5 Cara Mengatasi Datangnya Uban Sejak Usia Dini

menghindari tumbuhnya ubanmenghindari tumbuhnya uban
Share Ilmu Ke Teman-teman Yuk...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on PinterestShare on StumbleUponShare on TumblrDigg thisShare on LinkedIn

Uban, ketika seseorang membicarakan uban otomatis dibenak anda membayangkan jika dia sudah separuh baya. Memang benar, wajarnya ketika usia kita sudah menua perlahan uban tumbuh helai demi helai. Sayangnya, sebagian orang menutupi ubannya dengan pewarna rambut. Namun apakah cara ini efektif? Tumbuhnya uban memang wajar, namun sangat tidak wajar bila datang sebelum waktunya. Dan salah satu tumbuhnya uban dikarenakan hormon yang kurang produktif karena termakan usia. Karena seiring usia produksi kebutuhan tubuh berkurang, sama halnya dengan sel-sel pigmen yang berpengaruh terhadap rambut.

Yang harus diwaspadai untuk wanita, ketika tumbuh uban pada umur 30 tahun ke atas , dan pada pria umur 40 tahun ke atas. Pada zaman sekarang faktor kebutuhan hidup lebih banyak, sangat gampang memicu tumbuhnya uban. Ketidak seimbangan hormon pun, adalah salah satu penyebab tumbuhnya uban sejak dini. Selain itu apa sajakah penyebab datangnya uban sejak usia dini?

3 Faktor Penyebab Datangnya Uban Pada Usia Dini :

1. Stress

stress

stress

Siapa yang ingin jauh dari stress? Namun dengan kebutuhan yang semakin meningkat, kita sangat mudah terjangkit stress. Bahayanya, stress tidak bisa di anggap penyakit. Lalu apa hubungannya stress dengan uban? Perlu anda ketahui, stress salah satu penyebab terhambatnya produksi melanin alami rambut. Dan jika kegiatan sehari-hari anda tidak seimbang dengan istirahat maka hal ini akan membutuhkan asupan vitamin B12 lebih banyak dan bila tubuh kehabisan cadangan vitamin B12, maka hal ini mempercepat tumbuhnya uban karena hormon anda sudah tidak akan seimbang.

2. Gizi Buruk

gizi buruk

gizi buruk

Gizi buruk bukan berarti seseorang yang memiliki perut buncit, kulit hitam dan tidak terawat. Dimanapun kita berada, selalu ada kemungkinan dimana kita tidak memperhatikan asupan gizi setiap harinya. Khususnya bagi anda yang tidak memiliki waktu memasak sayuran. Bisa anda bayangkan? Diluar sana terdapat seorang wanita bernama Susan Reynold yang terbiasa memakan buah-buahan dan sayuran mentah. Alhasil, orang sering salah menebak usianya karena terlihat sangat muda. Ingin seperti itu? Beri asupan nutrisi untuk tubuh anda dimulai dari apa yang anda makan dan minum. Selain sehat untuk tubuh, gizi juga akan membuang racun-racun dalam tubuh membuat anda tetap sehat hingga usia tua. Metabolisme tubuh lancar, ubanpun tumbuh diusia anda tua.

3. Faktor Gen

faktor genetik

faktor genetik

Faktor ini yang susah di tangani, namun dengan beberapa metode diatas bisa meminimalisir tumbuhnya uban. Orang tua yang melahirkan anak mewariskan kromosom yang diturunkan pada anaknya. Ternyata tidak hanya penyakit yang dapat ditularkan ya, ternyata uban juga berpengaruh pada faktor genetik. Tapi tidak usah berkecil hati, ada beberapa cara untuk meminimalisir tumbuhnya uban di usia dini. Semoga bermanfaat!!!

Cara Mengatasi Tumbuhnya Uban Sejak Usia Dini :

1. Menggunakan Biji Pepaya

biji pepaya

biji pepaya

Seperti yang dibahas di artikel sebelumnya tentang biji pepaya yang mengandung vitamin A, vitamin C yang bermanfaat membantu menyeimbangkan hormon tubuh. Hasilnya, sangat minim tumbuh uban jika usia anda 20-30 tahun. Tidak aneh jika zaman dulu ketika masa kerajaan, biji pepaya sudah digunakan sebagai bahan herbal untuk menjaga kesehatan rambut. Cara membuatnya, sangrai biji kelapa lalu tumbuk kemudian beri minyak kelapa secukupnya, lalu anda olesi pada kulit kepala lalu bersihkan dengan shampoo. Untuk hasil maksimal lakukan masker rambut biji pepaya 1x dalam seminggu.

2. Minyak Kelapa

minyak kelapa

minyak kelapa

Kombinasi minyak kelapa dan air jeruk nipis menghasilkan senyawa mineral alami untuk rambut. Racikan ini membantu memperlambat datangnya uban karena memberi nutrisi alami untuk sel kulit kepala. Selain itu membantu rambut tetap hitam dan sehat. Cara membuatnya, campurkan minyak kelapa dengan air jeruk nipis tidak terlalu cair dan tidak terlalu kental, takaran secukupnya disesuaikan dengan panjang rambut. Setelah anda keramas, gunakan masker rambut minyak kelapa selama 30 menit. Lalu bilas.

3. Minyak Kemiri

minyak kemiri

minyak kemiri

Minyak kemiri mengandung mineral essens yang berguna meningkatkan produksi melanin pigmen yang dibutuhkan oleh rambut, selain menjauhkan datangnya uban, minyak kemiri juga dipercaya dapat membantu menjaga warna rambut anda tetap hitam berkilau. Cara membuatnya, sangrai kemiri hingga kering lalu tumbuk sampai mengeluarkan minyak, lalu gunakan minyak tersebut pada kulit kepala dan diamkan 15 menit, lalu bilas hingga bersih.

 

 

 

4. Teh Basi

teh basi

teh basi

Teh yang didiamkan selama semalam mengandung antioksidan yang tinggi. Cara ini sangat efektif membantu produksi pigmen-pigmen untuk pertumbuhan rambut sehat, cepat lambat rambut anda yang rontok tergantikan dengan rambut sehat hitam berkilau. Caranya, seduh teh seperti biasa namun diamkan selama semalam. Esok harinya gunakan teh tersebut pada kulit kepala sambil dipijat lalu diamkan selama 30 menit. Bilas hingga bersih.

5. Yogurt Pahit

yogurt

yogurt

Yogurt adalah susu yang sudah difermentasi, mengandung asam laktat yang dapat membantu membunuh sel-sel mati, pada rambut yogurt berguna untuk menyingkirkan ketombe dan menyehatkan kulit kepala. Cara membuatnya, campurkan yoghurt dengan lada hitam/kopi bubuk lalu lumuri rambut anda dengan campuran tersebut, diamkan selama 1 jam lalu bilas hingga bersih.

Share Ilmu Ke Teman-teman Yuk...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on PinterestShare on StumbleUponShare on TumblrDigg thisShare on LinkedIn

Comments

comments

4 Comments on "5 Cara Mengatasi Datangnya Uban Sejak Usia Dini"

  1. antisipilis | March 20, 2016 at 07:58 | Reply

    ternyata manfaat teh basi banyak sekali ya, untuk mata, rambut, kulit.. luar biasa. nice information (y)

  2. tman saya juga ada yg msih muda tpi ubanya banyak,tipsnya keren.

  3. Bagus Hari Mulyo | April 16, 2016 at 13:09 | Reply

    umur saya baru 25 tahun. Tapi terkadang rambut saya keluar uban. apakah itu normal gan?

    • Umur 25 masih terbilang muda, faktor tumbuhnya uban pun beraneka ragam, sedikit tips untuk kamu gan…jauhi hidup yang tidak sehat dan perbanyak makan nutrisi dan gizi seperti buah dan sayuran. Hindari stress yang berkepanjangan. Moga tips ini bisa membantu.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Share Ilmu Ke Teman-teman Yuk
Di Like Yaaa...
Social PopUP by SumoMe