20 Hal Yang Dapat Menginspirasi Hidup Dan Membuka Pola Fikir

prilaku orangprilaku orang

Jika anda tau 20 hal ini dalam hidup anda jauh sebelum anda dewasa, mungkin hidupmu sudah lebih baik.

 

 

 

1. Hidup Harus Ada Rencana

rencana

rencana

Sesibuk apapun anda, akan menemukan titik disaat anda harus melakukan dan memutuskan sesuatu. Semboyan Let it flow bukan hal yang pantas untuk menjadi moto hidup anda, karena hidup harus menuju ke jalan yang lebih baik, bukan mencari jalan salah untuk mengetahui jalan yang baik. Anda tidak hanya masuk kuliah, pulang, main, langsung pacaran terus patah hati, lalu melakukan tindakan-tindakan konyol, karena salah satu kunci kesuksesan adalah merencanakan hidup, menetapkan impian dan usaha untuk mencapainya.

2. Plot Twist and Move On

plot twist

plot twist

Hidup bukan untuk bercanda, ketika anda ingin mencapai sesuatu atau target tertentu, akan selalu ada penghalang untuk mempersulit keinginan tersebut. Karena segalanya tidak akan tersusun rapi sesuai rencana, akan selalu ada kejutan dari kanan dan kiri yang akan membuat anda merasa tidak berguna. Keteledoran, ketidaksabaran, sembarang memutuskan dengan pola fikir yang pendek akan membuat usaha anda sia-sia, tetapi hal itu adalah hal yang sangat wajar. Suatu saat anda akan mengetahui kesempatan yang sia-sia akan memberi jalan usaha yang lebih baik lagi. Terus move on dan menepis segala tantangan demi impian anda adalah keputusan yang sangat baik.

 

3. Diri Anda Sendiri Yang Dapat Menyelamatkan Diri Anda

penyelamat diri sendiri

penyelamat diri sendiri

Saat segala hal tidak sesuai diinginkan atau bahkan mengalami kegagalan dalam kondisi ini yang dapat anda andalkan adalah diri sendiri. Anda mungkin mendapatkan dorongan dari semua sahabat-sahabat, keluarga bahkan teman-teman terdekat anda tetapi anda tidak mungkin keluar dari kegagalan jika anda sendiri tidak ingin bergerak keluar dari lingkaran kegagalan itu sendiri.

 

 

4. Ketidak Bergunaan Lari Dari Masalah

lari dari masalah

lari dari masalah

Masalah adalah sahabat yang paling dekat yang pernah mendekati fikiran setiap orang. Sekencang apapun anda lari dari masalah tersebut, keberadaan anda akan ditemukan juga, masalah yang dihadapi setiap orang memang selalu rumit bagai coretan hitam diatas kertas putih yang tidak dapat diatur, tidak bisa merangkai kalimat diatas coretan tersebut. Dan jalan satu-satunya adalah menghapus coretan tersebut dan mulailah menulis. Saat masalah dihadapi semua akan terasa lebih ringan, kalau orang lain bisa kenapa anda tidak bisa? Positif Thinking membentuk kepribadian yang positive juga.

5. Hidup Berbelok-belok

hidup berbelok-belok

hidup berbelok-belok

Hidup tidak semulus yang dibayangkan, dan anda harus terima. Ada kalanya anda merasakan menjadi pecundang, semua usaha yang dilakukan serasa sia-sia. Dan seiring waktu, anda akan memahami 2 kata tentang hidup yaitu “manis” dan “pahit”. 2 hal yang akan selalu menyapa anda disetiap waktu. Ketika hidup merasa sangat rumit, anda musti jalanin itu. Mengeluh dan membenci masalah hanya akan membuat anda lebih terbebani. Seiring dengan masalah yang dihadapi akan membentuk diri anda menjadi pribadi yang lebih positif, dan ketika anda tersadar semua itu anda akan jauh bersahabat dengan rasa ketidaknyamanan dan membuat yang tidak biasa menjadi biasa.

6. Jangan Membuang Waktu Dengan Cara Ingin Menyenangkan Semua Orang

cibiran orang

cibiran orang

Sebaik apapun anda, akan selalu ada orang yang tidak menyukai anda. Anda hanya perlu focus pada 2 hal yaitu fokus pada apa yang harus anda lakukan atau mendengarkan cemoohan orang-orang sekitar tentang anda. Hal kedua tentu hanya membuat anda lebih terbebani dan tentu hal ini akan berdampak negatif pada psikologis anda. Anda mungkin akan berusaha mengubah prilaku anda sesuai dengan apa yang diinginkan mereka, tetapi jika usaha itu tidak berhasil semua hanya menjadi sia-sia dan akhirnya anda akan sadar anda hanya manusia biasa yang belum tentu bisa menjadi yang mereka inginkan. Dampaknya, energi anda cepat terkuras untuk membentuk diri sesuai yang mereka ingin, alhasil mengejar impianpun serasa sangat sulit.

7. Kebohongan Adalah Hal Yang Wajib Dijauhkan

no lies

no lies

Bohong untuk menutupi kesalahan, aib atau bahkan kejelekan diri anda sendiri hanya akan memperpanjang masalah. Untuk sementara semua baik-baik saja dan ketika kebohongan itu tercium hal ini bagai kuburan yang digali, dan perlahan hidup anda ancur karena kebohongan, kepercayaan orang disekitar anda pun perlahan memudar dan anda akan susah mendapatkan kepercayaan lagi. Karena mendapatkan hal itu adalah kesulitan no 2 setelah Keimanan. Kebohongan juga dapat menyakiti orang-orang terdekat anda, atau bahkan pacar anda. Semua hal yang diselipkan dengan kebohongan lama-lama tercium juga.

8. Menjaga Pertemanan Butuh Usaha

berkumpul bareng teman

berkumpul bareng teman

Teman adalah hal terpenting ditengah mengisi hari-hari. Tetapi seiring waktu teman akan menjadi seseorang yang langka, akan terjadi suatu metamorfosis kehidupan dimana anda akan sulit bertemu dengan teman anda karena beberapa faktor seperti kesibukan atau rutinitas yang berbeda. Kehilangan teman adalah hal yang sudah biasa. Seandainya anda mengetahui semua dari awal, anda pasti akan meluangkan waktu berkumpul ditengah kesibukan dan saling mengirim kabar hal ini tidak akan membuat anda kehilangan seseorang yang sangat dekat dengan anda.

 

9.Berhentilah Mengeluh

berhenti mengeluh

berhenti mengeluh

Mengeluh adalah salah satu tanda ketidak dewasaan anda, mengeluh bukan jalan yang akan meringankan masalah. Bercerita kepada orang lain mungkin salah satu cara yang efektif untuk mengeluarkan aura negatif dalam diri, tetapi ada saat dimana anda merasa nyaman dengan mengeluh dan menceritakan kepada dunia seperti social media fb, twitter, google+ atau bahkan di blog. Tetapi masalah tak kunjung pergi, dan akhirnya suatu saat anda sadar dengan keluhan yang keluar dari mulut anda hanya membuat masalah menjadi nyata dan membuat anda terlihat sangat lemah.

10. Jangan Takut Berdandan

jangan takut berdandan

jangan takut berdandan

Prediksi bahwa seseorang yang mementingkan penampilan rata-rata bodoh ternyata salah total. Seseorang yang berdandan pertanda bahwa ia mencintai dirinya sendiri. Bukan berarti otaknya kosong, mereka yang mencibir dandanan anda yang menor atau apapun hanya akan membuat anda merasa beban, so.. tidak perlu menjadi beban fikiran.

 

 

11. Cinta Yang Tulus Tidak Akan Mempersulit

cinta tidak membebani

cinta tidak membebani

Dalam kehidupan anda pasti akan menemukan perjalanan cinta yang rumit. Pertengkaran, kecemburuan dan drama, hal-hal tersebut hanya memakan waktu dan energi anda. Anda mungkin mengira bahwa semua itu hal yang wajar dalam dunia percintaan, cinta patut diperjuangkan dan dipertahankan hingga drama tak kunjung berhenti sampai anda lelah dan menyerah. Darisana anda akan sadar, cinta tidak patut membuatmu terbebani. Sebaliknya kasih sayang yang tulus akan memuluskan jalan hidup anda.

12. Sendiri Lebih Baik Dibandingkan Menjalin Cinta Yang Melumpuhkan Tulang

cinta tidak membuat stress

cinta tidak membuat stress

Hubungan yang romantis tentu akan membuat anda lebih maju atau bahkan menjadi belati yang menusuk tulang dari belakang. Ketika kamu berusaha bertahan dengan hubungan yang sudah lama terjalin pada saat itu juga penyakit cinta yang tidak sehat perlahan menggerogoti tulang anda. Bertahan pada hubungan yang sudah tidak sehat hanya melukai diri anda sendiri, perlahan anda akan merasa bahwa hidup ini pedih, hubungan ini pahit, dan keluhan-keluhan sebangsanya. Hingga akhirnya anda memutuskan untuk berdiri sendiri dan menghadapi dunia luar sendiri, dan “wow” sendiri ternyata lebih baik.

 

13. Menyimpan Dendam Dan Kesal Hanya Membuat Hidup Tidak Tenang

stop dendam

stop dendam

Dendam adalah salah satu penyakit hati. Hidup akan selalu bersahabat dengan rasa sakit hati, ketika semua ini terjadi pada anda, anda akan dendam dan kesal sambil menunggu tanggal waktu pembalasannya. Apa ini semua berguna? Apa hidup anda akan lebih baik? atau bahkan orang yang anda benci akan merasakan apa yang anda rasakan? Jawabannya tentu “tidak”. Rasa Dendam adalah penyakit hati yang berpengaruh kepada kesehatan tubuh dan fikiran, fikiran akan mempush agar selalu berfikir “how to hurt” hingga membuat turun sistem metabolisme tubuh hingga akhirnya anda mengalami sakit badan dan fikiran. Hal yang harus dilakukan adalah ikhlas dan berdamai dengan hal-hal yang membuat anda kecewa.

14.Cinta Datang Dari Mana Saja

cinta dari mana saja

cinta dari mana saja

Cinta tidak hanya didapat dari pacar anda saja, karena cinta tidak sedangkal itu. Saat terbebas dari cinta membuat anda terpuruk Rasa sayang yang dulu tempat untuk berbagi kasih sayang hanya diberikan kepada 1 orang saja, kini anda dapat membagi kepada semua orang termasuk sahabat anda, bercanda tawa akan tetap membuat suasana hati anda hangat. Anda tidak membutuhkan seseorang untuk berbagi kasih sayang, yang anda butuhkan hanya membuka mata lebar, dan mengapresiasikan semuanya.

 

 

 

15. Saat Anda Rela Melepaskan Perlahan Sesuatu Yang Baik Akan Datang

melepas

melepas

Melepaskan hal atau seseorang yang anda sayangi pasti akan terasa berat, anda akan menjadi pribadi yang keras, yang enggan keluar dari keterpurukan dan selalu mengenang masa lalu walaupun tau masa lalu tidak akan kembali lagi. Proses melepaskan tidak semudah melepaskan kucing peliharaan. Kenangan bukan musuh utama, rasa rindu bukan sesuatu yang jahat, hal yang jahat adalah diri anda sendiri. Ketika proses melupakan anda sering berbincang pada diri sendiri dan beradu argumen dengan diri sendiri. Sehingga akhirnya anda sadar, kebaikan tidak akan datang untuk dia yang hanya terpuruk masa lalu. Perubahan hanya akan datang pada seseorang yang hanya melihat masa depan.

 

16. Beri Makan Otakmu Dan Gaya Hidup Akan Mengikuti

gaya hidup akan mengikuti

gaya hidup akan mengikuti

Sepatu mahal, bukan hal baik untuk memperbaiki gaya hidup anda. Kehidupan bukan di nilai dari apapun yang anda pakai atau dimana anda nongkrong. Hambur uang dengan mengikuti les atau kursus tertentu akan membentuk gaya hidup anda menjadi lebih baik.

 

 

 

 

 

17. Lebih Baik Bokek Karena Mengejar Pengalaman

pengalaman lebih mahal

pengalaman lebih mahal

Dengan masa muda yang anda isi dengan berbelanja dan menghabiskan waktu dengan kenyamanan, adalah hal yang sangat biasa dilakukan oleh yang tidak tau apa makna hidup. Pengalaman adalah guru yang tidak akan terlupakan. Ketika anda tua dan sudah tua dan merasa sulit, anda akan menyesal mengapa sewaktu anda mampu kenapa anda tidak melakukannya. Memanjat tebing, berexplorasi, melakukan hal-hal baru yang lebih positif adalah salah satu pengalaman yang tidak akan terlupakan sampai mati.

18. Keluarga Dan Orang-orang Tersayang Tidak Selamanya Hidup

keluarga bahagia

keluarga bahagia

Ditinggalkan selamanya oleh orang-prang tersayang adalah hal yang menampar hidup anda dan merubah pola fikir anda. Perlahan waktu akan mengambil satu persatu orang-orang yang anda sayangi termasuk keluarga anda karena hal ini bukanlah hal yang dapat dicegah atau hindari. Ketika itupun anda sadar, betapa anda sudah menyia-nyiakan mereka terutama keluarga. Ada patutnya mulai sekarang anda lebih banyak meluangkan waktu dengan keluarga dan sesekali tidak ikut dengan teman anda.

19. Perlakuan Orang Tergantung Standar Yang Anda Tetapkan Sendiri

prilaku orang

prilaku orang

Bila anda tegas pada diri sendiri, maka tidak akan menemukan hubungan yang tidak membuat anda nyaman. Jangan berharap orang-orang dilingkungan anda membuatmu merasa nyaman, bila anda sendiri tidak mempunyai standar yang tegas. Tegas dalam hal positif dan berbagai hal walau tidak ada titik kenyamanan yang ditemukan. Tetapi lambat laun, hidup anda akan lebih baik.

 

20. Idealisme Adalah Jalan Terakhir Setelah Anda Kehilangan Semuanya

idealisme

idealisme

Ketika hidup tidak memberi anda jalan, maka anda akan menerima penawaran-penawaran  yang berada di depan mata dan menutup idealisme sedalam-dalamnya. Tenanglah, usaha yang keras dan gigih akan membawa anda menjadi seperti yang anda inginkan. Turunkan ego dan berusaha lah sejak awal maka anda tidak akan mengalami hidup yang sangat sulit.

 

 

Comments

comments

Be the first to comment on "20 Hal Yang Dapat Menginspirasi Hidup Dan Membuka Pola Fikir"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Share Ilmu Ke Teman-teman Yuk
Di Like Yaaa...
Social PopUP by SumoMe