12 Cara Menghilangkan Stress Secara Cepat Dan Tepat

negative thinking
negative thinking

Siapa Didunia Ini Yang Tidak Pernah Mengalami Stress?

Tentu semua orang pernah mengalaminya. Stress adalah suatu kondisi dimana fikiran terasa tegang, terbebani ketika seseorang menghadapi masalah hidup. Fikiran yang sedang menampung banyak hal juga akan menemukan suatu titik penat yang berujung pada stress, stress memang hal yang wajar namun bila stress berkelanjutan dan berjangka waktu panjang, harus lebih diwaspadai.

Bagaimana Proses Terjadinya Stress?

Pada saat otak terbebani dan menangani berbagai masalah, tubuh mengeluarkan banyak hormon yang bertujuan memberi cukup energi dan tenaga untuk menyelesaikan. Mungkin ciri-cirinya dapat anda sadari jika fikiran berfokus untuk menyelesaikan masalah, perut sering terasa lapar, badan terasa lebih cepat lelah.

Penyebab Stress

Banyak orang menuntut otaknya untuk selalu bekerja di luar kemampuannya, di sisi lain itu bagus, namun perlu diingat bahwa otak juga butuh nutrisi. Kurang imbangnya kegiatan dengan istirahat juga akan memicu stress.

Berikut Faktor-faktor Penyebab Stress :

1. Ekonomi

ekonomi

ekonomi

Negara Indonesia adalah negara berkembang, sudah mengalami krisis moneter lebih dari 20 tahun, harga terus beranjak naik dan tuntutan hidup pun terus bertambah. Mayoritas masyarakat Indonesia pun menyandang status cukup, bahkan di berita-berita lebih banyak masyarakat yang kurang dari cukup. Hal ini tentu mengundang stress bagi pihak yang statusnya kurang, karena makin tahun, kebutuhan makin mahal.

 

2. Kerja Berlebihan

kerja berlebihan

kerja berlebihan

Segala sesuatu yang dilakukan berlebihan itu tidak baik, hal ini tentu tidak boleh anda lakukan. Kebiasaan yang anda lakukan setiap hari sudah menjadi tradisi untuk tubuh anda, ketika anda mencoba kegiatan yang lebih dari biasanya, otak dan tubuh butuh beradaptasi namun jika hal itu diluar kemampuan, sangat ditakutkan anda terancam sakit karena terlalu capek. Solusinya, kondisikan kegiatan diluar kegiatan kerja agar tubuh tidak terlalu shock. Banyak-banyak minum air putih, dan jangan lupa memberi nutrisi otak, istirahat yang cukup walau anda salah satu yang memiliki banyak kesibukan. Contoh dari pengalaman seseorang, ketika dia bekerja 8 jam, mencoba menambah jam kerjanya dengan mengurus bisnis di rumah selama 3 jam, belum dihitung waktu untuk mandi, makan, dan berbincang-bincang dengan keluarga. Walau dia menambah jam kerja hanya 3 jam, namun tubuh tidak menerima, hasilnya dia pun jatuh sakit. Beda halnya dengan seseorang yang terbiasa sibuk, karena jika anda pelajari, orang berhasil tidak mengenal hari libur karena pada hari liburpun mereka tetap bekerja. Ingin menjadi berhasil? Perlahan tambah jam kerja anda, itu juga untuk mengukur kemampuan tubuh dan otak anda. Jika tubuh menolak, lebih baik bekerja normal saja.

3. Percintaan

masalah percintaan

masalah percintaan

Para remaja biasanya masih memiliki sifat labil, pasang surut perasaan membuat para remaja rawan dengan kegalauan, akhirnya mengalami stress tingkat sederhana. Beranjak pada orang dewasa, yang terkadang mengalami konflik dalam rumah tangganya, beda faham atau beda cara dan tidak menemukan solusi yang tepat biasanya menyebabkan masalah yang cepat lambat menjadi masalah berlarut-larut dan menyimpan emosional di kedua belah pihak. Belum lagi dengan suami yang terkadang pulang larut malam, jika tidak memiliki kepercayaan yang kuat, urusan rumah tangga sangat rentan dengan perceraian. Dan seseorang yang sudah diberikan kepercayaan harus diusahakan menjaga kepercayaan pasangannya.

4. Pertemanan

masalah pertemanan

masalah pertemanan

Tidak akan ada baik bila tidak ada buruk, semua di dunia bersifat seimbang, namun apa halnya jika kita memiliki masalah dalam pertemanan? Teman adalah seseorang yang menemani anda disaat apapun kondisi anda, tapi teman anda juga tentu memiliki kepentingan sendiri kan? Hampir sama dengan percintaan, namun kasus pertemanan lebih terpacu pada keluwesan anda. Makin banyak teman anda, makin banyak juga kemungkinan anda di nilai dimata mereka. Jadi hal pertama, berhati-hatilah mencari teman. Walau teman itu sangat dibutuhkan, namun bila anda salah pergaulan, teman tidak menjamin apa-apa hanya akan membuat kehidupan anda rusak.

 

 

5. Negative Thinking

negative thinking

negative thinking

Anda pernah mendengar kata Self Talk? Ya, dari artinya adalah berbicara pada diri sendiri atau bisa dibilang mensugestikan fikiran kita. Semua orang memiliki rencana, namun siapa yang memiliki rencana miskin? Tentu tidak ada. Tetapi mengapa masih saja di temukan orang-orang yang berfikiran negatif terhadap dirinya sendiri? Hal ini salah satu faktor seseorang mengalami stress, itu  karena fikirannya sendiri. Hal yang tidak ada, di ada-adakan tanpa usaha terlebih dahulu. Untuk tipe orang seperti ini, alangkah lebih baik untuk berkonsultasi kepada psikiater, karena fikiran negatif yang berlangsung berkepanjangan sangat jelek dampaknya untuk tubuh ataupun fikiran kita.

Setelah anda mengetahui penyebab stress, kita akan lanjut pada cara menghilangkan stress

1. Melakukan Hobi

bermain catur

bermain catur

Ini adalah salah satu yang mungkin anda sudah ketahui, dari arti kata “hobi” saja dapat diartikan suatu kegiatan yang disukai. Hal ini berguna untuk memicu fikiran tenang untuk anda yang tengah dilanda stress. Hobi adalah sebagai hiburan untuk fikiran dan jiwa anda, adapun hobi yang beraneka macam seperti : mengoleksi perangko-perangko zaman dulu, hobi memasak, menjahit, bermain catur, hingga hobi membaca. Hal ini sah-sah saja dilakukan ditengah kesibukan anda. Malah terkadang setelah kita melakukan hobi, kita menjadi semangat kembali menghadapi masalah dan dapat mendapatkan solusi yang lebih baik.

2. Komunikasi

komunikasi

komunikasi

Penelitian mengatakan, orang tertutup lebih rentan mengalami stress dibandingkan dengan orang terbuka. Itu artinya, sangat penting untuk anda berkomunikasi dengan orang-orang disekitar. Semakin anda dewasa, semakin anda dapat menilai mana orang yang dapat mendengar cerita anda dan mana orang yang tidak menerima cerita. Berceritalah pada orang yang tepat, yang sekiranya dapat memberikan solusi yang baik. Jika anda bekerja itu artinya 1/3 hidup anda, anda habiskan ditempat kerja. Sedangkan masalah di tempat kerja belum kunjung terselesaikan. Terbayang tidak 1/3 hidup anda ditakuti oleh masalah pekerjaan? Lebih baik ceritakan masalah pada orang yang tepat, dan selesaikan secepat mungkin.

3. Meditasi

meditasi

meditasi

Mengapa meditasi dapat menghilangkan stress? Meditasi adalah salah satu olahraga yang berfungsi mengatur pernafasan, meningkatkan fungsi jantung, dan menambah konsentrasi. Meditasi melatih kita untuk menenangkan diri, itu kenapa banyak orang yang melakukan meditasi, ketika ditemukan pada masalah apapun dia tetap bisa tenang menghadapinya. Cara mencari solusinya pun bisa terbilang lebih detail, karena meditasi dapat menambah konsentrasi dalam segala hal.

4. Mandi Atau Berendam

berendam air hangat

berendam air hangat

Mandi memberi kesegaran pada tubuh sehingga tubuh mampu melanjutkan lagi aktivitas yang belum beres. Mungkin ada di antara anda yang harus keramas ketika sedang stress, biar otak fresh. Memang benar, selain mengangkat kotoran ternyata mandi juga bermanfaat merileksasikan fikiran dan tubuh kita. Bagi anda yang suka berendam air hangat, anda dapat lakukan itu ditengah stress melanda, otot-otot yang tegang akan menjadi kendur kembali. Coba saja!!!

5. Pijat Refleksi

pijat refleksi

pijat refleksi

Penelitian mengatakan bahwa stress pada seseorang berkurang hingga 52% setelah dipijit. Hal ini telah di uji coba pada 500 pria dan wanita yang sedang mengalami stress, Pemijatan dapat merubah biokimia tubuh, dan pijitan pada saraf-saraf yang tegang akan menambah rileksasi. Anda dapat mencoba melakukan pijat refleksi, dan rasakan setelahnya. Pada malam hari menjelang tidur pun, anda akan mendapatkan kualitas tidur yang nyaman dan nyenyak.

6. Berteriak

berteriak

berteriak

Sering mendapatkan saran bahwa berteriak baik untuk melepas stress? Memang benar, stress berkaitan dengan fikiran dan hati. Adapun seseorang yang stress karena keadaan yang tidak bisa diterimanya dan hal itu sangat mengganjal di hati, berteriak adalah salah satu solusi singkat yang dapat melepas keganjalan di dalam hati. Anda dapat pergi ke pegunungan, yang jauh dengan masyarakat dan berteriak lepas atau bahkan mengeluarkan unek-unek dengan suara lantang. Hal ini cukup simpel, namun khasiatnya membuat lebih tenang.

7. Olahraga

berenang

berenang

Olahraga tidak hanya dapat menyehatkan tubuh, namun ternyata dapat melepas emosi negatif hal ini dikarenakan olahraga dapat melepaskan hormon serotonin dan membuat perasaan senang datang. Beberapa olahraga yang direkomendasikan adalah berenang, menari, olahraga outdoor, jalan kaki, dan lompat tali.

 

 

8. Berlibur/Rekreasi

rekreasi

rekreasi

Rekreasi pada tempat-tempat baru tentu akan menjauhi anda di lingkungan negatif. Oleh karena itu, terkadang rekreasi sudah menjadi salah satu jadwal di satu keluarga yang benar-benar padat jadwalnya. Dengan rekreasi, anda dapat menghilangkan penat walau untuk sementara. Bahkan pada meditasipun, dapat anda serap energi positif dilingkungan anda dan buang energi negatif. Berekreasi dengan orang-orang terdekat dapat membuat anda senang, dan setelahnya anda dapat menghadapi masalah lebih rileks dengan otak fresh.

9. Aromaterapi

aromaterapi

aromaterapi

Aroma berpengaruh kepada indra penciuman, dan hal ini berkaitan dengan sistem limbik dimana pusat kendali emosi manusia. Oleh karena itu aromaterapi di manfaatkan untuk mengundang rileksasi berupa harus yang dapat langsung dicium oleh hidung dan memberi sensasi ketenangan. Sudah tidak asing beberapa harum berikut ini sering digunakan sebagai Aromaterapi :

  • Lavender
  • Mawar
  • Melati
  • Minyak bergamot
  • Ylang-ylang

10. Tertawa

tertawa

tertawa

Di salah satu negara diterapkan terapi tertawa khusus orang-orang sedang mengalami stress, karena menurut beberapa penelitian tertawa selama 5 – 10 menit dapat merangsang serotonin, endorphine dan metanonin keluar. Pada 3 zat tersebut memberikan manfaat yang bagus untuk otak sehingga perlahan memberikan ketenangan pada tubuh. Bahkan, dipercaya bahwa dengan tertawa dapat menyembuhkan seseorang yang sedang mengalami stress mental yang berat. Mau coba? Tapi hati-hati ya, jangan kelihatan oleh orang lain.

11. Berfikir Positive

positive thinking

positive thinking

Fikiran adalah mind, setting adalah pengaturan. Dan MindSet adalah istilah hal-hal yang tertanam dalam fikiran. Pernah terdengan semboyan bahwa orang akan menjadi seperti apa yang ia fikirkan. Begitu kuat tenaga fikiran mengubah masa depan? Jika masa depan bisa diubah dengan dibumbui mindset yang positive dan fikiran positive, kenapa stress tidak bisa? Tidak ada yang tidak mungkin, karena semua hanya bermasalah pada sudut pandang dan cara penyelesaian saja. Tidak lepas dari waktu yang singkat, sedang atau lama untuk menyelesaikan masalah dengan fikiran positive.

12. Selesaikan Masalah Pada Saat Itu Juga

selesaikan masalah sekarang juga

selesaikan masalah sekarang juga

Kenapa harus menyelesaikan pada saat itu juga? Karena lebih cepat lebih baik, masalah tentu sebuah hal yang menakutkan dan jika bisa didunia ini tidak ada masalah. Tetapi, ada baik ada buruk ada kesuksesan ada juga masalah. Jika masalah tersebut dapat diselesaikan pada saat itu juga, kenapa harus di tunda-tunda? 1 masalah beres dengan hasil yang baik akan menjadi sebuah kebanggan bagi diri anda sendiri. Semakin anda berani menghadapi masalah, semakin dewasa anda untuk menghadapi masalah. So, jangan hindari masalah. Hadapilah !!!

Comments

comments

Be the first to comment on "12 Cara Menghilangkan Stress Secara Cepat Dan Tepat"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Share Ilmu Ke Teman-teman Yuk
Di Like Yaaa...
Social PopUP by SumoMe