis, jika dikonsumsi dapat mengalami iritasi. Dan bila di telusuri rotrik mengandung toluen, p-xylene, acetaldehid, timbal, kadmium dan zat-zat berbahaya lainnya.

Comments

comments

7 Comments on "5 Manfaat Rokok Elektrik Yang Masih Diperbincangkan"

  1. Mnrut saya, kbnyakan org gak memakai rotrik mgkin karena rasa yang mereka inginkan tidak ada pada rotrik trsebut. Smua org kan memiliki rasa yang berbda-beda. Sdgkn pada rotrik hanya ada rasa-rasa tertentu dan kebnyakan rasa buah-buahan. Sdangkan rokok biasa yang umumnya orang-orang gunakan bkanlah rasa buah-buahan melainkan rasa tembakau. Slain itu mgkin msih sbagian besar orang-orang blum mngerti Tentang manfaat atau keuntungan dari produk tersebut..

  2. Septian Kisanagi | December 16, 2014 at 11:06 | Reply

    bagi saya rotrik itu sangat membantu untuk memberhentikan merokok. gak tau nya ternyata rotrik lebih berbahaya dari rokok tembakau. thank’s

  3. merokok mati, tidak merokok juga mati. lebih baik merokok sampe mati!
    gimana?

  4. Rotik membantu saya akhir2 ini, hemat uang, dan berhenti merokok tembakau yg zat adiktif ny yg lebih banyak berbahaya. Karena berhenti merokok tembakau membuat nafsu makan saya meningkat, saya juga gak menutup kemungkinan rotik memiliki zat yg berbahaya, karena bukan terbuat dari bahan baku alami, tapi setidaknya untuk 3bulan ini rotik membantu saya lepas dari candu rokok tembakau, dan rotik saya sendiri pun akhir2 ini jarang terpakai karena saya tidak merasa kecanduan memakai rotik.

  5. There are about 200 brands of e-cigarettes in the marketplace now,
    making up only one percent of this smokers marketplace.

  6. Thanks min atas infonya sangat bermanfaat.

  7. di blog ini membahas 5 manfaat rokok, elektrik, sedangkan baca di blog lain membahas tentang bahaya rokok elektrik, jadi binggung saya gan soalnnya saya merokok elektrik, tolong bantu gan pencerahan yang sesungguhnya, makasih 🙂

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Share Ilmu Ke Teman-teman Yuk
Di Like Yaaa...
Social PopUP by SumoMe