4 Bahan Kosmetik Yang Berbahaya Bagi Kesehatan

bahan kosmetik yang berbahaya
bahan kosmetik yang berbahaya

Penelitian mengatakan bahwa beberapa kandungan yang ada dalam kosmetik berbahaya bagi kesehatan penggunanya. Dan kosmetik yang membuat anda cantik setiap harinya ternyata perlu di teliti lebih lanjut. Karena hampir setiap harinya wanita  menggunakan kosmetik yang mungkin mengandung 126 bahan kimia. Dan beberapa diantaranya dapat menyebabkan kanker.

Bukan berarti anda harus berhenti menggunakan kosmetik, namun anda harus lebih berhati-hati untuk memilih kosmetik. Cukup ketahui 4 bahan yang berbahaya maka anda telah meminimalisir dampak buruk kosmetik terhadap kesehatan anda.

4 Bahan Kosmetik Yang Berbahaya Antara Lain :

1. Merkuri

merkuri

merkuri

Merkuri adalah salah satu jenis cairan logam perak yang biasa disebut air raksa. Pada produk kecantikan sering kita temui oknum-oknum tidak bertanggung jawab yang memberikan kandungan merkuri untuk mensejahterakan keinginan masyarakat dengan memberikan produk murah tapi tetap berkesan berkualitas. Hal ini sangat disayangkan bagi hampir seluruh negara baik negara Indonesia ataupun negara lainnya, karena penggunaan kosmetik bermerkuri dapat memberi dampak yang sangat fatal bagi otak si pengguna.

Di zaman sekarang, banyak orang yang ingin tampil cantik yang dominan memiliki kulit putih, bibir seksi, dan hidung mancung. Padahal dengan hidup sehat dan memiliki muka mulus dan bersih sudah dapat dikatakan cantik.

2. Formalin

formalin

formalin

Formalin adalah zat yang biasa digunakan untuk mengawetkan orang yang sudah meninggal. Formalin biasanya digunakan untuk membersihkan bakteri dan sebagai bahan pengawet. Berbentuk cairan yang tidak berwarna tapi sangat bau. Kandungan formalin pada kosmetik membuat kosmetik tampak tahan lebih lama namun dampaknya fatal jika digunakan dalam jangka panjang tentu akan memicu dampak buruk untuk kesehatan salah satunya pemicu kanker.

Baca juga : Ketahui Ciri-ciri Ikan Yang Berformalin

Untuk kosmetik, efek formalin tidak akan berdampak langsung membutuhkan proses sampai akhirnya formalin menyentuh beberapa organ tubuh anda. Jika kosmetik yang mengandung formalin masih dipakai, ditakutkan dampak formalin berkelanjutan hingga merusak kinerja hati, paru-paru dan ginjal.

3. Phthalates

phthalates

phthalates

Bahan lain yang membahayakan kesehatan adalah phthalates, phthalates adalah bahan kimia yang digunakan untuk melenturkan beberapa bahan agar tidak retak saat di bengkokan. Pada kosmetik yang mengandung phthalates sangat beresiko, karena akan mengalami menopause lebih cepat. Disamping itu bahan ini dapat merubah hormon pada tubuh anda.

Proses penyerapan phthalates berawal dari kosmetik hingga diserap oleh kulit lalu memasuki aliran darah dan dengan mudah akan membuat sistem tubuh anda rusak. Anda harus lebih waspada dengan kosmetik yang menjanjikan ini-itu dan hal-hal yang instan ditakutkan berdampak negatif dimasa mendatangnya. Jadi lebih baik yang normal-normal saja dan tidak terlalu memaksakan kehendak.

4. Timbal

timbal

timbal

Timbal adalah sejenis logam beracun, ketika mencapai level tertentu dapat membahayakan kesehatan tubuh. Biasanya timbal dijadikan salah satu bahan pada kosmetik lipstik, ketika anda menggunakan lipstik yang mengandung timbal maka zat ini akan diserap melalui kulit bibir dan masuk ke aliran darah. Kadar timbal yang semakin tinggi akan menyebabkan resiko tinggi juga untuk kesehatan anda.

Para ahli mengatakan bahwa timbal mempengaruhi sistem saraf. Jika tubuh mengkonsumsi zat ini dalam skala panjang dan kadar tinggi maka akan ada perubahan prilaku dan sikap, perubahan tingkat IQ yang kian merendah, serta fungsi otak yang makin lama semakin pelupa dan juga hormon yang tidak seimbang. Bahkan pada sebagian kasus, timbal akan menyebabkan kemandulan.

Cara Menghindari Bahaya Kosmetik

Dengan kemungkinan-kemungkinan kandungan berbahaya ini, anda dapat mulai berantisipasi dengan kandungan berbahaya pada kosmetik

Berikut adalah cara antisipasi terhadap kosmetik berbahaya :

menjaga kosmetik

menjaga kosmetik

  1. Hindari menaruh tempat kosmetik atau kosmetik itu di dalam mobil dalam jangka waktu yang lama
  2. Pastikan kosmetik anda tertutup rapat dan tidak terkena paparan sinar matahari
  3. Setiap kosmetik terdiri dari bahan pengawet, maka jangan sampai pengawet itu lapur. Dengan cara hindari penyimpanan kosmetik di suhu panas
  4. Hindari peminjaman kosmetik kepada orang lain, jika sudah tanggung. Anda dapat membersihkan bagian yang dapat dibersihkan dengan tissue beralkohol atau rendam dengan air panas untuk membunuh bakteri-bakteri tersebut. Jika tidak memungkinkan pembersihan tersebut, lebih baik mengganti kosmetik atau kuasnya saja.
  5. Jika anda menggunakan kosmetik baru, gunakan spons yang baru juga.
  6. Jika anda dituntut menggunakan kosmetik pada bagian mata, berhati-hatilah karena mata adalah area yang paling sensitif. Jika mata sedang iritasi, lebih baik tunda dulu penggunaan kosmetik.
  7. Jika warna kosmetik telah berubah, ada baiknya anda buang kosmetik anda. Karena bagaimanapun kosmetik ada tanggal kadaluarsanya.
  8. Usahakan anda membeli kosmetik yang dibelakangnya tercantum semua kandungan, hal ini dapat memastikan anda bahan-bahan apa saja terkandung pada kosmetik tersebut. Tentu hal ini sangat membantu.

Kosmetik memang dapat membuat anda tampil lebih cantik dari biasanya, namun ketahuilah… banyak wanita diluar sana yang cantik hanya dengan mengatur pola hidup sehat tanpa menggunakan kosmetik. Jika pekerjaan anda menuntut anda berkosmetik lebih baik anda menggunakan masker buah-buahan 1x1minggu. Hal ini sangat membantu membuang zat-zat beracun dan membantu kulit anda tetap sehat.

Comments

comments

1 Comment on "4 Bahan Kosmetik Yang Berbahaya Bagi Kesehatan"

  1. Terima kasih sudah ngasih tau, ini sekaligus warning buat saya untuk lebih hati-hati memilih kosmetik,,

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Share Ilmu Ke Teman-teman Yuk
Di Like Yaaa...
Social PopUP by SumoMe